Jalan Tunjungan, Jalan Pandegiling, dan Jalan Raya Darmo Surabaya ditutup seminggu di malam hari.

Jalan Pandegiling tampak selalu ramai dengan aktivitas masyarakat Surabaya. (sa)

Surabayastory.com – Mulai hari ini (3/7/2020) hingga satu minggu ke depan, Jalan Tunjungan, Jalan Pandegiling, dan Jalan Raya Darmo Surabaya tak bisa dilewati. Ketiga ruas jalan yang ramai itu tertutup untuk lalu lintas dan segala aktivitas.

Penutupan ini berkaitan dengan pengendalian virus corona yang ditarget presiden RI bisa selesai dalam dua pekan ke depan. Pembatasan jarak dan pergerakan (physical distancing)  itu dilakukan karena dipantau banyak warga yang berkumpul di tiga wilayah itu. Pengosongan tiga ruas jalan ini untuk meminimalkan aktivitas warga di masa pandemi.

Tiga wilayah ini sebelumnya juga pernah dilakukan hal yang sama. Kala itu (Maret 2020), penutupan terbatas dengan alasan physical distancing di Jalan Tunjungan dan Jalan Raya Darmo berlaku pukul 10.00-14.00 dan 19.00-23.00 WIB. Kecuali hari libur atau weekend  (malam Sabtu dan malam Minggu) mulai pukul 19.00 sampai pukul 06.00 WIB.

Kemudian wilayah penutupan ditambah dengan jalan Pandegiling yang sangat ramai dan padat dengan aktivitas masyarakat. Ruas jalan yang akan ditutup yaitu mulai simpang empat Apotek Kimia Farma (perempatan Raya Darmo-Pandegiling) hingga simpang tiga Jalan Imam Bonjol. Dengan aturan baru ini Satlantas Polrestabes Surabaya akan membatasi semua kendaraan yang masuk baik dari arah Jalan Pasar Kembang maupun Jalan Urip Sumoharjo. Pembatasan dilakukan pada pukul 10.00-13.00 dan 19.00-22.00.

Penggeseran ini dilakukan setelah melakukan analisa lingkungan dan efektivitas. Pembatasan akses Jalan Pandegiling karena kawasan itu tergolong padat lalu lintas dan aktivitas. Karena itu, masyarakat yang tidak punya kepentingan diminta tidak melintas di Pandegiling. Sementara penghuni yang memang tinggal di Pandegiling dan sekitarnya tetap bisa masuk. Sebagai filternya akan dipakai titik pengecekan (check point) di dua titik untuk akses Jalan Pandegiling.

Beberapa jalan akses menuju Jalan Pendegiling juga ditutup. Diantaranya Jalan Teuku Umar dan Jalan Sam Ratulangi. Masyarakat yang hendak melintas bisa masuk ke jalan tersebut bisa masuk melalui dua titik pos pengecekan.

Kali ini, dengan kembali diterapkannya pembatasan gerak di Jalan Tunjungan, Jalan Pandegiling, dan Jalan Raya Darmo, diharapkan angka penularan bisa ditekan secara masif. –sa

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)