9 views 8 mins 0 comments

Mengenal Jenis-jenis Jeruk yang Kaya Manfaat

Jeruk selalu ada di sekitar kita. Ada banyak jenis jeruk dengan cita rasa masing-masing. Mari mengenal jenis dengan khasiatnya.

 .

.

Surabayastory.com – Mengenal jeruk dengan berbagai jenisnya akan memberikan wawasan dan pengetahuan baru. Jeruk tersusun dari beberapa unsur, meliputi: kulit, daging buah, zat asam, dan biji. Diantara manfaat jeruk, kulitnya jika diletakkan pada pakaian dapat mencegah ngengat atau tunggau. Aromanya juga bisa menetralisir udara kotor. Apabila ditahan di mulut bisa mengharumkan atau mengurangi bau mulut tak sedap, serta membantu proses pencernaan jika digunakan dalam campuran makanan. Perasan kulitnya dapat digunakan sebagai pembalut luka, abu dari kulitnya merupakan penggosok yang baik terhadap lepra.

Adapun daging buahnya bermanfaat untuk mengurangi panas perut. Juga bermanfaat bagi penderita penyakit empedu. Memakan dagingnya bermanfaat terhadap menghindarkan sembelit dan wasir. Sedangkan bijinya bermanfaat terhadap bisa (racun) yang mematikan, dengan cara meredam biji tersebut dalam air hangat. Kemudian air redaman biji tadi diminum seukuran dua mitsqal (dua timbangan) masing-masing seberat kira-kira dua puluh lima gram. Juga akan sangat bermanfaat apabila biji tersebut dilumat dan diletakkan pada bagian tubuh yang terkena sengatan.

Khasiat lain biji sitrun bermanfaat terhadap sengatan kalajengking, dengan cara meminum dua mitsqal air rendaman biji yang diperoleh dengan merendam biji tadi dalam air hangat. Juga bermanfaat jika ia dilumatkan dan diletakkan pada tempat sengatan. Biji jeruk bermanfaat terhadap segala yang terkena racun dan segala sengatan beragam jenis serangga.

Jeruk telah lama dikenal sebagai buah dengan rasa segar yang sangat kaya akan vitamain dan mineral. Sayangnya manfaat dari buah jeruk hanya dikenal sebagai sumber vitamin C saja. Padahal buah jeruk juga banyak mengandung gizi lainnya yang terdiri dari karbohidrat, potasium, folat, kalsium, thiamin, niacin, vitamin B6, fosfor, magnesium, tembaga, riboflavin, asam pantotenat, dan senyawa fitokimia.

Karbohidrat (istilah lain yang dikenal dengan serat makanan) sangat baik untuk kesehatan. Serat makanan ini akan mengikat zat gizi di dalam tubuh manusia, sehingga dapat membantu memperlambat proses pengosongan lambung serta proses pencernaan dan penyerapan. Karbohidrat juga membantu menurunkan kadar kolestrol dengan cara mengganggu proses reabsorpsi asam empedu.

Vitamin yang paling dikenal dalam buah jeruk adalah vitamin C. Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin C dapat mencegah kenaikan LDL reroksida (faktor penyebab berkembangnya penyakit jantung). Selain itu, vitamin C yang terdapat dalam buah-buahan termasuk jeruk dapat memberikan perlindungan tubuh terhadap kanker.

Buah jeruk yang kaya akan vitamin C, juga dapat memberikan efek pencegahan dan penyembuhan terhadap penyakit seperti perngeroposan tulang, asma, gangguan fungsi kognitif, dan batu ginjal. Tetapi sayangnya masih diperlukan riset lebih lanjut untuk membuktikannya.

Vitamin esensial larut air lainnya yang terkandung dalam jeruk adalah folat. Vitamin ini membantu produksi DNA dan RNA serta pematangan sel-sel darah merah, yang pada akhirnya dapat mencegah anemia. Selain itu jeruk juga mengandung beberapa jenis mineral, salah satunya adalah potasium. Mineral esensial ini berperan memelihara keseimbangan asam dan air dalam tubuh dan menjaga tekanan darah normal.

Jenis-jenis Jeruk

Selain buah jeruk manis, tentunya kita juga mengenal jeruk nipis yang berbentuk bulat, kecil, kulit luarnya nampak kehijauan dan rasanya asam namun menyegarkan. Tentunya ada beberapa manfaat yang dimiliki oleh jeruk nipis ini. Buah jeruk merupakan sumber yang kaya akan vitamin C, namun untuk buah yang satu ini ternyata tidak hanya kaya akan vitamin C, tetapi juga zat-zat lain yang menyebabkan buah ini banyak digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit maupun untuk kecantikan.

Menurut catatan sejarah, buah jeruk (Citrus sp) berasal dari Asia, daratan Cina dipercaya sebagai tempat pertama kali tumbuh. Kini buah jeruk hampir tersebar luas keseluruh belahan bumi dan menjadi salah satu buah yang sangat popular.

Varietas jeruk sangat banyak, masing-masing jenis memunyai karakteristik yang berbeda. Golongan jeruk manis biasanya dimakan segar sebagai buah meja, untuk yang bercitarasa asam lebih cocok dijadikan juice. Beberapa jenis hanya dimanfaatkan kulitnya sebagai bumbu masakan. Berikut aneka jenis jeruk dan kegunaanya.

  1. Jeruk nipis (Citrus aurantifolia)

Banyak digunakan airnya sebagai bumbu masakan atau campuran minuman. Aneka punch, sorbet dan cocktail terasa lebih segar dengan menambahkan air jeruk nipis. Warna kulitnya hijau mengilat, daging buahnya putih kekuningan, dan citarasanya sangat asam.

Jeruk nipis

.

  1. Jeruk Purut (Kaffir lime)

Sosoknya unik dengan permukaan kulit berkerut, kandungan airnya sedikit sehingga orang menggunakan kulitnya untuk pengharum masakan. Aromanya harum dan dapat mengurangi bau amis pada olahan daging atau ikan.

.

Jeruk Purut

.

  1. Jeruk Limau

Ukuranya lebih kecil dari jeruk nipis, aromanya harum, dan citarasanya asam. Sangat cocok untuk olahan seafood maupun campuran aneka sambal.

.

Jeruk Limau

.

  1. Lemon Cui

Penduduk Manado dan etnis Cina banyak memanfaatkan jeruk ini, mereka menggunakanya untuk campuran acar, sambal, atau olahan seafood. Karakteristiknya, kulit buah hijau kekuningan, citarasanya asam, dan banyak mengandung air.

.

Lemon Cui

.

  1. Lemon
    Hampir menyerupai jeruk nipis namun warna kulit kuning mengilat, bentuknya oval, dan citarasanya asam. Lemon banyak digunakan pada masakan maupun minuman. Kulit buahnya sering kali untuk campuran cake, cookies, maupun minuman segar agar aroma lebih harum.

Lemon

.

  1. Kumquat
    bentuknya mini dan sedikit mengandung air. Kulit buahnya tebal sehingga banyak dimanfaatkan untuk campuran masakan, pickle, preserved, maupun marmalade.

.

Kumquat

.

  1. Tangelo
    Merupakan jeruk hibrida varietas baru. Citarasanya manis dan sedikit berair, kulit buahnya mudah dikupas dan bijinya sedikit, sangat cocok dijadikan buah meja.

Tangelo

.

  1. Mandarin
    Kulit buah mudah dikupas, citarasanya manis, dan berair. Banyak dikonsumsi sebagai buah segar dan daging buahnya dikalengkan.

Mandarin

.

  1. Grapefruit.

Ukuranya lebih besar dari jeruk mandarin. Kulitnya kuning mengilat dengan daging buah kuning atau kemerahan. Sangat cocok untuk juice atau fruit comppote karena banyak mengandung air dan rasa asam dominan.

.

Grapefruit

.

  1. Seville Orange
    Kulit buahnya sangat sukar dikupas sehingga tidak cocok untuk buah meja. Citarasanya manis dan tanpa biji, banyak digunakan sebagai bahan baku selai, marmalade maupun jelly.

Seville Orange

.

  1. Jeruk Bali

Bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan pektinnya lebih banyak dibandingkan dengan jeruk jenis lain. Pektin inilah yang dipercaya mampu menurunkan kolesterol sekaligus mengurangi risiko sakit jantung. –drs

Jeruk Bali

Avatar photo
/ Published posts: 788

Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.