9 views 8 mins 1 comments

Menata Konsep Wisata Sungai di Kota Surabaya

Sebagai kota yang dibelah oleh sungai, Surabaya punya potensi besar dalam pengembangan wisata air. Warga kota bisa menjadikannya wisata keluarga yang murah dan menyenangkan.

 

Wisata air di Sungai Kalimas bisa dikembangkan lagi untuk menyenangkan warga Surabaya. (sa)

 

Surabayastory.com – Sebagai kota yang dilintasi sungai yang memikat, Surabaya menyimpan potensi lebih akan wisata air. Adalah Kali Mas, sungai yang membelah Surabaya yang menjadi pusat perhatian. Kali Mas adalah anak sungai Brantas. Sungai utama ini mengalir dari Mojokerto sebagai hulu, kemudian mengalir ke timur laut, bermuara di Surabaya, dan berakhir di Selat Madura. Muara Kali Mas ini sejak berabad lampau adalah pelabuhan tradisional Surabaya. Pelabuhan ini menjadi pintu gerbang menuju ibukota Kerajaan Majapahit (di Trowulan), dan menjadi bagian dalam pertempuran rakyat Surabaya menghadapi sekutu menjelang 10 November 1945.

Kali Mas di beberapa titik menjadi batas wilayah dengan Kabupaten Sidoarjo dengan Kabupaten Gresik.

Surabaya selama ini dikenal sebagai kota dengan sejuta taman. Berbagai taman dengan beragam tema dibangun. Taman bermain, ruang terbuka hijau, hingga tempat wisata keluarga di dalam kota menjadi daya tarik bagi warga Surabaya. Kita bisa menyaksikan di saat akhir pekan atau hari libur, tempat-tempat wisata keluarga di dalam kota penuh dengan pengunjung. Bahkan diantaranya adalah warga kota lain sekitar Surabaya.

Dari taman, kemudian beralih ke air. Tamasya air juga menjadi pilihan warga kota yang cukup ramai. Karena itu, pemerintah kota Surabaya berusaha untuk menata konsep wisata air dalam kota dan mengembangkannya. Yang paling terlihat adalah perahu wisata untuk menyusuri Kali Mas, dari Taman Prestasi di daerah Ketabang.

Sungai memang menyimpan daya tarik tersendiri. Sungai memiliki ciri khas yang begitu kuat yang mempertautkan antara kota dengan lingkungan alam di sekitarnya. Sungai di kawasan perkotaan adalah suatu ekosistem natural. Lanskap ini berguna untuk meningkatkan kualitas alami kota maupun estetikanya. Sungai juga bias menjadi bagian dari kenyamanan warga kota.

Wisata sungai (river tourism) sudah banyak berkembang di banyak kota di dunia. Bukan hanya untuk warga kota, namun sudah menjadi bagian dari pariwisata Negara. Coba kita tengok river cruise (penjelajahan sungai) di Vietnam, atau yang lebih dulu menelusuri Sungai Chao Phraya di Bangkok, Thailand. Contoh lain yang lebih mendunia adalah menelusuri kanal-kanal sungai di Venesia di Italia. Semuanya dikenas dengan apik sehingga setiap orang yang datang ingin mencobanya. Pengalaman serta dokumentasi foto-foto yang menarik membuat wisata sungai punya kans untuk berkembang.

 

Perahu wisata yang digunakan dalam di Sungai Kalimas. (SITC)

 

Konsep Wisata Sungai

Wisata sungai (river tourism) dapat menjadi salah satu alternatif  potensial bagi warga kota Surabaya. Untuk menjadi fasilitas rekreasi atau dikembangkan lebih jauh menjadi wahana wisata berkelas nasional bahkan internasional.

Bila ingin dikembangkan lebih lanjut, konsep memang perlu ditekankan dari awal. Ada beberapa alternatif yang bisa dikembangkan dari bahan dasar Kali Mas ini. Alternatif pertama adalah mengembangkan Kali Mas sebagai pusat rekreasi keluarga berbasis alam dan konservasi. Di sini tantangannya sangat berat, karena bagaimana membuat Kali Mas senatural mungkin seperti ketika ada puluhan atau mungkin ratusan tahun lalu, dengan kemasan masa kini. Dengan konsep ini sungai ditempatkan sebagai sumber air, sebagai salah satu sumber daya yang berdaya guna begitu banyak bagi mahkluk hidup.

Sungai hadir dengan fungsi aslinya dengan keadaan yang sangat alami, tentang kebersihan, lekuk alirannya, hingga debit dan pusaran airnya. Ekosistem alamiahnya juga dikembalikan sebagaimana aslinya.

Alternatif konsep yang kedua adalah membuat wisata sungai dengan menggunakan pendekatan budaya. Wisata yang ditawarkan adalah kegiatan menyusuri sungai dengan menggunakan sisi sejarah. Sepanjang sungainya diberi lampu sehingga pada malam hari masih dapat melihat bangunan-bangunan bersejarah. Para wisatawan juga diberikan narasi yang menjelaskan sejarah tersebut. Di sekitar sungai diberikan sentuhan budaya lokal masyarakat Surabaya yang bisa diturunkan dalam bentuk pementasan, pameran, konter souvenir, juga desain di sepanjang Kali Mas dibuat kental dengan budaya arek Surabaya.

Alternatif ketiga adalah menjadikan Kali Mas sebagai wisata keluarga urban. Maksudnya tempat wisata ini bias menampung banyak keinginan warga kota. Konsep wisata ini memang lebih modern dengan menampung banyak tema. Mulai dari wisata susur sungai dengan desain warna-warni, penyediaan wahana untuk permainan anak-anak, panggung gembira, hingga pameran umum yang cenderung ke arah bazar kota. Konsep ini tampaknya yang paling gampang dan feasible untuk dilaksanakan. Persiapan serta piranti yang dibutuhkan tidak rumit.

Wisata sungai akan selalu menarik, mempunyai karakterisitik alam yang berbeda di setiap wilayah serta memiliki prospek untuk dikembangkan dengan berbagai tema. Gaya hidup kembali ke alam serta gemar berbagi foto menjadikan Kali Mas bisa menjadi obyek wisata berbasis alam di dalam kota.

 

Belajar dari San Antonio

Wisata sungai di San Antonio River Walk dengan konsep yang kuat dan menyenangkan. (rubic)

 

Wisata sungai Kali Mas yang maju akan berdampak ekonomis bagi warga kota. Beberapa cabang lapangan pekerjaan akan hadir dan bisa dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan.

Tentang konsep wisata air di Surabaya memang perlu banyak belajar. Mungkin bisa belajar dari kesuksesan konsep wisata sungai di San Antonio River Walk, TX 78205, Amerika Serikat ini. Wisata sungai ini sudah jadi dan sangat komprehensif. Siapapun akan decak kagum. Di sana tidak hanya bersih, namun semua unsur yang dibutuhkan sebagai tempat wisata ada. Pengunjung dibuat betah dan ingin kembali lagi.

Di tempat wisata di Texas ini, air telah menjadi jalur kehidupan bagi banyak generasi selama berabad-abad lalu. Sungai San Antonio adalah sumber Treasure Texas Selatan, The San Antonio River Walk. Pengembangan San Antonio dan atraksi pariwisata yang sangat populer ini tidak dating tiba-tiba, tetapi terus dilakukan pengembangan sejak ratusan tahun lalu.

Di San Antonio River Walk, meski letaknya di Amerika, namun ketika pengunjung memasukki wilayah tersebut, suasana langsung menjadi berbeda. Konsep yang ditawarkan adalah wisata urban plus refleksi sejarah di benua Eropa. Ada bangunan-bangunan kuno yang tertata apik, kafe-kafe dengan masakan Eropa, serta lampu-lampu temaram yang membuat atmosfer di sepanjang Sungai San Antonio semakin mendebarkan. Di sepanjang sungai yang bersih sepanjang 2,5 mil ini, perahu wisata hilir mudik melayani wisatawan untuk menyusuri sungai, menikmati pemandangan di sepanjang sungai.

Mewujudkan Surabaya sebagai kota destinasi wisata sungai bukanlah sesuatu yang mustahil. Yang paling utama adalah menentukan konsepnya, lalu mulai membangunnya, dan terus mengembangkannya. Tanpa keberanian untuk memulai, semua impian dan keinginan hanyalah menjadi debu-debu yang betebaran di angkasa. –sa

 

Avatar photo
/ Published posts: 788

Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

One comment on “Menata Konsep Wisata Sungai di Kota Surabaya
    Edi Poerwanto Soetardjan

    Kali Mas bisa untuk wisata edukasi generasi muda sekarang…untuk tetap menjaga kebersihan dan keasriannya

Leave a Reply