21 views 5 mins 0 comments

Cara Mengembangkan Diri Kala Banyak di Rumah

Pengembangan pribadi adalah bagian penting dari pertumbuhan, kedewasaan, kesuksesan, dan kebahagiaan seseorang.

Surabayastory.com – Orang yang paling sukses menempatkan banyak hal penting pada pertumbuhan dan perkembangan pribadi selanjutnya. Mereka berada di puncak karir mereka tetapi masih meluangkan waktu dari jadwal sibuk mereka untuk mendorong diri mereka tanpa henti keluar dari zona nyaman mereka dan melepaskan lebih banyak potensi batin mereka.

Pertumbuhan pribadi adalah proses di mana seseorang mengenali dirinya sendiri dan terus mengembangkan dirinya untuk mencapai potensi penuhnya. Jadi, apa arti pertumbuhan pribadi bagi Anda? Ini adalah proses pertumbuhan spiritual, fisik, sosial dan  spiritual  yang berlangsung seumur hidup. Ini adalah proses pembelajaran aktif dan pengembangan keterampilan baru lama setelah pendidikan formal telah selesai.

Keindahan pertumbuhan pribadi adalah bahwa kemungkinannya tidak terbatas – Anda dapat belajar sebanyak yang Anda inginkan di bidang Anda. Dan ketika Anda terus tumbuh, Anda akan memulai jalan yang luar biasa dan bermakna dalam hidup.

Untuk pertumbuhan pribadi, tidak pernah ada kata terlambat, bahkan jika ini adalah kali pertama Anda. Sekarang jelas saat yang tepat untuk melakukan ini. Di kala banyak waktu di rumah, banyak waktu untuk merenungkan hidup.

Bagaimana proses pertumbuhan dan pengembangan diri?

Tidak ada strategi universal untuk pertumbuhan dan perkembangan pribadi, karena setiap orang adalah individu. Setiap jalan menuju pertumbuhan dan perkembangan pribadi adalah perjalanan hidup individu. Terserah individu untuk memutuskan jalan mana yang harus diambil dan ke mana jalan itu akan mengarah. Namun, ada beberapa pertanyaan yang akan membantu dalam perjalanan Anda.

Bagaimana situasinya sekarang?

Identifikasi kekuatan dan kelemahan Anda, dan kebiasaan baik dan buruk Anda.

Apa kondisi favorit Anda?

Mari kita lihat apa yang ingin Anda tingkatkan dan mengapa Anda ingin meningkatkan atribut itu.

Apa yang harus aku lakukan? Apa yang kamu butuhkan?

Temukan pengetahuan dan pengalaman yang Anda butuhkan untuk lebih dekat dengan diri ideal Anda. Anda dapat menemukan sumber daya untuk membantu Anda mencapai kondisi ideal Anda. Mengikuti kelas-kelas pengembangan pribadi juga menarik. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda, yang bisa membuat Anda nyaman. Bukan kelas yang cuma ngomong doang tak ada tujuan. Kelas pengembangan pribadi berkontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan sosial, emosional, intelektual dan spiritual.

Kapan periode waktu yang masuk akal?

Buat daftar kegiatan dan acara yang ingin Anda coba kapan saja. Gunakan itu sebagai pos pemeriksaan untuk membantu Anda mencapai tujuan.

Bagaimana kita belajar tentang pertumbuhan pribadi?

Ada banyak buku, artikel, seminar, dan pelatih yang mengajarkan pertumbuhan pribadi. Jika menurut Anda topik ini menarik dan ingin melakukan sesuatu tentangnya, Anda bisa melakukan pencarian online dan menemukan semua informasi yang Anda butuhkan.

Bagaimana pertumbuhan diri dapat mengubah hidup Anda?

Pertumbuhan pribadi dapat membantu Anda dalam semua bidang kehidupan Anda. Saya harap ini membantu Anda dengan pekerjaan Anda. Itu dapat mengubah cara Anda berpikir tentang pekerjaan Anda dan meningkatkan peluang Anda untuk maju.

Pertumbuhan pribadi dapat membantu Anda tumbuh secara emosional dan psikologis untuk menjadi orang yang lebih penuh kasih, penyayang, dan positif. Ini juga berfungsi sebagai panduan untuk membantu Anda memperhatikan, memperbaiki dan mengubah kesalahan dan kebiasaan negatif Anda .

Ada banyak teknik untuk membantu Anda menumbuhkan diri, termasuk visualisasi kreatif, ucapan berulang, mengembangkan pola pikir positif, dan meditasi. Pengembangan pribadi juga mencakup konseling, pembinaan, dan membaca.

Cara yang sangat sederhana dan bermanfaat untuk tumbuh secara pribadi adalah dengan melihat tindakan dan hidup Anda dengan perspektif yang tidak bias dan terbuka. Dengan melakukan itu, Anda akan tahu apa yang perlu Anda dan hidup Anda lakukan.

Mengamati Kehidupan Orang Lain

Mengamati tindakan dan perilaku orang lain dapat membantu Anda. Dengan demikian, dengan mengidentifikasi bagian positif dan negatif dari kepribadian Anda dan menyadari apakah Anda memilikinya atau tidak, Anda dapat memahami apa yang perlu ditingkatkan dalam diri Anda.

Setiap orang berbeda, dan apa yang berhasil untuk satu orang mungkin tidak berlaku untuk orang lain. Itu sebabnya Anda perlu menjelajahi berbagai teknik dan metode pertumbuhan pribadi untuk menemukan yang tepat untuk Anda.

Mengubah waktu tak produktif menjadi waktu pemberdayaan diri

Terlalu banyak dari hari-hari kita dipenuhi dengan kegiatan yang tidak berguna. Saya tidak melakukan apa pun di saat seperti ini. Periksa, berapa banyak waktu Anda yang terbuang tak produktif? Seperti nongkrong di café, terlalu lama di kamar mandi, atau bepergian dan tidak melakukan sesuatu yang sangat berarti. Ada cara untuk mengubah waktu mati menjadi waktu produktif; yaitu dengan membaca, mendengarkan podcast dan buku audio.

Avatar photo
/ Published posts: 787

Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.