Bagaimana cara kerja mesin ATM? Mesin ini bisa menyimpan dan mengeluarkan uang sesuai keinginan nasabah dengan cepat dan tepat.

Surabayastory.com – Masihkah Anda datang ke kasir bank untuk menabung atau menarik tunai uang? Bila dalam jumlah besar, sangat mungkin terjadi, karena umumnya kartu ATM nasabah Indonesia transaksi dibatasi Rp 10 juta perhari. Kalau jauh di bawah itu, apa masih perlu ke kasir? Kalau ya, berarti Anda sudah ketinggalan zaman lebih dari 20 tahun. Karena sekarang bukan lagi perlu ke kasir, tetapi sudah ke mesin ATM tanpa kartu! Atau bertransaksi cukup pakai smartphone tanpa beranjak dari tempat duduk.

Berapa kali dalam sehari Anda menggunakan mesin ATM? ATM sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia modern. ATM adalah singkatan dari Automatic Teller Machine. Artinya mesin kasir otomatis. Agar sesuai dengan singkatannya, kemudian diterjemahkan menjadi Anjungan Tunai Mandiri.

Mesin ATM ditemukan oleh John Shepherd-Barron pada tahun 1960. ATM adalah mesin perbankan otomatis yang memungkinkan nasabah menyelesaikan transaksi dasar tanpa bantuan dari perwakilan bank. Ada dua jenis Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Yang dasar memungkinkan nasabah untuk menarik uang tunai dan menerima laporan saldo akun. Satu lagi adalah mesin yang lebih kompleks yang menerima setoran, menyediakan fasilitas pembayaran kartu kredit dan melaporkan informasi akun.

ATM ini adalah perangkat elektronik yang hanya digunakan oleh nasabah bank untuk memproses transaksi rekening. Pengguna mengakses akun mereka melalui kartu plastik (kartu ATM) jenis khusus yang dikodekan dengan informasi pengguna pada strip magnetik. Strip berisi kode identifikasi yang dikirimkan ke komputer pusat bank dengan modem. Dan yang terbaru, kartu ATM diharuskan sudah memakai teknologi chips. Pengguna memasukkan kartu ke dalam ATM untuk mengakses akun dan memproses transaksi akun mereka.

Keuntungan dari ATM

  • Menyediakan layanan 24 jam
  • Memberikan privasi dalam komunikasi perbankan
  • Mengurangi beban kerja staf bank
  • Memberikan catatan mata uang baru kepada pelanggan
  • ATM memberikan kenyaman untuk nasabah bank
  • Sangat bermanfaat bagi para pelancong
  • ATM memberikan layanan cepat dan tepat

Fitur ATM

  • Transfer dana antar rekening bank atau bank lain
  • Mengecek saldo
  • Mencetak daftar transaksi terbaru
  • Ubah pin Anda
  • Setor uang tunai
  • Isi ulang ponsel prabayar
  • Pembayaran tagihan
  • Tarik tunai
  • Fitur dalam bahasa Indonesia atau Inggris

Diagram Blok Mesin ATM

Diagram Blok Mesin ATM (elprocus)

Mesin ATM terdiri dari dua perangkat input dan empat perangkat output yang;

Perangkat input terdiri dari:

  • Pembaca kartu
  • Papan tombol

Perangkat output terdiri dari:

  • Suara pembicara lewat speaker
  • Tampilan Layar
  • Printer Penerimaan
  • Slot keluar-masuk uang

Perangkat masukan:

Pembaca kartu:

Pembaca kartu adalah perangkat input yang membaca data dari kartu. Pembaca kartu adalah bagian dari identifikasi nomor rekening khusus Anda dan strip magnetik di bagian belakang kartu ATM digunakan untuk koneksi dengan pembaca kartu. Kartu digesekkan atau ditekan pada pembaca kartu yang menangkap informasi akun Anda yaitu data dari kartu diteruskan pada prosesor host (server). Prosesor host dengan demikian menggunakan data ini untuk mendapatkan informasi dari pemegang kartu.

Papan tombol:

Kartu dikenali setelah mesin menanyakan rincian lebih lanjut seperti nomor identifikasi, penarikan, dan pertanyaan saldo Anda. Setiap kartu memiliki PIN unik sehingga ada sedikit peluang bagi orang lain untuk menarik uang dari akun Anda. Ada undang-undang terpisah untuk melindungi kode PIN saat mengirimnya ke prosesor host. PIN sebagian besar dikirim dalam bentuk terenkripsi. Keyboard berisi 48 tombol dan dihubungkan ke prosesor.

Perangkat Keluaran:

Pembicara:

Speaker memberikan umpan balik audio ketika tombol tertentu ditekan.

Tampilan layar:

Layar tampilan menampilkan informasi transaksi. Setiap langkah penarikan ditunjukkan oleh layar tampilan. Layar CRT atau layar LCD digunakan oleh sebagian besar ATM.

Printer Penerimaan:

Printer tanda terima mencetak semua detail yang mencatat penarikan Anda, tanggal dan waktu, dan jumlah penarikan dan juga menunjukkan saldo akun Anda dalam tanda terima.

Dispenser Uang Tunai:

Mesin ATM tunai adalah jantung dari ATM. Ini adalah sistem sentral ATM dari mana uang yang dibutuhkan diperoleh. Dari bagian ini, pengguna dapat mengumpulkan uang. Mesin ATM tunai harus menghitung setiap tagihan dan memberikan jumlah yang diperlukan. Jika dalam beberapa kasus uang dilipat, maka akan dipindahkan ke bagian lain dan menjadi bit tolak. Semua tindakan ini dilakukan oleh sensor presisi tinggi. Catatan lengkap dari setiap transaksi disimpan oleh ATM dengan bantuan perangkat RTC.

Jaringan ATM:

Jaringan mesin ATM (elprocus)

Penyedia layanan internet (ISP) juga memainkan peran penting dalam ATM. Ini menyediakan komunikasi antara ATM dan prosesor host. Ketika transaksi dilakukan, detailnya dimasukkan oleh pemegang kartu. Informasi ini diteruskan ke prosesor host oleh ATM. Prosesor host memeriksa rincian ini dengan bank yang berwenang. Jika detailnya cocok, prosesor host mengirimkan kode persetujuan ke mesin sehingga uang tunai dapat ditransfer.

2 Jenis Mesin ATM

Sebagian besar prosesor host dapat mendukung mesin leased-line atau dial-up

  • Mesin saluran sewaan
  • Mesin dial-up

Mesin ATM Leased Line: Mesin-mesin leased line terhubung langsung ke prosesor host melalui saluran telepon empat-ke-satu. Jenis mesin ini lebih disukai di tempat. Biaya pengoperasian mesin ini sangat tinggi.

Mesin ATM Dial-Up: ATM dial-up terhubung ke prosesor host melalui saluran telepon normal menggunakan modem. Ini memerlukan koneksi normal dan biaya pemasangan awal sangat kecil. Biaya pengoperasian mesin ini rendah dibandingkan dengan mesin leased line.

Keamanan ATM:

Kartu ATM dijamin dengan PIN yang dirahasiakan. Tidak ada cara untuk mendapatkan PIN dari kartu Anda. Itu dienkripsi oleh perangkat lunak yang kuat seperti Triple data Encryption Slandered.

Prinsip Kerja Mesin Teller Otomatis:

Diagram sistem kerja dan sirkuit mesin ATM (elprocus)

Mesin teller otomatis hanyalah terminal data dengan dua input dan empat perangkat output. Perangkat-perangkat ini dihubungkan dengan prosesor. Prosesor adalah jantung dari ATM. Semua ATM yang bekerja di seluruh dunia didasarkan pada sistem database terpusat . ATM harus terhubung dan berkomunikasi dengan prosesor host (server). Prosesor host berkomunikasi dengan penyedia layanan internet (ISP). Ini adalah gateway melalui semua jaringan ATM yang tersedia untuk pemegang kartu.

Arsitektur Teller Machine Otomatis

Arsitektur sistem kerja mesin ATM (elprocus)

Ketika seorang pemegang kartu ingin melakukan transaksi ATM, pengguna memberikan informasi yang diperlukan melalui pembaca kartu dan keypad. ATM meneruskan informasi ini ke prosesor host. Prosesor host memasukkan permintaan transaksi ke bank pemegang kartu. Jika pemegang kartu meminta uang tunai, prosesor host mengambil uang tunai dari akun pemegang kartu. Setelah dana ditransfer dari rekening pelanggan ke rekening bank prosesor host, prosesor mengirimkan kode persetujuan ke ATM dan mesin yang berwenang untuk mengeluarkan uang tunai. Ini adalah cara untuk mendapatkan jumlah di ATM. Jaringan ATM sepenuhnya didasarkan pada lingkungan basis data terpusat. Ini akan membuat hidup lebih mudah dan mengamankan uang tunai.

Sekarang Anda sudah mendapat gambaran jelas tentang bagaimana ATM bekerja. Jadi, di balik kemudahan penggunaan ATM, ada sistem yang panjang untuk merealisasikannya. –sa

Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)