Pohon Kapuk Randu tak pernah sendu. Selalu menjulang tinggi, diantara semak dan perdu. Jadi singgahan para burung yang bersiul merdu.

Surabayastory.com – Kapuk Randu tak pernah menyerah pada zaman. Selalu memberi ranum yang menyiratkan keteduhan, ketegaran, dan eksotika yang bersahaja. Pohon Kapuk Randu lazim disebut Randu, kapas Jawa yang jadi simbol suci dalam mitologi bangsa Maya di Peru.

Bantang kapuk randu seperti tiang lurus berduri. Daun hijau, bunga berwarna buram, dan berbau harum. Bijinya mengandung minyak dan bulu biji seperti sutera yang dinamai dengan kapuk. Biji berwarna hijau ketika masih muda, menjadi coklat setelah randu tua.

Pohon Randu juga simbol keteguhan, tetap tegar meski banyak duri dan angin kencang mengguncang. Akarnya menyebar lambang kesetaraan, dahannya panjang menjulur memberi keteduhan. Randu adalah simbol ketegaran dan keteguhan hati. Tak gampang patah bila terkoyak, tak gampang menyerah ketika cobaan datang menerpa,.

Kita manusia, selayaknya menitis filosofis pohon Randu, memberi banyak manfaat buat sekitar, tak gampang menyerah, penuh keteguhan hati. *


Naskah & Foto: sandiantoro
Lokasi: Jalan Semarang Surabaya
surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)