Bagian awal dari pembangunan Jembatan Joyoboyo Baru Surabaya terus berjalan. Jembatan ini juga jadi kawasan wisata, direncanakan rampung Desember 2020.

Kawasan Jembatan Joyoboyo Baru akan menjadi tempat wisata kota dan landmark baru di selatan Surabaya. (dok Bappeko Surabaya)

Surabayastory.com – Perlahan namun pasti, pembangunan Jembatan Joyoboyo Baru terus berlanjut. Jembatan yang nantinya terhubung langsung ke Terminal Intermoda Joyoboyo Kota Surabaya. Keberadaannya akan mempermudah akses kendaraan yang akan masuk ke Terminal Joyoboyo Baru.

Kondisi pembangunan saat ini, semua pile beton sebagai pondasi jembatan sudah tertancap. Pile hub (penyatu kepala tiang pancang yang jadi penumpu lantai jembatan) juga sudah terpasang. Begitu pula dengan landasan dua sisi ujung jembatan sudah terpasang. Dilaporkan pembangunan fisik jembatan ini sudah sekitar 35 persen.

Pekerjaan selanjutnya adalah pemasangan slab lantai jembatan. Meski di tengah masa pandemi, pembangunan jembatan terus berlangsung.

Sebagai gambaran, Jembatan Joyoboyo baru ini punya dimensi 175 meter (panjang), lebar 19,5 meter, dan tinggi pilon 20 meter. Struktur jembatan menggunakan beton bertulang dengan lantai slab precast. Jembatan ini menggunakan pilon sebagai penyangga kabel baja yang menyangga seluruh lantai jembatan (cable stayed).

Tempat Wisata Kota

Pembangunan jembatan ini adalah tahap awal pembangunan jembatan ini sudah dilakukan sejak pertengahan April 2020. Proses waktu itu dilakukan dengan mulai dengan pemasangan tiang pancang (pile) di sisi utara sungai. Gambar rencana pengembangan kawasan ini sudah dirilis Pemerintah Kota Surabaya September 2019.

Secara fisik, Jembatan Joyoboyo Baru ini akan selesai akhir Oktober 2020. Setelah itu akan dilakukan penataan kawasan jembatan berupa taman, ruang terbuka hijau, dan tempat wisata warga kota.

Dalam lanskap jembatan ini nanti akan dipercantik dengan ukiran diorama tentang Surabaya, seperti epos perjuangan, bambu runcing, serta gedung-gedung perjuangan. Selain itu juga akan diramaikan dengan air mancur warna-warni, tempat jogging dan jalan kaki, serta permainan anak. Di sini juga akan di siapkan spot pandang untuk menikmati sisi lain kota Surabaya.

Kawasan Joyoboyo Baru ini diperkirakan bisa dinikmati secara utuh Desember 2020. Sebagai jembatan penghubung, kawasan rekreasi warga kota di selatan Surabaya, sekaligus landmark (ikon/ penanda) baru kota Surabaya. –sa

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)