17 views 9 mins 0 comments

Mengajak Warga Surabaya Membuka Toko Online

Ketika Surabaya terus mengajak warganya untuk mengejar bisnis digital, toko online adalah ujung tombak bagi masyarakat untuk mendongkrak perekonomiannya.

 

Website surabayastore.com, salah satu toko online dari Surabaya. (ist)

 

Surabayastory.com – Perubahan besar yang terjadi pada lanskap bisnis, membuat cara dan gaya berusaha juga berubah. Dengan sangat cepat terjadi dan menyentuh semua lini usaha. Tanpa ikut berubah, maka perlahan tapi pasti akan tergusur dengan cara zaman baru.

Teknologi dan digitalisasi telah mengubah cara hidup manusia sekarang. Karena itu, pemerintah kota Surabaya terus aktif mendorong masyarakatnya untuk siap-siap ikut serta dalam putaran zaman baru ini. Fasilitas-fasilitas disediakan, pelatihan digital diberikan, jembatan-jembatan penghubung perubahan juga diberikan.

Warga Surabaya punya kans besar untuk ikut serta dalam perebutan kue digital ekonomi. Ekosistem bisnis digital yang sudah menyentuh wilayah Usaha Kecil an menengan (UKM) membuat mayarakat Surabaya bisa ikut serta dalam perubahan zaman dalam mencari pendapatan.

Salah satu yang bisa dilakukan oleh warga Surabaya untuk turut masuk dalam perubahan itu adalah dengan membuka toko di dunia digital, atau lazim disebut toko online. Ini bisa dilakukan oleh toko konvensional yang ingin berkembang atau toko baru.

Banyak orang yang sudah berhasil mendapatkan pengasilan besar dari bisnis online. Bahkan bisa disebut bisnis online adalah solusi terbaik untuk memulai usaha karena bisa dijalankan di mana saja, kapan saja, dan dengan modal berapapun.

Bisnis online adalah salah satu peluang usaha yang menawarkan berbagai kemudahan. Termasuk kemudahan dalam modal yang diperlukan. Meski mudah ada beberapa yang perlu diperhatikan. Banyak orang yang sukses dalam menjalankan bisnis online, tapi yang gagal justru lebih banyak lagi.

 

Keunggulan Toko Online

Ada banyak kemudahan dan keunggulan yang bias didapatkan dengan menjalankan bisnis online. Secara bertahap, inilah beberapa keunggulan itu.

 

  • Tak Perlu Tempat Usaha

Ketika Anda berdagang di jalur online, Anda tidak perlu tempat usaha, tidak perlu biaya sewa dan dekorasi toko. Dengan adanya jaringan internet, took online Anda sudah bias dilihat dari seluruh dunia.

Hanya dengan ratusan ribu saja, anda bisa memiliki tempat usaha di dunia maya. Malah kalau mau memanfaatkan blog gratisan blogspot.com, yang disediakan google, Anda tidak perlu mengeluarkan dana sepeserpun untuk mendapatkan tempat usaha.

 

  • Tidak Perlu Stok Barang

Untuk berjualan secara online, Anda tidak harus menyetok barang dulu. Cukup mengambil barang bila ada pesanan atau bekerja sama dengan grosir atau produsen tanpa harus membelinya lebih dulu. Ini paling tidak pada tahap awal ketika modal Anda masih terbatas. Ketika modal sudah mulai ada, mulai menyetok barang dengan jumlah terkendali. Dengan membeli lebih dulu, harga dari produsen bisa dapat diskon lebih banyak.

 

  • Tidak Perlu Tenaga Kerja 

Tak perlu berpusing-pusing untuk membayar tenaga kerja. Ketika dalam rintisan, Anda bisa melakukan semuanya sendirian. Mulai dari membuat websitenya, mendatangkan barang, melakukan transaksi, mendatangi tempat pengiriman barang sampai urusan bank. Anda tak mengeluarkan sepeser uangpun untuk pegawai.

 

  • Tidak Perlu Biaya Promosi

Untuk mempromosikan Anda tak perlu mengeluarkan dana. Bila Anda memiliki akun facebook, instagram, twitter, dan media sosial lainnya, Anda bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan toko online Anda. Beberapa kali dalam seminggu bisa mempromosikan toko online Anda lewat berbagai akun jejaringan sosial.

 

  • Jangkauan Luas

Calon pembeli toko online  Anda tidak hanya di sekitar lokasi usaha saja, tapi di seluruh penjuru kota/kabupaten, propinsi, Indonesia dan bahkan seluruh dunia. Ini karena website bisa diakses oleh orang-orang di berbagai belahan dunia dengan mudah.

Toko online adalah tempat kita bisa memajang barang dagangan dan melakukan transaksi melalui website. Saat ini toko online di Indonesia mulai berkembang pesat. Semakin banyak orang yang menggunakan internet untuk membeli dan menjual barang ataupun jasa. Toko online di indonesia memang sangat cocok sekali karena letak geografis indonesia yang kepulauan, memungkinkan kita untuk membeli barang tanpa perlu datang ke tempat penjual.

 

  • Bisa Menjual Berbagai Barang 

Berbagai jenis barang yang bisa dijual secara online. Seperti halnya toko secara konvensional, toko online juga menjual beraneka macam barang. Tapi perbedaannya sangat mendasar sekali. Kalau berjualan secara offline banyak hal yang harus dipersiapkan seperti modal lebih besar, stok barang, lokasi berjualan, tenaga kerja. Sedangkan berdagang secara online tidak membutuhkan semua itu. Anda hanya butuh website, pulsa, HP dan rekening bank.

 

  • Memudahkan Pelayanan

Toko online sangat memudahkan konsumen dalam berbelanja. Bila mereka berbelanja secara offline, mereka harus mendatangi satu persatu toko/konter/stan untuk menemukan barang yang dia cari. Tentu ini membutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Beda dengan berbelanja secara online. Pembeli cukup pencet keyboard HP atau laptop/komputer untuk mencari barang-barang yang diinginkannya. Biasanya toko-toko online memajang barang-barang dengan spesifikasinya dan juga harganya.

 

  • Buka 24 Jam    

Toko online beroperasi selama 24 jam. Yang menyenangkan dari toko online ini adalah Anda tidak harus terus menerus menjaganya selama 24 jam. Selama 24 jam itu kita bisa melakukan aktivitas lainnya.  Kita hanya harus tetap bawa HP agar sewaktu-waktu ada pesanan kita bisa mengetahuinya melalui notifikasi yang masuk lewat SMS maupun email di HP kita. Sungguh menyenangkan suatu pekerjaan besar untuk mencari nafkah tapi bisa dilakukan sambil melakukan berbagai macam aktivitas lainnya.

 

  • Media Promosi

Jika sebelumnya Anda menjadi produsen atau memiliki toko offline, toko online bisa juga dilihat sebagai pengganti dari media promosi cetak seperti brosur, catalog, kartu nama, dll. Bedanya media promosi cetak itu cepat hilang dan rusak sehingga masa berlakunya pendek sekali. Sedangkan  website, blog, dan toko online dibuat satu kali saja bisa berlaku selamanya. Asal kita mau membayar uang sewa domain dan hostingnya (tidak berlaku untuk yang gratisan), toko online tidak akan pernah hilang. Toko online mudah untuk dicari kembali oleh siapapun yang membutuhkan tanpa perlu repot mencari ke mana-mana. Cukup mengetikan kata kunci yang berhubungan dengan komoditas yang dijual, toko online Anda akan ditemukan para calon pembeli.

 

  • Kemudahan Akses

Di era kemajuan dan perkembangan dunia informasi, internet, dan teknologi digital yang sudah merata sekarang ini, toko online dapat diakses dari manapun dan dengan banyak media (komputer, laptop, iPad, smartphone, dll) oleh segala lapisan masyarakat. Selain itu toko online juga sangat mudah menjalankannya. Anda bisa memanfaatkan smartphone Anda, atau kalau butuh tampilan lebih besar Anda bisa ke warnet.

 

  • Perawatan Murah

Biaya operasional dan perawatan toko online sangat murah. Anda hanya perlu beli pulsa kurang dari Rp 100.000/bulan dan biaya perpanjangan sewa domain dan hosting sekitar Rp 200.000/tahun. Kalau mampu membuat website sendiri, Anda hanya perlu memperpanjang domain sekitar Rp 100.000/tahun. Bahkan Anda bisa memanfaatkan blog gratisan sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk website toko online Anda.

 

  • Transaksi Online Lebih Efisien dan Ramah Lingkungan

Dengan berbelanja secara online, orang tidak perlu berkendaraan keluar rumah membeli barang kebutuhannya. Konsumsi BBM bisa dihemat dan polusi pun bisa dikurangi.

 

  • Membantu Pertumbuhan UKM

Bayangkan hanya bermodalkan ratusan ribu, orang bisa memulai usaha. Ini bisa menciptakan banyak UKM baru, yang kelak akan menjadi bibit usaha besar.

 

  • Tidak Perlu Programmer Komputer

Dengan catatan Anda sudah familiar dengan perangkat komputer, internet dan kegiatan blogging, Anda bisa membuat toko online sendiri. Anda tak harus membuat template sendiri dengan kode-kode HTML yang rumit, yang merupakan pekerjaan seorang programmer komputer. Anda hanya butuh memodifikasi template-template yang tersedia secara gratisan.

 

Dengan membuka toko online adalah cara yang paling mudah bagi warga Surabaya untuk turut serta dalam persaingan ekonomi digital. Dengan semakin lengkapnya fasilitas membuat terobosan ini bisa mengangkat perekononiam warga kota lebih banyak. –drs

 

Avatar photo
/ Published posts: 787

Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.