22 views 5 mins 0 comments

Merintis Sukses Pesepakbola Surabaya

Banyak sekali anak-anak Surabaya yang sudah berprestasi di tingkat nasional. Jalur sukses internasional pesepakbola muda Surabaya sedang dirintis.

 

Stadion Anfield Liverpool diretas untuk masa depan anak-anak muda pesepakbola Surabaya. (virginexperiencedays.co.uk)

 

Surabayastory.com – Semua dimensi coba digerakkan oleh Surabaya. Dari sisi infrastruktur kota, kemudian bergerak ke aktivitas warga, dan kali ini tiba giliran prestasi olahraga. Anak-anak muda Surabaya didukung dan difasilitasi untuk bisa meraih cita-citanya di cabang olah raga. Kali ini, yang menjadi pertama, adalah mendorong para pesepakbola muda Surabaya untuk menimba ilmu di dunia internasional.

Tidak tanggung-tanggung, mereka akan diikutkan di program latihan di klub Liverpool, sebuah klub masyur yang menjadi anggota utama Liga Premier Inggris. Musim ini Liverpool adalah kandidat besar juara bersaing dengan Manchester City.

Liverpool memang punya jejak kuat dalam sejarah pesepakbolaan Inggris dan dunia. Liverpool, klub yang bermarkas di wilayah Merseyside ini dikenal sebagai salah satu klub tersukses di Liga Inggris selain Manchester United atau Arsenal.  Berdiri tahun 1892, klub berjuluk The Reds dikenal lewat bintang-bintangnya; Kenny Dalglish, Kevin Keegan, kiper Bruce Grobbelaar, John Barnes, Ian Rush, Steven Gerrard, Fernando Torres, Luis Suarez, dan kini Mohammed Salah.

Liverpool telah memenangkan banyak gelar di liga Premiership maupun kejuaraan dunia. Klub ini punya prestasi yang membanggakan sejak dulu, serta iklim demam sepakbola yang merasuk hingga semua penduduk kotanya. Di kota ini, asa 10 pesepakbola muda Surabaya digantungkan.

Pemerintah Kota Surabaya mengirim anak-anak untuk belajar ke Liverpool. Sekolah sepakbola di Liverpool itu akan menggembleng mental dan skill pemain. Para pesepakbola muda ini bisa fokus tanpa perlu memikirkan biaya. Semua biaya ditanggung Pemerintah Kota Surabaya.

 

Ruangan diorama Liverpool di Stadion Anfield (virginexperiencedays.co.uk)

 

Dengan berada di lingkungan yang kental dengan sepakbola, paling tidak jalur sukses itu sudah berada dalam jalan yang benar. Harapannya hanya satu, mereka bisa menjadi pesepakbola profesional kelas dunia. Dengan berada di Liverpool, maka kans untuk bisa bermain di liga-liga Eropa juga besar karena terpantau langsung oleh para pemandu bakat internasional.

Sepuluh pesepakbola muda Surabaya ini dipilih lewat seleksi dari berbagai Sekolah Sepakbola (SSB) se Surabaya. Kecuali Muhammad Supriadi yang telah menjadi bagian dari tim nasional Indonesia U-19 langsung mendapat tempat.

 

Sister City Surabaya-Liverpool

 

Langkah ini adalah salah satu wujud kerjasama (sister city) antara Surabaya dan Liverpool, Inggris. Wakil Wali Kota Liverpool Gary Millar Sabtu (17/11/2018) menjemput ke Surabaya. Di Liverpool, Supriadi bersama Sembilan anak berbakat lainnya akan berlatih dengan program khusus di sekolah sepak bola di Tranmerre FC selama dua pekan ke depan. Materi latihan adalah fisik dan teknik. Mereka juga dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatan dulu sesuai dengan standar yang ada di sana. Selama 2-3 minggu anak-anak ini juga akan diajarkan bagaimana bisa menganalisa lapangan, hingga persiapan bisa menjadi pemain internasional.

Sepulangnya dari Liverpool, diharapkan progres pembinaan di SSB semakin meningkat serta mampu menginsipirasi teman dan pelatih di SSB.

Dengan keberangkatan tim muda ini, berarti program kerjasama sister city antara Surabaya dengan Liverpool benar-benar membawa manfaat bagi anak-anak Surabaya. Sister City dibangun dengan landasan kedua kota ini memiliki beberapa persamaan, selain sebagai kota maritim dengan keberadaan pelabuhannya sangat berarti, juga punya klub sepakbola dengan suporter fanatik. Kerjasama Liverpool-Surabaya akan meliputi bidang pelabuhan dan manajemen maritim, ekonomi, sumber daya manusia (SDM) dan pembangunan kapasitas, smart city dan industri kreatif. Bidang lanjutan yang akan dikembangkan adalah pendidikan untuk musik, drama, tari, pertunjukkan.

Program pelatihan seperti ini rencanannya akan menjadi agenda tahunan. Namun begitu, Ia mengaku masih akan melakukan evaluasi bagaimana perkembangan ke depan anak-anak tersebut. Bagaimana bentuk selanjutnya akan merespon hasil evaluasi dari program-program sebelumnya.

Surabaya sedang serius untuk membangun jalur sukses olahraga untuk bisa mencetak atlet-atlet yang dapat mengembangkan karir di level nasional hingga internasional. –sa

 

 

Avatar photo
/ Published posts: 787

Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.