18 views 9 mins 0 comments

Buku-buku Pilihan dan Favorit Bill Gates

Buku-buku pilihan Bill gates selalu jadi acuan pembaca di dunia. Apa saja buku pilihannya yang membuatnya bisa terus berpikir kritis dan kreatif?

 

Bill Gates membuat daftar buku terbaik yang ia baca setiap tahunnya . (qz.com)

 

Surabayastory.com – Buku punya arti besar dalam kehidupan seorang Bill Gates. Dari dulu hingga sekarang. Bill Gates terkenal sebagai pecinta buku dan selalu meluangkan waktu untuk membaca buku. Ia memiliki ruang perpustakaan pribadi yang memuat buku-buku bermutu, termasuk karangan klasik yang sangat langka karya Leonardo da Vinci: Codex Leicester.

Pendiri Microsoft tersebut mengatakan, tak ada orang yang bakal terpuruk ketika tersesat, jika ia tersesat bersama buku. Buku selalu menjadi panduan dan solusi inspirasi untuk masa depan. Dengan banyaknya buku yang dibaca dan dikoleksi, Bill Gates tampak bingung saat ditanya soal buku kesukaannya sepanjang masa. Menurutnya, terlalu banyak buku bagus yang harus disebutkan.

Bill Gates lebih menyukai buku-buku nonfiksi dengan subjek yang sangat beragam. Terutama tentang kehidupan yang dianggap cocok menemani waktu jeda. Juga buku-buku bisnis, kebijakan publik, sains, dan pengembangan diri. Namun ia juga membaca karya novel yang menyentuh.

 

Cover buku-buku pilihan Bill Gates. (nytimes)

 

Berikut ini buku-buku pilihan dan menjadi favorit Bill Gates yang direkomendasikan untuk dibaca siapa saja.

  • Educated – Tara Westover

Buku yang menceritakan sebuah kisah tentang tumbuh dalam keluarga. Penulis akan membawa pembaca untuk merenungkan kembali kehidupan sendiri ketika membaca tentang masa kecilnya yang ekstrem.

  • Army of None – Paul Scharre

Buku yang ditulis oleh mantan Pasukan Ranger Angkatan Darat dan pakar pertahanan ini adalah buku yang menurut Gates sudah dinanti-nantikannya.” Scharre mengeksplorasi kelebihan dan kekurangan peperangan otonom, dan mampu menjelaskan dengan jelas topik rumit ini.

  • Bad Blood – John Carreyrou

Gates mengatakan jarang membaca karya semacam ini, tetapi menganggap karya Carreyou tentang naik turunnya startup bioteknologi Theranos adalah salah satu yang menarik. “Saya pikir itu buku yang sempurna untuk dibaca untuk menghangatkan musim dingin,” katanya.

  • 21 Lessons for the 21st Century – Yuval Noah Harari

Gates melihat buku ini sebagai percakapan global yang krusial tentang bagaimana menghadapi masalah abad ke-21, seperti perubahan iklim atau terorisme. Dia tidak sepenuhnya setuju dengan pandangan Harari, tetapi karena dia penggemar berat karya sejarawan itu, membuat buku ini termasuk yang difavoritkannya untuk dibaca.

  • The Headspace Guide to Meditation and Mindfulness – Andy Puddicombe

Gates tetap tidak yakin tentang kekuatan meditasi sampai ia bertemu Andy Puddicombe, pendiri aplikasi Headspace. Gates dan istrinya Melinda sangat menikmati pekerjaan Puddicombe sehingga mereka membuatnya datang dan mengajar keluarga mereka tentang meditasi. “Saya tidak yakin berapa banyak meditasi yang akan membantu saya berkonsentrasi di awal masa Microsoft saya, karena saya secara monomani fokus tanpanya,” katanya. “Tetapi sekarang setelah saya menikah, memiliki tiga anak, dan memiliki minat profesional dan pribadi yang lebih luas, ini merupakan alat yang hebat untuk meningkatkan fokus saya.”

 

Bill Gates dengan buku pilihannya. (forbes)

 

  • Business Adventures: Twelve Classic Tales from the World of Wall Street – John Brooks

Buku ini merupakan antologi dari 12 cerita yang terinspirasi dari dunia bursa saham Wall Street. Ceritanya berkisar di sektor ekonomi, karakter manusia dalam menentukan nasib bisnis, serta penyesalan-penyesalan yang datang terlambat. Meskipun Brooks sang penulis sudah menulis sejak 1960-an, tetapi wawasannya tidak lekang oleh waktu, dan mengingatkan bahwa aturan untuk menjalankan perusahaan besar tidak berubah. gates membacanya lebih dari dua dekade lalu, dan ini masih menjadi pilihannya untuk buku bisnis terbaik yang pernah ada.

  • The Power to Compete – Hiroshi Mikitani and Ryoichi Mikitani

Buku ini ditulis dengan melihat sudut pandang masyarakat Jepang. Mengungkap alasan-alasan di balik sikap Jepang dalam dunia bisnis internasional. Jepang diakui sebagai negara yang memiliki daya kompetitif kuat. Perusahaan-perusahaan Jepang sedari dini teliti menyaring talenta terbaik, hingga tingkat pekerja paling kecil. Ini telah menumbuhkan iklim kompetisi sejak awal.

  • Sustainable Energy – Without the Hot Air – David JC MacKay

Buku ini berisi tentang analisis kebijakan publik, terutama masalah lingkungan. Tentang panduan untuk berpikir lebih banyak tentang energi bersih, dan penjelasan yang disajikan dengan mudah dipahami. Energi bersih itu bisa dimulai dari diri sendiri.

  • The Better Angels of Our Nature – Steven Pinker

Ini soal kaitan tentang masa lalu dan masa kini. Sang penulis menarik persoalan yang terjadi hari ini dari sudut pandang sejarah. Menurut dia, perang, kejahatan, terorisme, dan penganiayaan tak pernah lepas dari luka masa lalu. Damai sebenarnya sifat manusia dan kemungkinan untuk masa depan yang lebih baik.

  • Sapiens Yuval Noah Harari

Asal-usul manusia masih terus diperbincangkan dalam ilmu sains. Pandangan tentang seluruh sejarah umat manusia ini memicu banyak percakapan hebat di meja makan keluarga Gates. Harari juga menulis tentang spesies kita hari ini dan bagaimana kecerdasan buatan, rekayasa genetika, dan teknologi lainnya akan mengubah kita di masa depan.

Sejauh ini, kita mengenal teori evolusi yang dikemukakan Charles Darwin. Lewat Sapiens, sang penulis mengintegrasikan sejarah, sains, serta pengembangan manusia, untuk menjawab kejadian-kejadian saat ini.

  • The Vital Question Nick Lane

Buku ini menawarkan pemahaman yang mendalam mengenai kehidupan manusia. Ia berusaha menarik benang merah antara energi, sel biologis, dan evolusi tiada henti.

Penulis berusaha membuat orang menghargai sepenuhnya peran energi yang dimainkan dalam evolusi kehidupan di Bumi (dan, mungkin, tempat-tempat lain). Bahkan jika dia ternyata salah tentang detail tertentu. Gates menyatakan mungkin idenya akan dilihat sebagai kontribusi penting bagi pemahaman kita tentang dari mana kita berasal, dan ke mana kita pergi.

  • How Not to be Wrong: The Power of Mathematical Thinking – Jordan Ellenberg

Bacaan ini berisi solusi agar manusia mengambil tindakan tepat dalam setiap keadaan sulit. Bertumpu pada analisis matematis. Sang penulis percaya bahwa manusia seharusnya tak melakukan kekeliruan. Dijelaskan bagaimana matematika berperan dalam kehidupan kita sehari-hari tanpa kita sadari.

  • Parenting with Love and Logic – Foster Cline dan Jum Fay

Buku ini menjadi panduan orang tua yang baru memiliki anak. Membahas bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri, memotivasi anak untuk menghadapi realita, serta mengajar mereka tentang tanggung jawab. Sebagai orang tua dari tiga anak, Melinda dan Gates telah menghabiskan banyak waktu membaca dan membahas buku ini. Itu telah menjadi panduan yang tak ternilai bagi kita berdua, terutama dalam hal melemahkan konflik yang tak terhindarkan antara orang tua dan anak-anak.

  • Seveneves – Neal Stephenson

Novel ini tentang bagaimana umat manusia merespons akhir kehidupan di bumi menghidupkan kembali cinta dengan latar pada science-fiction. Kisah yang mengasyikkan dan menggugah pikiran.

  • The Great Gatsby – F. Scott Fitzgerald

Novel ini yang paling banyak dibaca secara berulang oleh Gates. “Melinda dan saya sangat menyukai satu baris sehingga kami melukisnya di dinding di rumah kami: “Mimpinya pasti tampak begitu dekat sehingga ia sulit memahami hal itu.” –sa, dari berbagai sumber

 

Avatar photo
/ Published posts: 787

Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.