Masih ingat dengan gambar lambang ini? Bagi yang masih duduk di bangku sekolah menengah, ini bagian dari keseharian yang lupa disadari. Bagi yang sudah lama lulus, lambang ini membangkitkan kenangan.

Surabayastory.com – Lambang ini menjadi bagian dalam kehidupan anak-anak sekolah menengah: Sekolah Menengan Pertama (SMP) dan anak Sekolah Menengan Atas (SMA). Dua masa yang mungkin memberikan kenangan paling dalam selama perjalanan hidup anak-anak Indonesia. Bagi yang sudah lewat masa itu, mari mengingat kembali lambang ini. Jadi tombo kangen (obat rindu), sekalian memahami kembali artinya, yang mungkin sebelumnya tak sempat cari tahu.

Bila ditilik kembali, OSIS itu kepanjangan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Jadi sebuah organisasi, sebuah kumpulan yang berhubungan langsung dengan kegiatan dan aktivitas di dalam sekolah.

Dalam OSIS ini ada struktur pengurus yang dipilih sendiri oleh para siswa sekolah dan disetujui oleh pengurus sekolah. Pengurusnya kurang lebih adalah: ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, serta ketua seksi bidang kegiatan. Di dalam masing-masing seksi bisa dibuat stuktur organisasi sendiri. Para pengurus OSIS yang terbatas, menjadikan kebanggan tersendiri bagi para pengurusnya. Biasanya, jadi modal dasar untuk “menggoda” adik-adik kelas.

Bila mundur lagi jauh ke belakang, OSIS diharapkan bisa menjadi wadah untuk mengasah softskill (kemampuan lain di luar mata pelajaran). Organisasi ini punya beberapa sie/ seksi keterampilan yang bisa dipilih, seperti kerohanian, olahraga, kepemimpinan, media sekolah, pencinta alam, pengibar bendera, dan sebagainya.

Dalam panjang sejarahnya, organisasi ini terbentuk secara formal di tahun 1972. Di kala itu, di setiap sekolah punya banyak organisasi. Bercampur dengan organiasasi pemuda di luar sekolah. Dan diantara mereka selalu bersaing, dan cenderung saling menjatuhkan. Untuk mencegahnya, maka melalui Departemen Pendidikan dan Kebudayaan kemudian dibentuklah satu organisasi yang kemudian bernama OSIS. Di babak awal ini, ada empat jalur pembinaan, yaitu: organisasi kesiswaan, latihan kepemimpinan, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan wawasan wiyatamandala.

Dari waktu ke waktu, perjalanan organisasi ini terus bekembang di setiap sekolah di Indonesia. Menjadi bagian dari perjalanan kehidupan pendidikan Indonesia, dan kenangan bagi pribadi yang pernah terlibat di sana.

 

Arti Lambang OSIS

Sekarang kita masuk lebih jauh ke arti logo OSIS. Bentuk logo OSIS SMP dan SMA hampir sama. Yang membedakan adalah warna latar belakang logo. Bila SMP berlatar warna kuning, sementara SMA berwarna latar coklat. Untuk isi dalam logo, mari kita membedahnya.

  • Bunga bintang sudut lima dan lima kelopak daun bunga

Ini adalah simbol dari generasi muda sebagai bunga harapan bangsa.            Bentuk bintang sudut lima menunjukkan jiwa yang murni dengan                  Pancasila sebagai intinya. Generasi muda ini adalah kelopak daun                  bunga yang berjumlah lima untuk melukiskan keindahan. Lima jiwa              generasi muda itu adalah: abdi, ajar, aktif, adab, dan amal.

  • Buku terbuka
    Ini mengajak kita untuk belajar dan menuntut ilmu setinggi mungkin dan kemudian dibaktikan kepada bangsa dan negara.
  • Kunci pas
    Ini adalah lambang dari alat kerja yang berfungsi untuk membuka semua kesulitan yang ada di dunia ini. Kemampuan untuk membantu orang lain dalam menyelesaikan kesulitan orang lain.
  • Tangan terbuka
    Berarti keterbukaan untuk membantu dan menolong masyarakat, terutama sesama siswa, teman-temannya, serta menunjukkan sikap mental siswa akan jiwa tolong-menolong dan tanggung jawab.
  • Biduk
    Ini melambangkan kesiapan untuk mengarungi kehidupan dengan segala kesulitan kehidupan, dalam usaha mencapai tujuan kehidupan dan tujuan bangsa dan negara.
  • Pelangi merah putih
    Ini warna kebangsaan Indonesia yang harus diperjuangkan demi tujuan nasional; masyarakat adil dan makmur berdasarkan pancasila.
  • Tujuh belas butir padi, delapan lipatan pita, empat buah kapas, lima daun kapas
    Ini mencerminkan puncak dari perjuangan bangsa Indonesia, 17 Agustus 1945. Dari titik itulah bangsa Indonesia ada, dan kemudian berkembang menjadi sebuah bangsa. Kemerdekaan itu harus dipertahankan dan diisi dengan hal positif bagi para siswa.
  • Warna kuning
    Ini ada warna dasar yang mewakili kebesaran, kehormatan, dan keabadian. Para siswa bisa mendapatkan inspirasi dari pralambang ini.
  • Warna coklat
    Melambangkan warna tanah, yang melambangkan di mana tanah dipijak, di sana langit didukung. Tanah Indonesia ini adalah pijakan kepribadian dan budaya nasional bangsa.

Dari lambang dan arti ini menunjukkan bila OSIS punya arti yang dalam bagi para siswa dan muda-mudi Indonesia. Sebuah lambang yang seharusnya kita pahami ketika masuk di sekolah menengah, namun sering kita lupakan. Dan setelah lewat masa, kita akan rindu untuk kembali memandangnya. Lambang OSIS ini akan membantu kita mengingat kembali masa-masa indah di sekolah. –sa

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)