Kita tinggal di mana di jagad raya ini? Sudah kenal dengan galaksi tempat manusia tinggal? Ayo belajar mengenal galaksi di jagad raya ini.

 

Galaksi Bimasakti tempat di mana manusia tinggal saat ini. Galaksi yang lain? Mari kita belajar. (ist)

Apa sih galaksi itu?

Miliaran bintang, debu dan gas berkumpul dalam satu sistem besar bernama galaksi. Seluruh benda langit dalam sebuah galaksi mengelilingi pusat galaksi. Diameter galaksi berbeda-beda, ada yang ribuan tahun cahaya dan ada yang mencapai ratusan ribu tahun cahaya. Di alam semesta sendiri diperkirakan ada ratusan trilyun galaksi. Ada bermacam-macam bentuk, ukuran dan kecerlangan galaksi. Bentuk galaksi dibagi ke dalam tiga utama: spiral, elips dan iregular (tak beraturan). Galaksi tempat kita berada, Bima Sakti, berbentuk spiral.

Apa sih galaksi spiral itu?

Galaksi spiral memiliki beberapa lengan berbentuk melengkung seperti spiral. Bintang, gas dan debu berkumpul di masing-masing lengan itu. Gas dan debu berlimpah dalam galaksi spiral, dengan demikian banyak bintang baru yang terbentuk. Bintang muda dan panas yang banyak terdapat dalam galaksi spiral, menyebabkan galaksi spiral tampak lebih terang dibandingkan galakasi berbentuk lain di alam semesta. Sekitar 20% galaksi merupakan galaksi spiral, termasuk galaksi tempat kita tinggal.

Apa sih galaksi elips itu?

Galaksi spiral berbentuk seperti telur yang lonjong. Bentuk kelonjongan sendiri bermacam-macam, ada yang hampir menyerupai lingkaran, namun ada yang sangat lonjong. Galaksi elips sebagian besar terdiri dari bintang berumur tua, tidak terlalu banyak gas dan debu di dalamnya. Ukurannya bermacam-macam. Galaksi terbesar yang bisa diamati berbentuk galaksi elips, namun ada juga galaksi elips yang berukuran cukup kecil. Sekitar 60% galaksi merupakan galaksi elips.

Apa sih galaksi iregular itu?

Tidak ada bentuk tertentu untuk kelompok galaksi iregular. Bentuknya bisa bermacam-macam tanpa ada pola yang bisa dikelompokan ke dalam bentuk sama. Galaksi iregular umumnya berupa galaksi berukuran kecil dan dipenuhi oleh gas juga debu. Banyaknya debu dan gas menunjukkan adanya aktivitas pembentukan bintang baru. Meskipun ukurannya kecil, namun kecerlangannya sangat terang. Awan Magelan Kecil dan Awan Magelan Besar merupakan salah satu contoh kelompok galaksi iregular. Galaksi iregular mengisi alam semesta sebanyak 20%.

Apa sih Galaksi Bima Sakti itu?

Galaksi Bima Sakti berbentuk spiral  merupakan tempat Matahari berada. Matahari terletak di salah satu lengan yang bernama lengan Orion. Lebar galaksi Bima Sakti mencapai 120 ribu tahun cahaya, ketebalannya sekitar 10 ribu tahun cahaya. Di tengah-tengah galaksi terdapat semacam tonjolan. Bayangkan bentuk telur ceplok yang memiliki kuning telur di tengahnya. Galaksi Bima Sakti disebut juga galaksi Milky Way dalam bahasa Inggris. Saat langit gelap, kita bisa melihat jalur keputihan yang terang berisi banyak bintang menyerupai jalur susu, sehingga disebut Milky Way. Di dalam galaksi Bima Sakti, diperkirakan terdapat 200 – 400 miliar bintang.

Berapa banyak sih galaksi di alam semesta ini?

Para astronom menduga bahwa ada sekitar miliaran hingga trilyunan galaksi di alam semesta. Jumlah yang pasti tidak pernah diketahui. Perkiraan jumlah galaksi dilakukan dengan cara menghitung galaksi dalam salah satu area yang kecil. Angka yng diperoleh menjadi acuan untuk menghitung secara keseluruhan di alam semesta.

Apakah galaksi juga bergerak?

Seperti juga benda langit lain, galaksi pun bergerak. Gerakan yang dilakukan sama, yaitu gerak rotasi dan gerak berpindah. Sewaktu melakukan gerakan rotasi, bagian yang lebih dekat ke pusat galaksi bergerak lebih cepat dibandingkan bagian yang lebih jauh. Selain itu, galaksi juga bergerak menjauh satu sama lain sesuai dengan mengembangnya alam semesta. Sekumpulan galaksi yang membentuk kelompok bertetangga yang disebut kluster pun bergerak mengelilingi pusat kluster tersebut.

Berapa lama pesawat luar angkasa bisa mencapai galaksi terdekat?

Galaksi terdekat dari Bima Sakti adalah dua galaksi kembar, Awan Magellan Kecil (210 ribu tahun cahaya) dan Awan Magellan Besar (179 ribu tahun cahaya). Galaksi besar terdekat lainnya adalah Andromeda berjarak 2,9 miliar tahun cahaya. Jadi, bisa dibayangkan berapa lama sebuah pesawat menempuh perjalanan yang sangat luar biasa jauh.  –nat

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)