29 views 3 mins 0 comments

Hijaunya Taman Gantung Tunjungan Surabaya di Musim Penghujan 2019

Hujan yang datang dalam beberapa bulan ini dan nanti, membuat Taman Gantung Tunjungan Surabaya makin hijau dan menyegarkan.

 

Semarak hijau Taman Gantung Tunjungan Surabaya yang menyejukkan mata di tengah hiruk-pikuk lalu lintas tengah kota Surabaya. (sa)

 

Surabayastory.com – Ini adalah kesegaran di tengah hiruk pikuk lalu lintas tengah kota Surabaya. Taman Gantung Tunjungan Surabaya menjadi oase penyejuk bagi pelintas jalan Tunjungan yang selalu padat merayap itu. Sebagai pertemuan dari lalu lintas besar Jl Praban dan Jl Gemblongan, Jl Tunjungan adalah penampung lalu lintas yang hendak menuju Jl Pemuda atau Embong Malang. Bisa dibayangkan, padatnya lalu lintas, cuaca yang terik, membuat para pengendara butuh sedikit kesejukan.

Taman Gantung Tunjungan adalah keteduhan yang menyegarkan. Tanaman menghijau dari atas jembatan, menjuntai mengisi ruang-ruang yang panas oleh cuaca. Lebatnya daun-daun dari pohon-pohon yang ditanam di sekitarnya juga menambah kesejukan.

Taman Gantung Tunjungan Surabaya, saat ini, di saat musim penghujan 2019, semakin tampak semarak dengan daun-daun lebat dan warna hijau yang kuat. Kota Surabaya yang terus menambah ruang terbuka hijau, mendapat manfaat besar dari musim penghujan ini. Pohon, tanaman menjalar, perdu, bunga, serta rerumputan semakin tumbuh subur dan sejuk dipandang mata.

 

Taman gantung Tunjungan merentang dari wilayah Tanjung Anom hingga pertokoan kuno Jl Tunjungan. (sa)

 

Sebagai pengingat, Taman gantung Tunjungan ini sudah diresmikan sejak 26 Juli 2016, persis bersamaan dengan acara Festival Kuliner Surabaya 2016. Taman gantung ini menjawab kebutuhan ruang terbuka hijau mengingat di lokasi ini sulit diperoleh lahan bebas. Di Tunjungan dipenuhi oleh bangunan, gedung-gedung tinggi, gedung-gedung tua. Tidak ada lahan hijaunya yang tersisa di tengah kota.

Taman Gantung Tunjungan ini merentang di atas Jl Tunjungan sepanjang 25 meter, yang menghubungkan kawasan pertokoan di wilayah Tanjung Anom dengan pertokoan kuno di Jl Tunjungan.

Kesegaran Taman Gantung Tunjungan ini bisa dilihat dari jalan raya. Di sisi luar jembatan terdapat tumbuhan merambat hijau, berpadu dengan tanaman menengah yang sangat rapat daunnya.

Rerimbunan di Jembatan Gantung Tunjungan menunjukkan arti besar sebagai ice breaking kesibukan warga Surabaya. Bila Anda kurang menyadarinya, meski buru-buru, setelah belok masuk ke Jl Tunjungan, berjalanlah perlahan, dan Anda akan menyaksikan sebuah taman di atas jembatan yang segar. Mata menjadi sejuk, pikiran mungkin juga bisa adem meski sesaat. Coba nikmati kesegaran baru di tengah himpitan metropolitan yang terus menderu. –sa

Avatar photo
/ Published posts: 787

Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.