Juergen Klopp mengubah orang yang ragu menjadi percaya. Liverpool harus menunggu lebih lama untuk juara. Kekalahan 1-2 dari Crystal Palace pada November 2015, jadi titik balik perubahan.

 

Juergen Klopp membuat perubahan demi perubahan bagi Liverpool. Gelar juara yang disandang sekarang adalah buah dari harapan dan keyakinan. (cnn)

Surabayastory.com – Bagaimana menjadi juara, adalah sebuah proses panjang. Tak ada yang didapat diperoleh dengan berpangku tangan. Lagi-lagi lewat sebuah proses. Hasil utuh yang didapat adalah wujud dari sebuah proses.

Liverpool yang menjadi juara Liga Premier Inggris musim ini, juga melewati proses yang panjang. Transformasi Liverpool sangat luar biasa. Beberapa orang berpikir bahwa klub yang punya basis supporter fanatik, pernah Berjaya di tanah Eropa. Kemudian tenggelam, dan butuh waktu lama untuk kembali memakai mahkota. Puluhan tahun kekecewaan dan harapan palsu telah menurunkan harapan para pemainnya. Bahkan optimis pun menjadi skeptis. Di saat itulah Jurgen Klopp masuk mengambil alih, di posisi terdesak dan tanpa harapan.

Klopp juga terantuk-antuk di awal musim. Hingga ia menemukan titik balik untuk menguatkan skuadnya. Seperti yang dilaporkan FourFourTwo, Jurgen Klopp percaya kekalahan Liverpool 1-2 dari Crystal Palace pada November 2015 adalah titik balik dalam masa jabatannya di klub. Gol dari Yannick Bolasie dan Scott Dann memberikan kekalahan pada Klopp untuk pertama kalinya sebagai bos Liverpool .

Pelatih asal Jerman, yang mengambil alih bulan sebelumnya, bereaksi buruk terhadap kebalikannya melawan tim Sam Allardyce dan memarahi para pendukung karena pergi lebih awal. Klopp kemudian mulai meningkatkan skuadnya pada musim panas berikutnya dan Liverpool sekarang berada di ambang mengamankan gelar Liga Premier.

“Empat setengah tahun yang lalu, pada hari itu saya merasa benar-benar sendirian karena begitu banyak orang meninggalkan stadion dan saya pikir penting malam itu untuk membuat pernyataan bahwa segala sesuatunya harus berubah,” kata Klopp.

“Kami harus berubah dan pendukung dapat berubah juga jika mereka ingin membantu. Saya tidak pernah merasa sendirian lagi sejak itu, jujur, dan saya tidak akan merasa sendirian ketika sesuatu yang istimewa akan terjadi kapan pun itu akan terjadi,” tambahnya.

Juergen Klopp kini menjadi idola bagi warga Liverpool. (FourFourTwo)

Perubahan yang Dilakukan

Ada bertahun-tahun di “hutan belantara” dan nyaris kehilangan arah, Jurgen Klopp mulai mengubah orang yang ragu menjadi orang percaya.  Itulah kemudian mengubah Liverpool menjadi pemenang gelar. Ketika Klopp bergabung dengan klub pada Oktober 2015, Liverpool berada di urutan ke-10, berjuang untuk mencetak gol dan mengumpulkan 12 poin dari delapan pertandingan. Dalam persaingan ada tim yang lebih kaya, tim yang lebih baik di Premier League. Pikiran memenangkan gelar liga lain tampak aneh.

“Kami harus berubah dari orang yang ragu menjadi orang percaya,” kata Klopp dalam wawancara pertamanya sebagai bos Liverpool. Itu adalah pernyataan yang mengangkat alis, tetapi yang juga memberi energi pada fanbase klub yang sangat besar. Hanya sedikit yang bisa membayangkan, bagaimanapun, kemajuan klub akan dibuat di bawah Jerman yang karismatik.

Setelah itu perubahan yang dilakukan Klopp adalah membangun sistem permainan. Tim tidak dibangun atas dasar pemain mahal, tetapi ia mencari pemain yang cocok dengan strategi permainannya. Ada banyak pemain yang mahal; mencatat biaya untuk kiper dan pemain bertahan, tetapi bahkan sebelum pembelian itu dilakukan, taktik Klopp telah menghasilkan kemajuan. Sekarang, tidak ada tim di negara ini yang bermain dengan intensitas dan energi seperti itu. Ia memiliki pertahanan terbaik di liga, tiga serangkai penyerang hipnotis dan lini tengah yang tak kenal lelah.

Di musim kedua, Klopp sudah memotivasi tim untuk bisa berlaga di Liga Champions. Kecuali musim pertama, ia telah mengarahkan timnya ke Liga Champions, dan akhirnya berhasil mencapai final dua kali.

Langkah perubahan lainnya adalah dengan meningkatkan kemampuan para pemainnya. Hasilnya sangat terlihat. Setiap pemain di bawah asuhannya meningkat pesat. Yang sangat terlihat adalah dari lulusan akademi klub seperti Trent Alexander-Arnold, hingga yang lebih mengejutkan adalah Mo Salah dan Andy Robertson.

Dan, akhirnya, setelah tiga kegagalan di final piala, Liverpool memenangkan trofi pertama di bawah Klopp musim lalu, ketika tim mengalahkan Tottenham di final Liga Champions.

Itu adalah kemenangan yang memperkuat keyakinan para penggemar di tim, meredakan kekhawatiran bahwa ini adalah pasukan yang hampir terdiri dari pria, karena Liverpool juga musim itu nyaris kehilangan gelar dengan satu poin, meskipun mengumpulkan total rekor klub 97 .

Sejak malam musim panas di Madrid, tim telah memenangkan Piala Dunia Klub, Piala Super UEFA, dan sekarang piala yang paling didambakan.

Bahwa Liverpool akan bangkit kembali dari penderitaan musim lalu untuk memenangkan gelar musim berikutnya dengan cara yang kejam adalah kesaksian tim yang dibangun Klopp. Tetapi, seperti yang dikatakan pria itu sendiri, para pemain yang telah ia kumpulkan adalah “monster mentalitas.”

Klopp mendapatkan hak untuk dianggap sebagai manajer terbaik dalam sejarah klub bertingkat ini. Bukan tanpa alasan banyak yang menyamakannya dengan Bill Shankly, mantan manajer yang membangun kembali klub pada 1960-an dan meletakkan dasar untuk apa yang menjadi dinasti sepakbola dalam dua dekade berikutnya.

Klopp selalu tampil santai di luar lapangan, serius ketika timnya bermain. (FourFourTwo)

Hadiah 30 Tahun

Setelah 30 tahun menunggu, Liverpool sekali lagi merupakan tim dominan Inggris. Setelah juara Eropa, kini jadi pemenang Liga Premier Inggris, setelah dipandu ke puncak oleh Klopp, manajer yang suka berteman. Lelaki berkacamata itu luar biasa dengan memberikan hadiah terbaik bagi klub dan warga kota Liverpool. Ia kini menjadi idola.

Seperti yang dilansir edition.cnn, Klopp masuk Liverpool menggantikan Brendan Rodgers sebagai bos Liverpool pada Oktober 2015, tim berada di urutan ke 10 dan telah dikalahkan 0-3 di kandang oleh West Ham United musim itu. Dua puluh lima tahun telah berlalu sejak klub terakhir memenangkan gelar liga dan kejuaraan lain.

Bekas luka hampir memenangkan gelar pada tahun 2014 belum sembuh dan anggota kunci tim itu hilang. Steven Gerrard lalu pindah ke Los Angeles (Liga Amerika), Luis Suarez ke Barcelona (Liga Spanyol).

Tetapi Klopp yang karismatik dengan kepribadian ekstra besar itu menjanjikan perubahan dan mengangkat irama permainan klub. “Kita harus berubah dari orang yang ragu menjadi orang percaya. Sekarang,” adalah kata-katanya yang mencolok dalam wawancara pertamanya sebagai manajer baru klub. Ia memberi pesonanya dan atmosfer positif dengan memberikan harapan para penggemar yang lelah.

Kedatangan Klopp di Liverpool memang dibebani selangit harapan. Ia berhasil membawa Borussia Dortmund (Liga Jerman) ketika klub berada di papan tengah dan terhambat secara finansial, ia telah dua kali membimbing klub meraih gelar Bundesliga, termasuk liga dan piala ganda di musim 2011-12.

Taktik-taktik barunya dengan tekanan tinggi dan terkonsentrasi di seluruh lapangan tidak hanya mengubah Dortmund menjadi pemenang, tetapi juga membuat kagum para pecinta sepakbola di seluruh dunia.

“Ketika dia menandatangani, semua rekan kerja, kita tidak bisa percaya, karena dia lebih besar dari klub pada saat itu, dia lebih besar dan lebih terkenal daripada pemain lain yang kita miliki,” Dan Fieldsend, penulis buku Lokal: klub dan kotanya. Sejarah sosial Liverpool, “kata CNN Sport.

“Kata-katanya sempurna, seperti puisi. Ini adalah kota pemimpi. Jadi, ketika dia [Klopp] mengatakan bahwa tujuan saya adalah membawa Liverpool ke puncak klasemen dalam lima tahun dan untuk memenangkan trofi dalam tiga tahun, itu adalah semua yang ingin kami dengar untuk waktu yang lama. Klopp jauh lebih berpandangan jauh daripada para penggemar pada saat itu. Dewan juga, mereka memiliki visi. Filosofi tidak pernah menerima yang terbaik kedua, kita agak lupa sebagai penggemarnya,” jelasnya.

Terlepas dari hasratnya, kata-katanya dan keberhasilan masa lalunya, tugas ke depan Klopp sangat berat. Tim lawan yang sangat kaya, atau tim dengan bertabur bintang. Kemudian ada juga tanda tanya lanjutan, apakah taktik oktan tinggi Klopp bisa berhasil di liga musim mendatang?

Konsentrasi dan fokus dikatakan Klopp sebagai kunci keberhasilannya. “Saya memberikan segalanya. Saya berharap para pemain saya memberikan segalanya. Lalu kami melihat apa yang kami dapatkan. Itu menciptakan mentalitas tim,” kata Klopp saat wawancara dengan Sky Sports.

Klopp telah diberi waktu dan instingnya untuk berhasil di Anfield, dan para penggemar bersabar karena mereka memiliki keyakinan.

Apa yang Klopp dan timnya capai adalah luar biasa. Dikalahkan sekali saja, Liverpool telah menjadi tim dominan musim ini. The Merseysiders memimpin City di tempat kedua dengan 23 poin dan, pada akhir kampanye, bisa mengumpulkan total rekor 107 poin. Tidak ada tim yang memenangkan gelar dengan tujuh pertandingan tersisa.

Liverpool, sebuah tim yang sebelumnya memenangkan 18 gelar liga tetapi tidak ada sejak 1990, sekarang telah memenangkan Liga Premier Inggris untuk pertama kalinya, membawanya ke dalam satu judul yang menyamai rekor Manchester United dari 20 gelar Liga Utama.

Liverpool adalah klub yang telah menikmati banyak kesuksesan, tetapi tidak ada dalam masa lalunya yang gemilang dibandingkan dengan musim yang luar biasa yang dihasilkan tim luar biasa ini. –sa

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)