Kata-kata Sigmund Freud seakan mantra. Selalu ditunggu, direkam, lalu didiskusikan.

Proses Sigmund Freud ketika merekam suaranya untuk BBC, 1938. (Freud Museum)

Surabayastory.com – Nama Sigmund Freud terus menghiasi berbagai media, bacaan, serta kolom diskusi di segala ruang hingga saat ini. Sebagai tokoh psikoanalisis dunia, mengungkap Freud adalah hal mengasyikkan. Terutama bagi para pembelajar tentang manusia, kehidupan, psikologi, hingga analisis pikiran.

Cerita kali ini akan menyuguhkan tentang kata Freud yang belum banyak terungkap. Ini adalah kata-kata Sigmund Freud, yang mirip seperti pidato, yang direkam untuk BBC di tahun 1938. Sigmund Freud hanya sedikit sekali merekam suaranya. Dan ini adalah salah satu dari sedikit rekaman yang pernah dibuat tentang suaranya.

Dari situs resmi Sigmund Freud, cerita bermula dari Anna Freud yang pertama kali dihubungi oleh eksekutif program perekaman BBC pada November 1938. Mereka menulis surat kepadanya untuk meminta bantuannya dalam membuat janji untuk merekam suara Freud. Karena Freud sudah sangat tua dan sakit, mereka tidak meminta siaran langsung kepada masyarakat umum. Sebaliknya, mereka bertanya apakah dia tertarik untuk merekam suaranya untuk arsip mereka.

Rekaman itu dibuat pada bulan berikutnya dalam studi tentang rumah Freud di London. Freud telah menulis sendiri skrip pendek untuk dibaca:

Saya memulai aktivitas profesional saya sebagai ahli saraf, mencoba meringankan pasien neurotik saya. Di bawah pengaruh seorang teman yang lebih tua dan dengan usaha saya sendiri, saya menemukan beberapa fakta baru dan penting tentang ketidaksadaran dalam kehidupan psikis, peran dorongan insting dan sebagainya.

Dari temuan ini tumbuh ilmu baru, Psiko-analisis, bagian dari psikologi dan metode baru pengobatan neurosis.

Saya harus membayar mahal untuk sedikit keberuntungan ini. Orang-orang tidak mempercayai fakta saya dan menganggap teori saya tidak menyenangkan. Perlawanan kuat dan tak henti-hentinya. Pada akhirnya saya berhasil memperoleh murid dan membangun Asosiasi Psiko-Analitik internasional.

Namun perjuangan belum berakhir.

Kata-kata ini bisa dibaca sangat singkat. Namun terasa panjang bagi Freud yang saat itu tengah sakit tua. Freud meninggal satu tahun kemudian.

Ini adalah teks tertulis yang dibaca Freud. Ketika dibacakan ada beberapa perbedaan kecil dengan yang ditulisnya. Rekaman suara ini disimpan di bagian arsip sejarah BBC dan salinannya diminta oleh Anna Freud. Sepanjang hidupnya, Sigmund Freud hanya sedikit sekali rekaman suara yang dilakukannya, karena ia tidak tertarik untuk mendengar suaranya sendiri. –sa

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)