Kebun Binatang Surabaya adalah salah satu tempat wisata kota yang tak pernah sepi.

Kebun Binatang Surabaya (KBS) rencana akan buka kembali Juli 2020 dengan sejumlah aturan baru. (surabayazoo)

Surabayastory.com –  Tempat wisata saat ini jadi tempat yang banyak dicari warga setelah lebih dari empat bulan di rumah. Bagi warga kota, tempat wisata di kota adalah pilihan paling mudah untuk melepaskan penat dan jengah. Tak perlu jauh ke Batu atau Malang yang jadi favorit bagi warga Surabaya Raya. Biayanya pun murah.

Salah satu tempat wisata kota yang punya pengunjung fanatik adalah Kebun Binatang Surabaya (KBS). Tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Lihat saja, setiap hari selalu saja ramai. Bahkan di hari libur, pengunjungnya sering tak tertampung. Tempat parkir juga sampai mengular di luar lahan. Dan puncaknya adalah kala libur Hari Idul Fitri. Pengunjungnya membludak, berjubel.

Bagaimana sekarang? Setelah lama tutup, tentu sudah lama ditunggu penggemarnya untuk dibuka kembali. Ada sedikit kabar gembira. KBS rencana akan buka bulan depan (Juli 2020). Tanggalnya belum dipastikan. Dengan kondisi kesehatan yang belum sepenuhnya normal, pengelola KBS tengah siap-siap dengan protokol kesehatan dan sejumlah ketentuan lain untuk wisatawan yang berkunjung.

Saah satu yang disiapkan adalah infrastruktur untuk aturan baru, mulai dari alur kedatangan pengunjung di loket pembelian tiket, alur jalan di lingkungan KBS, hingga jalur keluar kebun binatang. Ditata sedemikian rupa agar tidak terjadi kerumunan/ penumpukan pengunjung. Penjualan tiket via online juga tengah dijajaki. Juga diatur agar tak terjali saling silang arah jalan pengunjung. Sejumlah tempat mencuci tangan lengkap dengan sabun dan air mengalir juga disiapkan di banyak tempat.

Di gerbang masuk, setiap pengunjung juga akan diperiksa suhu tubuh. Bagi mereka yang temperatur tubuhnya di atas 37,5 derajat Celcius dilarang masuk. Begitu juga dengan bayi dan orang yang berusia di atas 60 tahun. Pengelola KBS berusaha memenuhi semua standar yang disyaratkan.

Warga kota Surabaya, siap-siap yang ingin kembali berkunjung ke KBS. –sa

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)