Agar tubuh tetap sehat, benarkah kita butuh minum air putih delapan gelas per hari?

 

Air putih masih menjadi bagian utama dari kehidupan dan kesehatan manusia. Banyak mitos yang berkembang tentang harus minum delapan gelas per hari. Faktanya ilmiahnya bagaimana? (surabayastory.com)

Surabayastory.com – Tubuh kita sebagian besar terdiri dari cairan. Jika kehilangan cairan sebanyak 2% saja, berakibat pandangan kurang jelas dan otak yang kurang fokus. Tak heran banyak diantara kita selalu membawa sebotol air saat berpergian. Namun, meskipun air ada di sekitar kita, tak banyak orang yang paham betul bagaimana mengkonsumsi air. Ada banyak mitos dan fakta dalam keseharian tentang air.

Selama ini banyak orang mengira jika air putih hanya berguna untuk melepas dahaga tanpa melihat fakta dan mitos yang berkembang. Banyak hal yang tersebar tentang air mineral, atau yang biasa kita sebut dengan air putih ini. Ungkapan yang sering kita dengan adalah, minumlah air delapan gelas perhari agar sehat. Tetapi lebih dalam lagi, kita perlu tahu, banyak mitos dan fakta yang kontradiktif dalam minum air sehari-hari. Apa benar minum air sebelum makan bisa membuat kita kurus? Benarkah dengan minum delapan gelas air per hari membuat kita terbebas dari semua penyakit? Benarkah minum air sebelum tidut membuat tidur lebih nyenyak?

Stanley Goldfarb serta Dan Negoianu dari The Renal, dari Divisi Elektrolit dan Hipertensi dari Pennsylvania University, Philadelphia mengadakan tinjauan beberapa studi klinis yang sudah dipublikasikan dari keuntungan meminum banyak air putih setiap hari dan menemukan bahwa tidak banyak bukti yang mendukung teori ini. Studi ilmiah ini akan dipublikasikan pada Journal of the American Society of Nephrology dan mungkin menyingkirkan banyaknya mitos mengenai air. Apakah orang sakit karena mereka kurang minum, atau apakah mereka kurang minum karena mereka sakit?

Banyak sekali mitos-mitos yang berkembang seputar air putih. Kadang kita tak tau apakah itu hanya sekedar mitos, atau merupakan fakta.  Nah, berikut beberapa penjelasan tentang mitos dan fakta seputar air putih:

Delapan Gelas per Hari Bukan Ukuran
Selama ini kita sering mendengar “minumlah delapan gelas perhari agar tubuh sehat”. Seperti yang dijelaskan di awal tentang kebutuhan air untuk tubuh, jumlah asupan air tiap individu berbeda-beda.

Kita harus minum 8 gelas air putih sehari untuk menghindari dehidrasi. Ini mungkin merupakan salah satu hal kurang tepat yang paling dipercaya tentang konsumsi air. Tips itu tentunya banyak dilontarkan banyak produsen minuman air kemasan. Memang benar, tubuh kita memerlukan cukup air setiap hari. Menurut British Dietetic Association, sebagian besar dari kita membutuhkan setara sekitar enam sampai delapan gelas cairan sehari. Ingat cairan bukan hanya air. Cairan juga bisa diperoleh dari makanan yang kita makan. Misalkan saja buah dan sayur yang 80-90 persennya terdiri dari cairan. Belum minuman lain seperti susu, teh, dan kopi. Terlebih dalam suhu panas yang menyebabkan keringat, kita perlu asupan kita untuk menebus cairan yang keluar. Tubuh kita juga mampu dengan sangat baik mengatur kadar air. Tubuh akan menyingkirkan kelebihan air melalui keringat dan urine dan ketika kekuarangan, kita pun akan merasa haus.

Ukuran delapan gelas perhari itu tidak dapat dijadikan standar tentang jumlah asupan air yang diperlukan bagi tubuh. Standar asupan air putih di setiap negara pun berbeda-beda. Namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri menganjurkan minum air 1.500 ml perhari.  Jumlah asupan air ini berbeda-beda setiap orang. Jumlah kebutuhan air minum orang dewasa, lansia, anak-anak, dan bayi berbeda-beda. Jumlah kebutuhan air minum orang gemuk dan kurus berbeda. Jumlah kebutuhan air minum juga dipengaruhi kegiatan dan keadaan tempat tinggal setiap individu. Jika kegiatan semakin banyak, maka jumlah air putih yang dibutuhkan juga akan meningkat.
Kebutuhan air perhari ditentukan oleh ukuran dan kadar kimiawi dalam tubuh. Untuk mengetahui berapa banyak air yang harus anda minum, timbang berat badan anda tiap pagi selama seminggu. Setelah mengetahui berat badan rata-rata kita, pilih satu hari di mana Anda minum delapan gelas sehari.

Bila keesokan paginya berat Anda berkurang, walaupun hanya setengah kilogram berarti Anda membutuhkan lebih dari delapan gelas. Gantikan berat yang hilang karena dehidrasi dengan minum jus buah di pagi hari hingga berat kembali normal.

Mitos atau Fakta

Dari hal-hal tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa pernyataan “minum delapan gelas per hari untuk membuat tubuh sehat” hanyalah mitos. Tetapi minum air dalam jumlah yang cukup dianjurkan untuk membantu daya kerja ginjal.
Untuk mendeteksi apakah kita telah cukup minum, kita hanya perlu melihat warna air seni.
Pemimpin penelitian hidrasi dari Universitas Connecticut, Douglas Casa mengatakan, jika air seni tidak berwarna atau berwarna kuning muda seperti cairan lemon, artinya kita memiliki kandungan air yang cukup dalam tubuh. Jika berwarna keruh dan lebih gelap, berarti ginjal kita sedang bekerja keras untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh karena kekurangan air untuk melarutkan racun-racun hasil metabolisme itu. Ini menandakan kita harus segera minum untuk mencegah dehidrasi dan menjaga agar ginjal tidak mengalami kerusakan akibat terlalu kerasnya bekerja.

Beberapa orang tua akan mengatakan minum jika haus. Nyatanya pekerjaan sehari-hari dan olahraga dapat membuat kadar air berkurang dari tubuh secara drastis. Akibatnya otak tak dapat merespon dengan cepat bila tubuh sudah kekurangan air, Anda pun dehidrasi dan otak belum mengirimkan signal haus.

Caranya adalah minum 600 ml atau sebotol air sejam sebelum beraktifitas terutama berolahraga. Diperlukan 60 menit atau sejam agar air mengalir ke seluruh otot dan mengurangi kemungkinan Anda dehidrasi.

Untuk mendukung fakta ini, dua ahli ginjal Kidney Health Australia Drinking Water, melakukan penelitian untuk meluruskan mitos-mitos mengenai air. Dan mereka tidak menemukan alasan rational dari kepercayaan yang sudah memasyarakat mengenai pentingnya minum air delapan gelas sehari, dan tidak pasti dari mana rekomendasi ini ada.

Memang sudah diketahui bahwa manusia tidak dapat hidup beberapa hari tanpa air minum, karena akan menyebabkan dehidrasi, tetapi tidak ada bukti nyata yang menyebutkan minum delapan gelas satu hari itu menyehatkan. –vit

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)