7 views 3 mins 0 comments

Kata-kata Soekarno Pada Pemuda

Hari ini, 28 Oktober 2018, adalah hari peringatan Sumpah Pemuda. Bagi Soekarno, masa depan bangsa Indonesia ada di tangan pemuda Indonesia.

 

Lukisan Presiden Sukarno (karya Basuki Abdullah)

 

Surabayastory.com – Pemuda mempunyai arti sangat besar bagi Soekarno. Baginya pemuda adalah cikal-bakal masa depan sebuah bangsa. Karena itu, ia terus menggugah semangat dan cita-cita para pemuda. Mengajaknya untuk bercita-cita tinggi, bekerja keras, dan berjuang tanpa lelah untuk kemajuan bangsanya.

Soekarno juga seorang inspirator bagi para pemuda Indonesia. Setiap pidatonya selalu berisi kata-kata bernas yang menggugah. Betapa hebatnya, kata-kata itu mampu menggerakkan pemuda-pemudi Indonesia untuk tetap semangat melawan penjajah di masa itu. Dan kata-kata itu masih terus dikenang dan menggelorakan semangat bangsa Indonesia menghadapi tantangan zaman yang berubah.

 

Belajar Harus Berpikir

Belajar tanpa berpikir itu tidaklah berguna, tapi berpikir tanpa belajar itu sangatlah berbahaya!

*****

Menggemparkan Dunia

Berilah aku semilyun orang tua, maka aku akan sanggup memindahkan gunung Merapi dari tempatnya; dan berilah aku sepuluh pemuda yang bersemangat besar, niscaya aku akan sanggup menggemparkan dunia.

*****

Gerakan untuk Tanah Air

Engkau telah sering mendengar mengenai diriku, bahwa aku ini sejak umur 16 tahun telah mencemplungkan diri dalam gerakan untuk tanah air, bangsa, dan cita-cita.

*****

Pemuda Harus Berjuang

Kalau pemuda sudah berumur 21-22 tahun sama sekali tidak berjuang, tak bercita-cita, tak bergiat untuk tanah air dan bangsa, pemuda begini baiknya digunduli saja kepalanya.

*****

Pemuda Mengubah Dunia

Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia.

*****

Pemuda Bibit Pemimpin

Mereka adalah amat penting, karena mereka generasi muda itu adalah bibit-bibit pemimpin daerah atau bibit-bibit pemimpin nasional.

*****

Kekalahan dan Kemenangan

Uletlah dalam kekalahan, tetapi berbudilah dalam kemenangan.

*****

Gantungkan Cita-cita

Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.

*****

Masa Lalu dan Masa Depan

Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca bengala dari pada masa yang akan datang.

*****

Bangun Dunia Damai

Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan

*****

Tak Bisa Maju dengan Takut dan Malu

Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun.

*****

Berjuang untuk Tujuan

Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam.

*****

Avatar photo
/ Published posts: 788

Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.