24 views 8 mins 0 comments

Kebiasaan-kebiasaan Orang Sukses Dunia

Benarkah kebanyakan orang yang sukses di dunia ini adalah orang-orang  yang paling tinggi motivasinya?

 

 

Surabayastory.comOrang yang paling sukses di dunia bisa dipastikan memiliki semangat untuk mencapai apa yang mereka inginkan. Tapi semangat yang tidak ditindaklanjuti oleh tindakan tidaklah berguna.  Apabila Anda menempatkan kebiasaan lebih dari segala sesuatu, maka ini akan membawa pada keberhasilan Anda yang sesungguhnya.

Chad Howse dalam artikel berjudul 20 Habits That Will Make You Highly Successful, menjawab tidak seluruhnya benar. Itu bukan motivasi yang menyebabkan mereka sukses, tapi kebiasaan dan tindakan.

Apabila hari-harimu didominasi oleh kebiasaan-kebiasaan yang menunjang perjalanan sukses,  suatu hari akan mencapai suatu tempat di mana Anda ingin berada, melakukan apa yang ingin Anda lakukan, dan mendapatkan apa yang ingin Anda dapatkan.

Ilya Pozin dalam 12 Things All Successful People Do mengatakan, baik di dalam bisnis ataupun kehidupan lainnya, kita sering berjalan pada batas antara kesuksesan dan kegagalan. Kutipan Booker T. Washington menggarisbawahi tidak terelakannya tantangan-tantangan di hadapan jalan menuju kesuksesan. Kenyataannya,  sukses dan kegagalan selalu datang bergantian. Apabila Anda mengejar kesuksesan, Anda mungkin akan menemukan berbagai rintangan dan kegagalan. Tinggal apakah Anda mau melanjutkan usaha atau berhenti sampai di sini karena khawatir gagal lagi.

Orang-orang yang sukses tidak hanya dilahirkan dengan dikarunia sebuah bakat istimewa. Tapi mereka harus mengolah bakatnya agar mampu membawanya pada kesuksesan dengan melampaui berbagai rintangan demi rintangan, dan kegagalan demi kegagalan.

Ilya Pozin menegaskan, ternyata orang-orang sukses memiliki banyak kesamaan daripada yang mungkin kita pikirkan. Mereka memiliki kebiasaan-kebiasaan yang perlu kita simak berikut ini:

 

  1. Berani Menghadapi Kegagalan.

Kegagalan bisa dan akan terjadi tanpa melihat apakah kita bekerja sesuai etika atau tidak. Orang-orang yang paling sukses memahami realitas ini dan pentingnya dalam mendapatkan sukses. Ketika Anda ingin berlari dan bersembunyi sesudah mengalami kegagalan, ingatlah Anda harus belajar dari kekeliruan Anda untuk memastikan Anda tidak gagal dengan cara yang sama untuk kedua kalinya.

 

  1. Tetapkan Tujuan

Orang-orang yang sukses menetapkan tujuan-tujuan yang bisa dicapai setiap hari. Temukan kesuksesan dengan menetapkan tujuan-tujuan yang cerdas, dapat diukur, dapat dicapai, realistis, dan tepat waktu. Tetapkan tujuan jangka panjang dan ciptakan sasaran kecil harian untuk mencapai visimu lebih mudah.

 

  1. Jangan Cari Waktu yang Sempurna

Beberapa faktor berikut ini pasti menjadi elemen sukses, yang tidak bisa diabaikan: darah, keringat, dan air mata. Jangan menunggu hingga datangnya waktu dan ide yang tepat. Beberapa orang yang paling sukses  terus melakukan sesuatu bahkan apabila waktunya tidak tepat.

 

  1. Hati-Hati Menghadapi Kemajuan

Sering sukses membuat kita terlena karena itu ketika kita menikmati kesuksesan  jangan lupa tetap pantau perilaku, strategi, dan taktik. Anda jangan membuat penilaian apabila Anda tidak tahu bagaimana Anda melakukan. Yakinlah untuk membuat diri Anda tetap terukur dengan memeriksa kemajuan sesering mungkin dan mendapatkan umpan balik (feedback).

 

  1. Jangan Menunda Keputusan

Orang sukses tidak selalu tahu jawaban yang benar, tapi mereka tetap bergerak. Mengambil tindakan dengan sendirinya  akan membawa pada jawaban. Jadi jangan biarkan rintangan-rintangan memperlambat langkah ketika Anda mencari solusi yang tepat.

 

  1. Kaitkan Berbagai Hal

Orang-orang yang sukses memiliki kemampuan melihat gambaran yang lebih besar. Lihatlah hal-hal di dalam kontek “masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang” untuk mendapatkan hasil yang mendukung.

 

  1. Yakinlah Atas Kemampuan Anda

Engkau harus benar-benar percaya akan kemampuanmu. Akseslah dirimu untuk mendapatkan pemahaman yang jelas tentang apa yang bisa Anda selesaikan, dan gunakan ini sebagai bahan bakar untuk menghidupkan apimu sendiri.

 

  1. Berikan Komitmen

Sukses tidak datang dengan sendirinya. Orang-orang paling sukses sering merupakan orang-orang yang paling berkomitmen terhadap apa yang sudah mereka kerjakan. Pergilah lebih jauh setiap hari tanpa perkecualian.

 

  1. Selalu Siaga

Kesadaran akan membuahkan sukses. Apabila Anda tidak fokus  dalam lingkunganmu, Anda pasti akan kehilangan peluang. Dengarlah apa yang dikatakan tentang perusahaanmu. Secara konstan ini akan mempertajam umpan balik, dan tetap membuka mata dan kuping pada seluruh usahamu.

 

  1. Gigih

Orang-orang yang benar-benar sukses tidak kenal menyerah. Apakah mereka pernah gagal? Ya. Tapi ketika dalam kondisi sulit, semangat mereka tidak kendur. Kembangkan keinginan untuk bekerja  melalui tantangan-tantangan yang Anda jumpai sepanjang jalan.

 

  1. Berkomunikasi Secara Profesional

Orang-orang yang sukses memiliki kemampuan yang besar untuk meyakinkan orang-orang lain. Mereka tidak memanipulasi atau menekan tapi secara logis menjelaskan keuntungan-keuntungannya. Berkomunikasi dengan penuh keyakinan akan membuatmu dengan mudah menegosiasikan visi-visimu.

 

  1. Menunjukkan Kerendahan Hati

Kesuksesan tidak harus diikuti dengan meningkatnya ego. Kenyataannya, banyak orang sukses tidak sombong. Ini karena mereka paham bahwa bahwa faktor-faktor luar sangat menentukan,dan  beberapa kegagalan  bisa saja menghadang. Jangan pernah lupa untuk menjaga akuntabilitas untuk setiap aspek kehidupanmu. Ini adalah tentang bagaimana Anda tetap fokus dan rendah hati.

 

Victoria Joanna Bailey dalam 7 habits of successful people,  memberi tambahan, sejumlah kiat untuk mencapai suatu tujuan yang berdasarkan pengalaman orang-orang sukses. Maka kalau Anda ingin sukses ikutilah kebiasaan-kebiasaan ini dalam kehidupanmu. Perhatikan bagaimana mereka menjalankan kehidupannya. Jangan dilihat profesi maupun pekerjaannya, tapi liahtlah bagaimana mereka menuju puncak. Mereka adalah  saksi dari sebuah perjalanan kesuksesan. Itu bukan soal apa yang Anda lakukan tapi bagaimana Anda melakukannya.

“Bagaimana” itu berarti sikap, etika kerja, usaha dan disiplin Anda. Itu kurang berkaitan dengan bakat dan keahlian, dan lebih berkaitan dengan komitmen. Anda memiliki lebih banyak kontrol terhadap sukses Anda daripada yang Anda sadari. Sukses bukanlah sihir atau keberuntungan. Apabila Anda mengamati banyak orang sukses dalam industri atau usaha, ada kebiasaan umum tertentu yang diperlihatkan oleh mayoritas dari mereka. Mempertimbangkan kebiasaan-keibasaan ini akan membantumu mencapai tujuan yang Anda buat.

 

Sementara W Randall Jones dalam The Richest Man in Town mengungkapkan ada 12 aturan atau kebiasaan yang dilakukan orang-orang terkaya di Amerika Serikat, yaitu:

  1. Tidak menjadikan uang satu-satunya tujuan.
  2. Berusaha menemukan nada sempurna (bakat)
  3. Menjadi bos diri sendiri
  4. Mengacu pada ambisi
  5. Bangun lebih pagi, mulai lebih awal
  6. Tidak hanya menetapkan tujuan, tapi juga segera eksekusi
  7. Berani untuk gagal
  8. Lokasi bukan masalah
  9. Berpegang pada nilai-nilai moral
  10. Aktif berjualan penjualan
  11. Belajar dari yang terbaik dan yang terburuk
  12. Tidak Mengenal kata penisun

 

Dengan menggabungkan pemikiran berbagai penulis di atas, kami menyimpulkan bahwa sukses besar yang diraih tokoh-tokoh dalam berbagai bidang umumnya karena mereka memiliki kebiasaan-kebiasaan sebagai berikut:

  1. Melakukan pekerjaan bukan semata-mata karena uang
  2. Menekuni pekerjaan sesuai bakat
  3. Berada di antara orang-orang suportif
  4. Bekerja penuh gairah
  5. Memulai sejak awal
  6. Berani melakukan eksekusi
  7. Aktif melakukan persuasi
  8. Tak kenal menyerah
  9. Tak pernah berhenti belajar
  10. Tidak mengenal pensiun

 

Dengan demikian tak diperlukakan paparan-paparan yang bersifat menggurui karena Anda dapat mempelajari sendiri kebiasaan-kebiasaan yang menghantarkan mereka pada puncak kesuksesan. –drs

 

Avatar photo
/ Published posts: 787

Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.