Ini buku langka. Judulnya Philosophiae Naturalis Principia Mathematica (Prinsip-prinsip Matematika dari Filsafat Alami) karya Isaac Newton. Buku ini adalah dasar untuk fisika modern.

Halaman sampul buku ilmiah karya Isaac Newton yang ditulis tahun 1687. (LiveScience)

Surabayastory.com – Sebuah buku yang sangat lama dicari akhirnya ditemukan. Buku ini adalah edisi pertama yang sangat langka. Buku tersebut berjudul Philosophiae Naturalis Principia Mathematica (Prinsip Matematika dari Filsafat Alam), karya Isaac Newton. Buku tersebut tertulis dalam bahasa Latin pada tahun 1687. Edisi pertama Principia Mathematica ini secara tak sengaja ditemukan di perpustakaan di pulau Mediterania, Corsica, Spanyol. Dalam sejarahnya, perpustakaan di Corsica ini didirikan oleh Lucien Bonaparte, salah satu saudara Napoleon Bonaparte .

Mengapa buku ini sangat penting, selain langka juga menyajikan pemikiran inovatif Isaac Newton tentang tiga hukum gerak, teks yang membangun fondasi untuk fisika modern.

Vannina Schirinsky-Schikhmatoff, direktur konservasi di perpustakaan warisan publik Fesch di Ajaccio, ibu kota Corsica, mengetahui keberadaan buku itu sambil membaca indeks perpustakaan dari Lucien Bonaparte sendiri.

“Saya menemukan karya langka ini di ruang utama, tersembunyi di rak-rak atas,” katanya kepada Agence France-Presse (AFP). “Penutup memiliki sedikit kerusakan tetapi di dalamnya dalam kondisi sangat baik. Ini adalah landasan matematika modern.”

Apel Jatuh ke Kepala

Seperti yang sudah banyak disebutkan, penyelidikan Newton terhadap hukum gravitasi dan gerak dimulai ketika sebuah apel jatuh menghantam kepalanya di Grantham, Inggris. Sementara kebenaran kisah itu dipertanyakan, para sejarawan tahu bahwa Newton memiliki periode yang sangat bermanfaat selama tahun-tahun mahasiswanya di Universitas Cambridge. Wabah hitam telah menyebabkan penutupan universitas selama hampir dua tahun, dari 1665 hingga akhir 1666, sehingga Newton menghabiskan waktu di rumah dan mendalami matematika , fisika dan optik.

Seperti yang dilaporkan Live Science, dalam bukunya Principia, Newton merinci tiga hukum gerak, yang meliputi suatu objek akan tetap dalam keadaan inersia kecuali ditindaklanjuti dengan paksa; hubungan antara akselerasi dan gaya yang diterapkan adalah F = m.a; dan untuk setiap tindakan ada reaksi yang sama dan berlawanan.

Edisi pertama “Principia Mathematica” yang langka ini sangat diburu kolektor. Di tahun 2016, edisi Latin lain dari karya semacam ini di lelang di Christie’s di New York, terjual seharga 3,7 juta dollar AS (sekitar Rp 51,8 miliar) kepada pembeli yang dirahasiakan. Dan buku itu adalah buku ilmiah cetak termahal yang pernah dijual di lelang.

Buku ilmiah Isaac Newtoon yang baru ditemukan ini diperkirakan akan terjual jauh lebih mahal kalau dilelang. Tetapi belum dipastikan apakah buku ini akan dijual.

Perpustakaan yang didirikan keluarga Napoleon juga disebutkan masih menyimpan sekitar 50.000 buku langka yang menjadi dasar dari pengetahuan modern yang berkembang saat ini. –sa

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)