8 views 8 mins 0 comments

Misteri Air Kelapa Muda

Air kelapa terkenal dengan sebutan fluid of life karena komposisinya yang serupa dengan cairan dalam tubuh manusia. Air kelapa adalah misteri kehidupan.

 

 

Surabayastory.com – Bukan sekadar kebutuhan makanan dan minuman yang ditawarkan buah kelapa yang dijuluki wonder food. Air kelapa dianggap cairan paling murni setelah air salah satunya berkat ‘segel’ alami berupa tempurung yang sangat keras. Tempurung ini melindungi bagian air dan daging buah kelapa sehingga terjamin kebersihan dan kandungan alaminya dalam waktu cukup lama dibandingkan buah-buah lain.

Air kelapa muda yang mengandung gula alami sehingga segar dinikmati secara langsung ini mengandung banyak mineral dan vitamin yang berguna bagi tubuh kita. Istimewanya lagi secara tradisional dan dengan dukungan penelitian ilmiah, air kelapa muda terbukti mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit mulai dari yang ringan hingga yang dikategorikan berat.

Berdasarkan umurnya, buah kelapa dibedakan menjadi tiga kelompok: kelapa muda yang berumur 6-8 bulan, kelapa setengah tua dengan umur 10-11 bulan, dan kelapa tua yang berumur 11-13 bulan. Perbedaan mendasar antara daging buah kelapa muda dengan kelapa tua adalah kandungan minyaknya. Kelapa muda memiliki rasio kadar air dan minyak yang besar. Kelapa disebut tua jika rasio kadar air dan minyaknya optimum untuk menghasilkan santan dalam jumlah yang terbanyak. Sebaliknya, bila buah kelapa terlalu tua, kadar airnya akan semakin berkurang. Pada kondisi tersebut hasil santan yang diperoleh menjadi sedikit.

Air kelapa tua biasanya tidak menjadi bahan minuman penyegar dan merupakan limbah industri kopra. Namun demikian dapat dimanfaatkan lagi untuk dibuat menjadi bahan semacam jelly yang disebut nata de coco dan merupakan bahan campuran minuman penyegar. Air kelapa mengandung sejumlah zat gizi, yaitu protein, lemak, gula, sejumlah vitamin, asam amino dan hormon pertumbuhan. Kandungan gula maksimal, yaitu 3 gram per 100 ml air kelapa, tercapai pada bulan keenam umur buah, kemudian menurun dengan semakin tuanya kelapa. Jenis gula yang terkandung glukosa, fruktosa, sukrosa, dan sorbitol. Gula-gula inilah yang menyebabkan air kelapa muda terasa lebih manis dibandingkan air kelapa tua

Banyak informasi menyebutkan keuntungan meminum air kelapa, khususnya kelapa muda, bagi kesehatan tubuh kita. Sebelum mendalami sifat-sifat unggul air kelapa muda, berikut sebagian di antaranya:

  1. Air kelapa muda ternyata lebih bernutrisi ketimbang susu penuh (whole milk) karena tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak.
  2. Air kelapa dapat memperbaiki sirkulasi darah dan dikenal mampu membersihkan saluran pencernaan.
  3. Air kelapa muda tidak hanya akan membuat sistem kekebalan tubuh lebih baik, tetapi juga membantu tubuh melawan beberapa jenis virus penyebab penyakit.
  4. Bagi pengidap penyakit batu ginjal, biasakanlah meminum air kelapa secara rutin. Kebiasaan meminum air kelapa akan membantu memecah batu ginjal dan memudahkan mengeluarkannya dari dalam tubuh.
  5. Air kelapa juga dikenal sejak dahulu dapat menyembuhkan gangguan saluran kencing. Segelas air kelapa akan meredakan rasa sakit akibat susah kencing.
  6. Jika merasa pusing karena mabuk, tak ada yang bisa memulihkannya dengan cepat selain mengonsumsi air kelapa muda.
  7. Air kelapa muda yang rasanya lembut sangat kaya akan elektrolit dan potasium. Potasium atau dikenal juga dengan kalium ini dapat membantu tubuh mengatur tekanan darah dan fungsi organ jantung.

Tujuh khasiat di atas baru sebagian kecil saja dari keampuhan air kelapa. Apa saja yang menyebabkan air di dalam buah kelapa ini menyimpan begitu besar daya penyembuhan untuk bermacam-macam penyakit?

 

Kandungan Nutrisi & Manfaat

Meminum segelas es kelapa muda saat gerah sangat menyegarkan. Memang, buah tropis yang banyak tumbuh di kawasan pantai ini dikenal sebagai buah sarat nutrisi, mulai dari air hingga daging buah. Buah tropis ini juga mengandung vitamin yang berlimpah, termasuk kaya mineral dan kaya nutrisi.

Air kelapa merupakan 25% dari komponen buah kelapa. Air kelapa, terutama kelapa muda, merupakan cairan paling murni kedua setelah air. Air kelapa mengandung hanya sedikit karbohidrat dan 99 persen bebas lemak serta rendah gula. Kandungan gula yang terdapat dalam air kelapa bersifat alami dan tidak diproses seperti minuman lain yang diberi tambahan gula. ‘Segel’ buah kelapa berupa tempurung yang amat keras dan tertutup rapat menjamin kemurnian dan kesegaran yang bisa bertahan lama. Kemasan alamiah ini merupakan keunggulan buah kelapa yang tak dimiliki buah lain.

Hasil analisis menunjukkan air kelapa muda mengandung air 95,5%, protein 0,1%, lemak kurang dari 0,1%, karbohidrat 4,0%, dan abu 0,4%. Air kelapa muda juga mengandung vitamin C 2,2-3,4 mg/100 ml dan vitamin B kompleks yang terdiri atas asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, asam folat, vitamin B1, dan sedikit piridoksin. Vitamin C diperlukan untuk hidroksilasi protein dan lisin menjadi hidroksiprolin, yaitu bahan penting dalam pembuatan kolagen. Kolagen adalah senyawa protein yang mempengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan ikat, misalnya kulit. Oleh sebab itu air kelapa muda berkhasiat untuk kesehatan kulit.

Air kelapa tidak hanya berisi air, tetapi juga mengandung nutrisi. Dalam 30 ml air kelapa terkandung 61 mg potasium (kalium), 5,45 mg sodium, dan 1,3 mg gula. Kelapa juga sumber mangan, dan berisi 60 persen mineral sebagai jumlah ideal harian yang direkomendasikan. Kelapa kaya protein dan tinggi kalori. Tetapi kelapa memiliki jenis protein yang membantu untuk membangun otot.

Nilai gizi, terutama mineral, komposisi tertingginya dikandung dalam buah kelapa berumur delapan bulan. Kandungan mineral K (kalium atau potasium) pada air kelapa adalah yang paling banyak, baik pada air kelapa tua maupun air kelapa muda. Mineral kalium yang setinggi ini mampu memulihkan stamina. Mengonsumsi mineral K juga dapat menurunkan hipertensi, serta membantu mempercepat absorpsi obat-obat dalam darah. Berdasarkan data penelitian gizi apabila dibandingkan dengan sport drink, air kelapa mengandung sedikit sodium, tetapi memiliki lebih banyak potasium.

Ternyata air kelapa sangat bagus sebagai pengganti cairan tubuh. Air kelapa merupakan cairan elekrolit yang baik untuk tubuh. Fungsinya sama seperti cairan infus. Komposisi kandungan yang menyerupai cairan tubuh manusia, dan ditambah lagi kemurniannya yang terjaga baik, membuat air kelapa digunakan sebagai infus hidrat untuk membantu mengatasi masalah dehidrasi dalam dunia medis.

Air kelapa baik diminum sedikit demi sedikit, agar tubuh dapat beradaptasi. Air kelapa yang diminum banyak sekaligus, akan membuat badan menjadi lemas. Air kelapa yang baik adalah air kelapa yang langsung diminum. Kelapa yang dibakar akan menghilangkan kandungan elektrolit didalamnya, begitu juga air kelapa yang diberi pemanis (gula, susu).

Dengan nutrisi yang cukup baik maka terbuka peluang untuk mengolah air kelapa menjadi minuman ringan kaya gizi. Mengingat pula ketersediaan bahan baku yang melimpah, air kelapa juga berpotensi besar untuk dikembangkan secara komersial sebagai minuman isotonik atau minuman kesehatan, karena secara alami air kelapa mempunyai komposisi mineral dan gula yang sempurna sehingga mempunyai kesetimbangan elektrolit seperti cairan tubuh manusia. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih jauh melalui penyempurnaan hasil-hasil penelitian terdahulu, sehingga dapat dihasilkan air kelapa awet dalam kemasan dengan tetap mempertahankan nilai gizi, cita rasa, dan aroma khas air kelapa muda. –drs, dari berbagai sumber

 

Sumber : 1) Kemala dan Velayutham (1978), 2) Thampan (1981) , 3) Sison (1977)

Avatar photo
/ Published posts: 788

Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.