Sesuatu yang tersembunyi akan selalu menarik. Apalagi melibatkan penyair legendaris dunia.

Penyair ternama dunia TS Eliot menyimpan surat-surat tersembunyi dan baru dibuka setelah 60 kematiannya. (lithub)

Surabayastory.com – Sesuatu yang tersembunyi baru saja terungkap. Tentang kisah yang sangat menarik untuk ditelisik, sekaligus mengungkap sisi lain penyair legendaris dunia. Dalam sebuah laporan BBC disebutkan, ada sebuah surat yang ditulis oleh TS Eliot pada tahun 1960. Di sana disebutkan bila TS Eliot telah berhubungan dengan seorang wanita selama 26 tahun secara tersembunyi.

TS Eliot adalah seorang penyair, kritikus sastra, dan penulis naskah terkenal. Nama lengkapnya adalah Thomas Stearns Eliot, lahir pada 26 September 1888. Dia adalah salah satu pelopor modernisme, sebuah gerakan dalam seni dan sastra yang populer di Amerika dan Eropa pada paruh pertama abad ke-20.

Karya-karya TS Eliot umunya berupa puisi, yang biasanya menekankan sisi gelap kodrat manusia. Hampir semua tema ini. Awalnya iaa dikenal dengan puisi terobosannya, The Love Song of J. Alfred Prufrock . Dalam perjalanannya, dari atmosfer tekanan mental dan emosional ini muncul puisi Eliot yang paling terkenal, The Waste Land.

Kembali ke surat itu. Eliot mengatakan dia telah jatuh cinta dengan guru drama Emily Hale pada tahun 1912 tetapi setelah menyadari, 35 tahun kemudian, dia tidak benar-benar mencintainya. Eliot menulis ratusan surat kepada Hale ketika dia masih menikah dengan istri pertamanya, Vivienne Haigh-Wood.

Surat-surat yang baru saja dibuka itu, kemudian disegel lagi dan disimpan di Universitas Princeton di New Jersey. Dalam kotak tertutup itu diketahui terdapat 1.131 surat telah disimpan di Princeton selama lebih dari 60 tahun. Kotak tersembunyi ini menjadi bagian dalam koleksi universitas. Ketika pembukaan segel kotak ini, terdapat surat-surat serta dokumen lain yang disimpan di sana. Namun hanya surat-surat kepada Hale yang dipublikasikan.

Hale menyumbangkan kotak dan dokumen ini pada tahun 1956 ke perpustakaan universitas AS dengan syarat mereka tidak dibuka sampai 50 tahun setelah kematian mereka. Hale meninggal pada tahun 1969, empat tahun setelah kematian Eliot pada tahun 1965 pada usia 76 tahun.

Keduanya bertemu di Cambridge, Massachusetts, ketika Eliot menghadiri Harvard. Surat-surat, yang berasal dari antara tahun 1930 dan 1956, diharapkan untuk mengungkapkan rincian intim tentang hubungan mereka dan kehidupan kreatifnya. Namun Eliot tidak ingin surat-surat itu diterbitkan dan memerintahkan surat-surat yang ia terima dari Hale dihancurkan.

Mengapa Eliot dan Hale tak menikah meski cinta mereka begitu dalam? Dalam sebuah surat yang dirilis pada hari Kamis oleh para pelaksananya , Eliot mengatakan Hale “akan membunuh imajinasi penyair dalam dirinya” jika mereka menikah.

“Dalam retrospeksi, penderitaan seperti mimpi buruk selama 17 tahun saya dengan Vivienne. Bagi saya tampaknya lebih berat daripada kesedihan guru filsafat yang biasa-biasa saja yang akan menjadi alternatif,” tulisnya.

Perkawinannya dengan Vivienne membawa keadaan pikiran yang kacau, katanya, dari mana datang salah satu puisinya yang paling terkenal, The Waste Land. Dia melanjutkan, “Sejak 1947, saya semakin menyadari betapa kecilnya kesamaan Emily Hale dan saya,” yang kemudian menuduhnya “tidak peka dan tidak enak”.

Pernikahan Eliot

“Aku datang untuk melihat bahwa cintaku pada Emily adalah cinta hantu untuk hantu, dan bahwa surat-surat yang kutulis padanya adalah surat-surat lelaki yang berhalusinasi.”

Matthew Hollis, editor puisi Faber, berpikir surat itu menunjukkan perasaan Eliot yang sebenarnya tentang surat-surat yang diterbitkan.

“Saya pikir itu adalah surat dari seorang lelaki yang kesakitan, yang terluka dan jelas merasa bahwa privasinya telah diserang dan dia tampak marah pada invasi itu .. dan reaksinya tajam dan tajam,” katanya kepada koresponden seni BBC, Rebecca Jones.

Eliot menikahi Vivienne Haigh-Wood pada tahun 1915. Serikat itu tidak bahagia dan dia meninggal di rumah sakit jiwa pada tahun 1947. Istri keduanya, Valerie Eliot, meninggal pada 2012, setelah menjaga warisan sastra suaminya selama lebih dari 40 tahun. –sa

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)