Ginjal punya fungsi yang sangat penting dalam tubuh manusia. Mengapa kita sering melupakan dan tak merawatnya?

Ginjal mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia. (cancer.net)

Surabayastory.com – Letak ginjal berada di bagian rongga perut menempel pada ruas tulang belakang. Ginjal sangatlah sibuk menyaring darah. Darah yang beredar di dalam tubuh manusia sekitar 1-1,5 galon banyaknya, dan setiap hari ginjal menyaring darah sebanyak itu hingga 400 kali! Di dalam ginjal terdapat sel penyaring bernama nefron yang banyaknya sekitar 1 juta buah.

Rasa haus yang kita alami juga merupakan permintaan dari ginjal. Ginjal memang mengatur kesetimbangan cairan dan mineral di dalam tubuh. Saat tubuh menderita kekurangan cairan, ginjal memberi tahu otak supaya otak memerintahkan kita untuk minum. Cairan yang masuk ke dalam tubuh kita mempengaruhi warna air kencing. Jika terlalu sedikit yang masuk, air kencing tampak berwarna lebih gelap.

Kegunaan ginjal yang penting lainnya adalah menghasilkan hormon yang dapat memerintahkan tubuh untuk menghasilkan sel darah merah. Sel darah merah berguna untuk mengangkut oksigen ke tubuh kita.

Bisakah manusia hidup dengan satu ginjal?

Umumnya ginjal manusia terdiri dari sepasang. Namun ada orang yang hanya memiliki satu ginjal. Menurut data, satu dari 75 orang memiliki satu ginjal bawaan dari lahir. Umumnya terjadi pada pria, biasanya ginjal kiri yang tidak ada. Ada juga yang memiliki ginjal setelah mengalami operasi ginjal karena penyakit.

Satu ginjal memiliki ukuran dan berat lebih besar dibanding ginjal sepasang. Akibat sampingannya, lebih mudah mengalami cacat atau terkena penyakit. Tugas yang harusnya dikerjakan dua ginjal, jadi ditanggungoleh satu ginjal. Pemilik ginjal tunggal sebaiknya menjaga diri dari aktiviats berlebihan seperti olahraga tinju, sepakbola, rodeo, dan gulat. Namun, secara umum orang itu mampu menjalani kehidupan sehat dan normal. Meskipun ada resiko menderita tekanan darah tinggi atau kandungan protein yang tinggi pada urine.

Bagaimana sih kencing diproses di tubuh kita?

Air yang kita minum, sebagian memang dikeluarkan saat kencing. Tapi air kencing bukan hanya terdiri dari air, melainkan sudah bercampur dengan sisa metabolisme di tubuh. Sebelum meninggalkan tubuh, air sudah melewati jalur tersendiri. Jalur itu terdiri dari empat pos utama, yaitu: (1) ginjal, menyaring darah sehingga diperoleh air yang sudah tidak terpakai, (2) ureter, saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih tempat air kencing dialirkan, (3) kandung kemih, semacam kantung tempat penampungan air kencing dan terakhir (4) uretra, saluran yang menjadi tempat pembuangan terakhir air kencing.

Mengapa air kencing beraroma pesing?

Sewaktu darah disaring ginjal, sebagian air dan kandungan lain (protein, glukosa dan nutrisi lainnya) kembali ke aliran darah. Sisanya, yang sudah tidak dipakai tubuh, harus dikeluarkan sebagai urin. Urin terdiri dari air terutama, bercampur dengan bahan-bahan lainnya. (1) Urea adalah sisa dari pemecahan protein. (2) Urokrom, pigmen yang memberi warna darah dan menyebabkan warna kekuningan pada air kencing. (3) Garam-garam mineral yang terbuang. (4) Kreatinin adalah sisa dari peluruhan sel otot. (5) pembuangan cairan empedu dan (6) amoniak. Penyebab aroma pesing air kencing adalah urea dan amoniak. Urea dan amoniak menjadi salah satu bahan pupuk, coba saja cium aromanya pasti mirip dengan bau air kencingmu, bukan? –nat

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)