8 views 10 mins 0 comments

Istimewanya Mata Kita

Bagaimana mata manusia bekerja dan menangkap semua yang ada di dunia? Mengapa orang bisa menjadi buta? Dari mana air mata itu datang?

 

 

Surabayastory.com – Mata manusia adalah kekayaan dan anugerah Tuhan yang luar biasa. Mata kecil ini adalah jendela besar untuk bisa menangkap alam semesta. Dari mata, kita bisa melihat, mengenal dunia, kemudian menumbuhkan harapan dan cita-cita.

Dari mata yang istimewa kita akan mencoba mengenalnya lebih dalam.

 

Apa sih sebenarnya bola mata itu?

Bola mata kita berbentuk bundar seukuran bola pingpong. Bagian berwarna putih disebut sklera yang merupakan materi padat dan berfungsi sebagai pelindung paling luar bagian mata yang lain. Di dalam sklera terdapat pembuluh darah yang sangat halus. Coba perhatikan bola matamu, tampak ada serabut kemerahan bercabang-cabang kan?

Bagian terluar yang tampak di mata adalah selaput bening bernama kornea. Kornea berfungsi sebagai jendela tempat cahaya masuk ke dalam mata. Korena juga melapisi serabut mata yang memiliki warna tertentu atau iris.

Selain yang tampak dari luar, mata juga terdiri dari bagian-bagian yang tidak terlihat namun memiliki fungsi sangat penting sebagai alat indera penglihat. Untuk melihat bagian dalam itu diperlukan sebuah mikroskop. Lensa, misalnya, berfungsi untuk memfokuskan cahaya ke retina, yang berperan sebagai penerima gambar/citra dari benda yang kita lihat. Retina memiliki jutaan sel yang sangat peka terhadap cahaya. Dari retina, pesan dikirimkan ke otak. Otak pun mengerti benda apa yang kita lihat itu.

 

Mengapa warna mata berbeda-beda?

Warna mata seseorang ditentukan oleh warna iris. Iris merupakan bagian mata yang berbentuk lingkaran seperti cincin yang terdiri dari serabut-serabut pigmen. Iris sebenarnya merupakan sekumpulan otot yang mengatur jumlah cahaya masuk ke dalam mata kita. Kata iris berasal dari nama dewi bangsa  Yunani yang berarti pelangi. Mungkin menunjukkan bahwa iris memiliki bermacam warna, bisa hijau, coklat, hitam, biru, merah, abu-abu dan lain-lain. Warna itu ditimbulkan oleh pigmen warna yang dihasilkan sel melanin. Namun melanin dalam iris sedikit berbeda dengan melanin yang memberi warna pada kulit dan rambut.

 

Mengapa kita tidak bisa melihat dalam gelap setelah berada di tempat terang?

Di dalam mata kita terdapat sel penangkap warna yang disebut sel kerucut dan sel batang. Pada setiap mata kita terdapat kurang lebih 120 juta sel batang dan 7 juta sel kerucut. Sel batang berfungsi untuk menangkap warna hitam, putih dan kelabu. Sel batang juga yang menangkap bentuk dari benda-benda yang kita lihat. Sel batang tidak sensitif membedakan warna namun sangat peka ketika melihat di dalam gelap.

 

Sedangkan sel kerucut merekam warna dan membutuhkan cahaya yang lebih banyak untuk mendeteksi warna tersebut. Sel kerucut sangat berfungsi pada cahaya normal. Nah, saat kita melihat di tempat terang, sel kerucutlah yang bekerja. Ketika kita pindah ke tempat gelap, sel batang menyesuaikan diri untuk mengambil alih fungsi sel kerucut. Pengambil-alihan ini memerlukan waktu beberapa saat. Akibatnya, selama beberapa saat penglihatan kita belum berfungsi dengan baik, namun tidak lama kemudian mata kita pun bisa beradaptasi dalam gelap.

 

Fotoreseptor sel di retina mata, struktur dan fungsi batang sel dan kerucut sel. (123RF)

 

Bagaimana mata mengatur cahaya yang masuk?

Cahaya yang terlalu kuat dapat merusak mata, sedangkan cahaya yang terlalu lemah membuat mata tidak bisa melihat. Tempat masuknya cahaya ke dalam mata disebut pupil. Pupil adalah lubang berwarna hitam di tengah-tengah serabut berwarna (iris). Di bawah cahaya terang, otot-otot iris akan mengatur diameter dan ukuran pupil menjadi lebih kecil. Cahaya yang masuk ke mata pun dikurangi dengan cara itu. Sedangkan jika keadaan gelap, diameter pupil akan melebar sehingga memungkinkan lebih banyak cahaya masuk dan kita bisa melihat dengan lebih jelas.

 

Apa sih yang dimaksud dengan buta warna?

Sel penangkap warna berbentuk kerucut. Ada tiga jenis sel kerucut, masing-masing jenis sensitif terhadap warna merah, hijau dan biru. Ketiga warna itu disebut juga warna primer. Kombinasi kepekaan ketiga sel kerucut membuat kita bisa melihat berbagai warna yang berbeda. Jika ada gangguan pada salah satu sel tersebut, maka penglihatan seseorang menjadi terbatas untuk melihat warna tertentu. Gangguan buta warna bukanlah penyakit, bersifat menurun dan tidak bisa disembuhkan. Penderita buta warna kebanyakan laki-laki, 1 di antara 12 orang laki-laki diperkirakan menderita buta warna.

 

Perlukah orang menggunakan kacamata?

Gambar karakter mata melihat melalui kaca (Toons4biz)

 

Mata bisa melihat jelas jika lensa mata dapat memfokuskan gambar benda yang kita lihat dengan jelas. Namun, ada kondisi saat lensa mata menjadi lebih cekung atau lebih cembung dibandingkan keadaan normal. Akibatnya, bayangan yang terbentuk pun menjadi kabur. Kita tidak bisa melihat dengan jelas. Orang yang tidak bisa melihat benda-benda dekat disebut rabun dekat, dan yang tidak bisa melihat benda-benda jauh dengan jelas disebut rabun jauh. Untuk membantu agar penglihatan kembali normal, diperlukan lensa yang sesuai dengan kondisi mata seseorang. Lensa itu memiliki ukuran kelengkungan yang berbeda-beda tergantung kondisi mata yang harus dikoreksi. Lensa yang cekung disebut lensa negatif, lensa yang cembung disebut lensa positif. Bisa saja seseorang menggunakan sepasang lensa yang berbeda ukuran kelengkungan untuk setiap matanya. Sepasang lensa itu kita kenal sebagai kacamata.

 

Mengapa mata bisa buta?

Kita bisa melihat dengan baik jika mata dan otak berfungsi dengan baik. Jika ada bagian dari kedua organ tersebut rusak, maka penderita akan mengalami ganggguan penglihatan atau kebutaan. Kebutaan terdiri dari berbagai tingkatan, ada yang buta sebagian yaitu hanya bisa melihat sedikit cahaya atau bayangan, namun ada juga yang tidak bisa melihat sama sekali atau buta total. Kebutaan dapat disebabkan penyakit keturunan atau cacat akibat kecelakaan.

 

Apakah mata bisa didonorkan?

Bagian mata yang bisa didonorkan adalah kornea. Jadi, hanya penderita kerusakan kornea yang bisa disembuhkan sehingga penglihatannya kembali berfungsi. Kerusakan kornea bisa terjadi karena kecelakaan, infeksi atau malnutrisi. Donor mata bersifat sukarelawan dan memberi manfaat bagi orang yang memerlukan. Kornea diambil dari mata seseorang yang sudah meninggal paling lambat enam jam setelah kematiannya. Untuk mendonorkan mata, seseorang harus memberitahukan niatnya tersebut kepada keluarga atau orang terdekat. Kornea tidak akan diambil tanpa seijin pemilik mata.

 

Apa sih katarak itu?

Di bagian depan mata terdapat jendela bening yang disebut lensa. Lensa tersusun dari air dan protein. Semakin berumur seseorang, di depan lensa sering terjadi penebalan protein menjadi semacam selaput. Selaput itu disebut katarak. Tentu saja katarak membuat penglihatan menjadi buram dan tidak jelas. Biasanya katarak menimpa seseorang yang berumur di atas 50 tahun. Katarak merupakan gangguan yang mengikuti penuaan organ-organ tubuh kita termasuk mata. Katarak dapat dibersihkan melalui tindakan operasi, bagian depan lensa kemudian diganti dengan lensa buatan sehingga penderita bisa kembali melihat benda dengan jelas.

 

Mengapa mata mengeluarkan air mata?

Ternyata mata kita tidak hanya mengeluarkan air mata saat menangis. Air mata berfungsi melindungi mata kita. Bola mata harus tetap lembab supaya mata bisa berfungsi dengan baik. Mata yang kering akan menyebabkan iritasi atau luka di bagian luar. Air mata juga membersihkan debu, asap atau kotoran lain yang masuk ke dalam mata. Dengan cara mengedipkan kelopak mata, bola mata dibersihkan dan dibasahi oleh air mata supaya tidak terjadi kekeringan.

 

Air mata dihasilkan dari kelenjar yang berada di sudut mata dekat hidung. Kita memiliki dua buah kelenjar air mata. Air mata mengalir dair kelenjar air mata melalui saluran sangat kecil. Saat kamu menangis, hidungmu akan terasa basah karena sebagian air mata dapat mengalir ke bagian saluran hidungmu melalui celah tulang hidung.

 

Bagaimana huruf braille bisa dibaca orang buta?

Huruf braille diciptakan oleh Louis Braille, seorang warga Perancis yang mengalami kebutaan akibat kecelakaan waktu kecil. Pada umur 15 tahun, Braille menciptakan kode pertama di tahun 1824. Huruf braile terdiri dari susunan titik-titik yang timbul sehingga bisa diraba oleh orang buta. Kode huruf braile sudah dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk huruf selain huruf Latin, misalnya huruf China, Arab dan lain-lain.

Begitulah beberapa hal menarik yang bisa kita dalami tentang mata kita. Kita perlu merawat dan menjaga mata yang merupakan anugerah yang luar biasa. –nat 📌

Avatar photo
/ Published posts: 788

Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.