Nama Bill Gates akhir-akhir ini sedang banyak dicari di mesin pencari (search engine). Ini terkait dengan hubungan ramalannya soal pandemi dan konspirasi. Ia juga meramalkan banyak hal sejak lama.

Bill Gates sudah membuat ramalan-ramalan sejak lama

Surabayastory.com – Bill Gates dan ramalan-ramalannya ternyata bukan hanya terjadi dua tahun lalu hingga sekarang. Gates sudah membuat banyak prediksi, dan banyak orang mempercayainya. Mungkin ini karena orang menganggap, dengan kecerdasannya, Gates mampu memperkirakan perkembangan teknologi ataupun dunia di masa depan.

Ramalan-ramalan yang jitu itu di antaranya tentang ponsel yang akan menjadi sangat umum dan dimiliki oleh sebagian besar orang di dunia. Kemudian maraknya media sosial, e-commerce, pembayaran melalui internet, asisten personal dan PC rumah yang terhubung dengan internet.

Namun orang jenius juga manusia yang memiliki keterbatasan-keterbatasan. Tak heran banyak juga ramalannya yang meleset. Ramalan Bill Gates yang meleset di antaranya soal Spam email,  sistem operasi 32 bit dan sistem operasi OS/2.

Ramalan-ramalan yang Jitu

Tahun 1999 silam, Gates menerbitkan sebuah buku berjudul Business at the Speed of Thought. Dalam bukunya itu, Gates banyak mengupas hubungan harmonis antara teknologi dengan aspek-aspek lain dalam kehidupan. Dalam buku tersebut, Gates melontarkan beberapa prediksi tentang teknologi baru atau perkembangan dari perangkat yang telah ada sebelumnya. Beberapa prediksi Gates yang ia publikasikan pada tahun 1999 silam menjadi hal lumrah di hari ini.

  1. Ponsel Pintar

“Teman pribadi yang lebih kecil akan menjadi hal umum. Ini termasuk PC ukuran kecil yang ada di pasaran saat ini dan PC baru seukuran dompet yang memungkinkan berbagai pekerjaan elektronik. Telepon, radio, dan TV akan memiliki kemampuan baru saat benda tersebut memiliki kemampuan digital. Beberapa perangkat akan dibawa olehmu. Beberapa akan ditempatkan di ruangan berbeda di rumahmu,” tulis Gates.

“Beberapa perangkat itu akan memungkinkanmu menggunakan email dan voice mail, mendapatkan informasi saham atau berita lainnya, dan memperoleh prakiraan cuaca terbaru serta informasi jadwal penerbanganmu. Perangkat ini akan terhubung menggunakan kabel ataupun tidak, seperti sebuah radio. Perangkat ini akan bekerja secara independen, ia akan bertukar data dengan sendirinya secara otomatis. Perangkat ini akan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.”

Apa yang dideskripsikan Gates dalam bukunya itu bisa ditafsirkan sebagai smartphone yang kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat dunia. Alat ini menjadi alat komunikasi sekaligus komputer mini yang bisa digunakan untuk mengirim email, memutar video dan musik, chating, memotret, mendapatkan berita tentang berbagai hal  dan menjalankan fungsi asisten pribadi. Data yang tercatat pada 2019 diprediksi terdapat 3,5 miliar pengguna ponsel pintar di seluruh dunia.

Dalam banyak hal, ponsel pintar sukses menggantikan PC seukuran lemari yang pernah digunakan orang-orang dulu.

  1. Media Sosial

Dalam buku Business at the Speed of Thought, Gates menulis, “Kamu pergi ke situs web pribadi untuk keluarga besarmu, dan menemukan bahwa setiap orang telah berdiskusi di chat room tentang apa yang hendak dilakukan ketika acara kumpul keluarga.”
Saat Gates menulis pada 1999, semua itu belum jadi sesuatu yang nyata di dunia. Tapi ketika internet sudah mendunia, apa yang ditulis Gates tersebut, kini sudah menjadi kenyataan dengan hadirnya media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Instagram, twitter, dan sebagainya.

Pada tahun 1999, belum ada media sosial yang bisa disejajarkan dengan Facebook saat ini. Web 1.0 masih mengalami kendala teknologi yang membatasi kemampuannya. Lebih dari satu dekade kemudian, Facebook pun lahir. Media sosial menjadi sesuatu yang digemari. Data statistik mencatat, pada tahun ini diprediksi ada 2,46 miliar orang pengguna media sosial di seluruh dunia.

Facebook menjadi media sosial nomor wahid hingga saat ini. Per akhir 2019, Facebook sudah memiliki 2,5 miliar pengguna. Di Facebook, banyak hal bisa dilakukan, terutama menyangkut interaksi dengan teman dan keluarga, bermain game, dan juga menjalankan bisnis. Di Facebook pula, terdapat fitur pengirim pesan yang bisa menjadi ruang pribadi untuk bercakap-cakap lebih lanjut.

       3. Harga barang dapat dibandingkan lewat situs internet.

Gates sudah meramalkan hadirnya situs-situs penjualan daring semacam Amazon, yang memungkinkan pengguna bisa membeli barang tanpa harus pergi ke toko, supermarket atau mal. Di situs jual beli online, calon pembeli bisa mememilih berbagai jenis barang dengan spesifikasi dan harga tertentu sesuai yang mereka butuhkan. Situs seperti NexTag dan PriceGrabber sengaja dirancang untuk membandingkan harga barang. Tepat seperti apa yang dibeberkan Gates.

  1. Pembayaran cepat melalui internet.

“Orang bakal membayar tagihan dan mengatur keuangan melalui internet,” begitu tertera pada kutipan buku yang ditulis Gates. Perkataan Gates terbukti dengan hadirnya pembayaran secara online seperti PayPal dan Venmo.

  1. Asisten personal dan Internet of Things (IoT).

Gates memastikan bahwa asisten personal yang digodok dengan kemampuan teknologi, bakal berkembang dan menemani hidup manusia. Saat ini, Google Now memungkinkan implementasi ramalan Gates.

  1. Monitor rumah yang terhubung internet.

Pendiri Microsoft ini mengatakan bahwa perekam video di rumah bakal jadi hal lumrah. Pengguna bakal tahu siapa saja yang datang ke rumahnya ketika ia tak berada di tempat. Saat ini, telah lahir alat perekam CCTV yang tidak hanya dipasang di rumah tapi juga dipasang di berbagai kantor, pusat perbelanjaan, dan toko-toko.

  1. Situs diskusi pertandingan olahraga live.

Kehadiran Twitter sebagai situs yang menghimpun obrolan hangat secara langsung, sudah menjadi prediksi Gates tahun 1999. Saat berlangsung pertandingan olahraga seru, netizen Twitter bakal saling bagi informasi dan merespon berbagai informasi yang terakses.

  1. Tautan ke situs selama siaran televisi berlangsung.

Gates sudah mengetahui gelagat perilaku penonton pertandingan bola. Saat ini, hampir semua siaran pertandingan olahraga menyematkan tautan Twitter komentator atau tim bola yang bermain. Ini agar penonton bisa mencari tahu informasi lebih dalam terkait tim idolanya.

  1. Ruang diskusi daring.

Kini, semua situs berita di internet memiliki seksi komen yang memungkinkan pembaca memberi respon atas berita. Dengan demikian pembaca dan penulis berita atau pembaca dengan pembaca bisa berdiskusi. Dari situ juga, media akan mengetahui apakah pembaca menyukai berita-berita yang disajikannya atau tidak. Ini adalah gambaran yang sudah tergambar dalam pikiran Gates sejak 1999.

  1. Situs daring yang berbasi hobi.

“Komunitas online tak akan terbentuk berdasarkan lokasi, namun ketertarikan,” kata Gates. Bisa kita lihat, nyatanya kebanyakan situs dan komunitas online fokus pada satu topik. Mereka menyasar jenis pasar dengan hobi tertentu.

  1. Aplikasi untuk manajemen proyek.

Gates memperkirakan bahwa aplikasi yang mengakomodir sistem kerja suatu tim bakal terwujud di era teknologi yang mumpuni. Hari ini, melalui Google Drive dan Office 365, kerja tim bisa lebih mudah dengan sistem yang efektif.

  1. Rekrutmen lewat internet.

Kemunculan Linkedin telah jauh hari diprediksi Gates. Perekrut tinggal mencari kriteria pekerja yang diharapkan lewat LinkedIn, dan bakal ketemulah dua pihak berkepentingan. Yakni pencari kerja dan pemberi kerja.

  1. Aplikasi komunitas bisnis.

Kerjasama bisnis antar perusahaan dapat didiskusikan dengan cara yang modern dan tak konvensional. Melalui berbagai aplikasi enterprise, pengusaha dapat saling berbincang dan akhirnya dapat menjalin kemitraan untuk proyek besar. Hal ini, pada 1999 sudah tertuang di ”kitab” ramalan Gates.

  1. Iklan Segmented

Di dunia internet saat ini, iklan menjadi energi utama yang menghidupi berbagai situsweb sebab situs memberikan pelayanan gratis pada para pengunjungnya. Situsweb sebesar Facebook pun menggantungkan hidupnya melalui iklan. Data yang diungkap Interactive Advertising Bureau, pada kuartal-1 tahun 2017 ini, total pendapatan iklan digital khusus di Amerika Serikat saja telah mencapai angka 19,6 miliar dollar AS, naik sekitar 3,7 miliar dollar AS dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Menyadari bahwa iklan merupakan hal yang tidak bisa dikesampingkan dari dunia teknologi terutama dunia internet, Gates dalam bukunya menulis, “Iklan yang muncul di layar akan berbeda-beda tergantung pada siapa yang melihatnya.”

Apa yang dikatakan Gates dalam bukunya itu dikenal dengan istilah “targeted advertising” hari ini. Iklan yang memiliki segmen khusus ini, menyasar orang-orang secara spesifik. Secara sederhana, iklan jenis ini mengumpulkan data-data pengguna internet untuk memilih targetnya.

 

Ramalan-ramalan yang Meleset

  1. Tentang Spam

Pada tahun 2004, Bill Gates meyakini peredaran email sampah alias spam akan bisa segera diatasi. “Dua tahun dari sekarang, (masalah) spam ini akan terselesaikan,” kata Gates dengan nada yakin.

Untuk menanggulangi spam itu, Gates merancang berbagai cara. Misalnya dengan mengidentifikasi pengirim email. Nyatanya hingga kini,  masalah spam tidak juga mampu terselesaikan. Masih sangat banyak email spam bertebaran setiap harinya.

       2. Sistem Operasi 32 Bit

Bill Gates pernah mengatakan bahwa Microsoft tidak akan pernah membuat sistem operasi 32-bit. Orang-orang pasti akan merasa aneh ketika mendengar ucapan bos Microsoft tersebut. Pasalnya, saat itu Microsoft baru saja berhasil mengembangkan sebuah sistem dari 8-bit menjadi 16-bit. Akhirnya, Bill Gates pun harus menjilat ludah sendiri ketika 4 tahun setelah ia mengucapkan kalimat itu, Microsoft meluncurkan Windows NT 3.1 berstuktur 32-bit pada tahun 1993.

  1. Sistem Operasi OS/2

“Saya percaya jika OS/2 diciptakan untuk menjadi sistem operasi, atau mungkin juga program, yang paling penting sepanjang masa.”  Kalimat di atas diambil dari kata pengantar Bill Gates pada buku panduan untuk para programmer OS/2. OS/2 sendiri merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh IBM dan Microsoft, namun kemudian hanya dikembangkan sendiri oleh IBM hingga tahun 2006.

Walaupun sebenarnya sistem operasi tersebut dapat menjalankan berbagai macam program Windows lebih baik daripada sistem operasi Windows itu sendiri, namun menyebutnya sebagai sistem operasi paling penting sepanjang masa merupakan sebuah pernyataan yang layak untuk ditertawakan. –drs

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)