Sastra klasik akan selalu punya kualitas, universalitas, dan selalu menarik dibaca di zaman apapun.

Ada beberapa prinsip yang klasik, dalam konteks buku dan sastra. (thoughco)

Surabayastory.com – Definisi karya sastra klasik bisa menjadi topik yang hangat diperdebatkan. Anda mungkin menerima berbagai macam jawaban tergantung pada pengalaman orang yang Anda tanyai tentang topik itu. Namun, ada beberapa prinsip yang klasik, dalam konteks buku dan sastra, semuanya memiliki kesamaan.

Dari kesamaan-kesamaa itu, thoughtco membuat sebuah intisari untuk pemahaman sastra klasik secara universal. Karera klasik yang akan terus menarik dibaca sepanjang zaman. Beberapa kriteria umumnya adalah:

Kualitas Sastra Klasik

Sudah disetujui secara umum, karya klasik adalah karya memenuhi beberapa standar tinggi umum untuk kualitas, daya tarik, umur panjang (timeless), dan pengaruh pada kehidupan manusia.

Mengungkapkan Kualitas Artistik

Sastra klasik adalah ungkapan kehidupan, kebenaran, dan keindahan. Itu harus berkualitas artistik tinggi, setidaknya untuk waktu di mana ia ditulis. Meskipun gaya yang berbeda akan datang dan pergi, klasik dapat dihargai untuk konstruksi dan seni sastra. Ini mungkin bukan buku terlaris hari ini karena mondar-mandir dan tanggal, tetapi Anda dapat belajar darinya dan terinspirasi oleh prosa.

Representasi Sebuah Zaman

Dalam sastra klasik, sebuah karya biasanya dianggap sebagai representasi dari periode di mana ia ditulis —dan itu pantas mendapat pengakuan abadi. Dengan kata lain, jika buku itu diterbitkan di masa lalu, itu bukan buku klasik; sementara istilah “klasik modern” mungkin berlaku untuk buku-buku yang ditulis setelah Perang Dunia II, mereka membutuhkan panjang umur untuk mencapai penunjukan “klasik” yang sederhana. Sebuah buku vintage baru-baru ini yang berkualitas tinggi, mendapat pujian, dan pengaruh membutuhkan beberapa generasi untuk menentukan apakah buku itu pantas disebut klasik.

Memiliki Nilai Universal

Karya sastra hebat menyentuh pembaca sampai ke intinya, sebagian karena mereka mengintegrasikan tema yang dipahami oleh pembaca dari berbagai latar belakang dan tingkat pengalaman. Tema cinta, kebencian, kematian, kehidupan, dan iman, misalnya, menyentuh beberapa respons emosional kita yang paling mendasar. Anda dapat membaca klasik dari Jane Austen dan Miguel de Cervantes Saavedra dan berhubungan dengan karakter dan situasi meskipun ada perbedaan zaman. Faktanya, sebuah karya klasik dapat mengubah pandangan Anda tentang sejarah untuk melihat betapa sedikit perubahan dalam susunan dasar manusia kita.

Membuat Koneksi

Anda dapat mempelajari karya klasik dan menemukan pengaruh dari penulis lain dan karya sastra hebat lainnya. Tentu saja, ini sebagian terkait dengan daya tarik universal dari sebuah karya klasik. Tetap saja, klasik selalu diinformasikan oleh sejarah gagasan dan sastra, baik secara tidak sadar atau khusus dikerjakan dalam teks.

Demikian juga, klasik akan menginspirasi penulis lain yang datang sesudahnya, dan Anda dapat melacak bagaimana mereka memengaruhi karya dalam waktu mereka sendiri dan turun melalui dekade berikut dan bahkan berabad-abad.

Relevan dengan Banyak Generasi

Dengan membahas tema universal dengan kondisi manusia dan melakukannya dengan cara yang bertahan dalam ujian waktu, klasik tetap relevan untuk semua. Karena kualitas tinggi dari karakter, cerita, dan penulisan, orang dapat membaca klasik di masa muda mereka dan mengumpulkan pemahaman dasar tentang tema penulis, dan kemudian mereka dapat membacanya nanti dalam kehidupan dan melihat lapisan kebenaran tambahan yang mereka lewatkan sebelumnya. Kualitasnya memungkinkan pekerjaan untuk berkomunikasi dengan berbagai kelompok umur sepanjang waktu.

Menggunakan Sastra Klasik

Kualitas sastra klasik ini membuatnya sesuai untuk dipelajari. Sementara siswa yang lebih muda mungkin menemukan mereka kurang dapat diakses, siswa yang lebih tua dan orang dewasa dapat tercerahkan dengan membacanya sebagai bagian dari studi formal, klub buku, atau bacaan berkelanjutan. Untuk memperkenalkan pembaca yang lebih muda ke buku klasik, coba gunakan versi novel grafis, edisi yang disederhanakan untuk pembaca yang lebih muda, atau adaptasi film.

Untuk siswa sastra yang lebih tua, klasik memiliki berbagai informasi ahli yang tersedia tentang mereka, memberikan informasi latar belakang seperti bagaimana dan mengapa mereka ditulis, analisis teks, dan komentar tentang dampak budaya yang langgeng. Klasik kemungkinan juga memiliki panduan belajar yang dapat membantu peserta didik dalam pemahaman dasar mereka tentang teks, seperti dengan menjelaskan istilah dan referensi tanggal dan memberikan pertanyaan belajar. –sa

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)