Seperti banyak ide terbesar dalam sejarah, Tetris muncul secara tidak sengaja. Dari Soviet ke Amerika, lalu ke seluruh dunia.

Tetris terinspirasi oleh pentomino, permainan papan klasik. (tetris messenger)

Surabayastory.com – Alexey Pajitnov adalah seorang insinyur perangkat lunak di Akademi Ilmu Pengetahuan Soviet di Moskow, bertugas menguji komputer jenis baru, Electronika 60. Untuk itu, ia menulis permainan sederhana berdasarkan puzzle dari masa kecilnya. Ini akan membantu menilai seberapa kuat komputer itu, dan memberikan sedikit kesenangan.

Dia tidak tahu bahwa permainan yang dihasilkan akan menjadi salah satu yang terbesar, paling adiktif dan paling sukses sepanjang masa.

Saat itu 6 Juni 1984, dan Tetris baru saja memulai perjalanannya dari balik “Tirai Besi”.

Versi asli Tetris.(tetris company)

Tetris adalah permainan puzzle di mana bentuk-bentuk geometris yang disebut “tetromino” jatuh ke lapangan, dan pemain harus mengaturnya untuk membentuk garis tanpa celah. Pajitnov mengambil inspirasi dari pentomino, permainan puzzle klasik yang terdiri dari semua bentuk berbeda yang dapat dibuat dengan menggabungkan lima kotak – total 12 – dengan tujuan mengaturnya dalam kotak kayu seperti puzzle jigsaw.

Untuk menyederhanakan, ia merobohkannya menjadi empat kotak, sehingga mengurangi jumlah bentuk dari 12 menjadi tujuh. Dia menyebut permainan Tetris, menggabungkan angka Yunani “tetra” (artinya empat) dan tenis, olahraga favoritnya.

Pajitnov sendiri langsung ketagihan. “Saya tidak bisa menahan diri untuk tidak memainkan versi prototipe ini, karena sangat adiktif untuk menyatukan bentuk-bentuknya,” katanya.

Tetapi membuat video game di Rusia Soviet pada puncak Perang Dingin masih jauh dari mudah. Hanya dengan kecemerlangan desainnya saja Tetris ditransformasikan dari program uji yang unik menjadi fenomena di seluruh dunia.

Bentuk-bentuk geometri bangun dasar yang ada dalam permainan tetris. (tetris company)

Dari Mulut ke Mulut

Meskipun Tetris langsung menjadi populer di kalangan programer dengan akses ke Electronika 60, mesin tidak memiliki kemampuan grafis – dan memori kurang dari kalkulator saat ini. Ditekan dengan permintaan untuk membuat versi gim untuk PC IBM, komputer yang lebih luas dengan grafis yang lebih baik, Pajitnov menugaskan pekerjaan itu ke Vadim Gerasimov, seorang siswa berusia 16 tahun pada pekerjaan musim panas di kantornya (hari ini Vadim Gerasimov adalah seorang insinyur di Google). Permainan menyebar dengan cepat. “Itu seperti api kayu. Semua orang di Uni Soviet yang memiliki PC memiliki Tetris di atasnya,” kata Pajitnov.

Pajitnov tidak menghasilkan uang dari permainan, dia juga tidak bermaksud demikian. Ide-ide dimiliki oleh negara dan konsep menjual perangkat lunak sebagai produk tidak dikenalnya. Orang-orang hanya membagikan Tetris dari mulut ke mulut dan dengan menyalinnya ke disket.

Kemudian, Pajitnov mendengar desas-desus bahwa permainan itu mungkin telah melintasi perbatasan dan sedang dimainkan di negara-negara blok Timur lainnya. Pada tahun 1986, ia mendapat pesan melalui teleks – cikal bakal mesin faks – dari Robert Stein, seorang salesman untuk perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Hongaria bernama Andromeda. Stein, yang telah melihat Tetris di Hongaria, ingin mengamankan hak untuk menjualnya sebagai permainan komputer di Barat. Dia menawarkan uang yang signifikan di muka.

“Bahasa Inggris saya benar-benar buruk pada waktu itu, jadi saya mengumpulkan semacam jawaban positif, mengatakan kami sangat senang menerima proposal dan bahwa beberapa perjanjian dapat dibuat,” kata Pajitnov. Dia tahu bahwa melakukan bisnis secara langsung dengan perusahaan Barat bisa membuatnya dijebloskan ke penjara, bahkan sebelum menghasilkan uang, jadi dia mulai menyelidiki bagaimana dia bisa menjual hak untuk Tetris melalui negara.

Stein, bagaimanapun, menafsirkan tanggapannya sebagai lampu hijau dan segera mulai memproduksi permainan. Tetapi ketika dia bersiap untuk meluncurkan, dia menerima teleks lain dari Elorg – kependekan dari Electronorgtechnica, organisasi Soviet yang mengawasi ekspor perangkat lunak dan perangkat keras. Dikatakan bahwa hak belum secara resmi diberikan dan bahwa peluncurannya ilegal.

Akhirnya, Stein membersihkan hak, dan Tetris dirilis sebagai judul PC komersial di Inggris dan AS pada tahun 1988. Permainan memainkan asal-usul Soviet-nya melalui ilustrasi bertema Kremlin dan karakter Cyrillic. Tetapi kesalahpahaman antara Pajitnov dan Stein menunjukkan betapa sulitnya untuk mengekspor video game dari Soviet Rusia ke Barat untuk pertama kalinya – masalah yang menyebabkan bertahun-tahun kebingungan dan pertempuran hukum, dan bahkan dikabarkan telah mendarat di meja pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev.

Pajitnov dan putranya dengan Tetris versi Inggris dan AS pada tahun 1989.(Wojtek Laski / Hulton Archive/Getty Images)

The Game Boy

Tetris laris manis di komputer, tetapi uang besar di sektor game dibuat di tempat lain: konsol. Henk Rogers, pengembang video game Belanda dan pengusaha yang tinggal di Jepang, adalah orang pertama yang menyadari bahwa Tetris adalah pasangan yang sempurna untuk Game Boy, sistem genggam baru yang dirilis oleh Nintendo di Jepang pada awal 1989. Konsol akan segera diluncurkan di Amerika Utara dan Eropa juga, dan Rogers berangkat untuk meyakinkan perusahaan untuk bundel salinan permainan di dalam kotak, praktik umum di luar Jepang.

“Saya membuat kesepakatan jabat tangan dengan Minoru Arakawa, pendiri Nintendo of America, agar Nintendo menyertakan Tetris di setiap Game Boy,” kata Rogers dalam sebuah wawancara. “Dia berkata, ‘Mengapa saya harus memasukkan Tetris? Saya punya Mario.’ Dan saya berkata, ‘Jika Anda ingin anak laki-laki kecil untuk membeli Game Boy Anda, maka sertakan Mario. Tetapi jika Anda ingin semua orang membeli Game Boy Anda, maka Anda harus menyertakan Tetris.’ ”

Rogers berangkat untuk mendapatkan izin yang diperlukan, dan segera menyadari betapa beratnya tantangan itu. Dia sudah menerbitkan versi Tetris di Jepang, untuk sistem rumah Nintendo Famicom yang populer, hanya untuk mengetahui bahwa ada setengah lusin perusahaan yang semuanya mengklaim memiliki hak atas permainan. “Jadi saya naik pesawat dan pergi ke Moskow dengan visa turis untuk melacak sumber hak, Elorg – dan berbicara dengan cara saya ke dalamnya,” katanya.

Setibanya di Moskwa, Rogers membuat sedikit kemajuan sampai ia menyewa seorang penerjemah, yang dengan cepat membawanya ke Elorg.

“Dia langsung tahu di mana semuanya berada, jadi itu mencurigakan. Mereka tidak seharusnya berbicara dengan orang asing, dan aku tidak seharusnya berbicara dengan Rusia, apalagi orang-orang di dalam pemerintahan. Jadi aku melanggar segala macam aturan dengan “Mereka berada di sana. Mereka menginterogasi saya selama dua jam. Saya pikir mereka berusaha mencari tahu apakah mereka akan mengirim saya ke Siberia atau tidak,” katanya.

Tetapi di antara para pejabat di ruangan itu adalah Alexey Pajitnov, yang langsung menyukai Rogers. “Alexey adalah satu-satunya pria di ruangan itu yang benar-benar tahu apa-apa tentang permainan,” kenang Rogers. “Aku menjelaskan bagaimana bisnis berjalan, dan kami menjadi teman. Seminggu kemudian, aku meninggalkan Moskow dengan perjanjian yang ditandatangani untuk Tetris di Game Boy.”

Henk Rogers dan Alexey Pajitnov di Lapangan Merah Moskow. (Hulton Archive)

Game Boy versi Tetris terjual 35 juta unit dan membantu konsol menjadi salah satu yang paling sukses sepanjang masa. Masih dianggap oleh banyak orang – termasuk Pajitnov – untuk menjadi versi terbaik dari Tetris, dan itu menciptakan sinergi yang belum pernah terjadi sebelumnya antara perangkat keras dan perangkat lunak, melambangkan mantra permainan “mudah dipelajari, sulit untuk dikuasai.”

Royalti tertunda

Meskipun permainan itu sukses, Pajitnov masih belum menghasilkan uang darinya. “Ada banyak masalah hukum, dan ketika pertanyaan tentang kepemilikan dan sumber asli permainan muncul, saya memutuskan bahwa saya ingin semuanya berjalan lancar dan saya memberikan hak kepada Pusat Komputer dari Akademi Ilmu Pengetahuan Soviet untuk 10 tahun, “katanya.

Masalah hukum memuncak dalam pertempuran antara Nintendo dan Atari atas hak konsol rumah untuk Tetris. Seorang hakim memutuskan untuk memenangkan Nintendo pada akhir 1989, memberikan pukulan mematikan kepada Atari, yang telah menghasilkan ratusan ribu salinan versi permainan yang sekarang tidak berguna, di bawah tagline “Tetris: The Soviet Mind Game.” Nintendo mengambil pendekatan berbeda, memilih slogan “Dari Rusia dengan kesenangan.”

Pajitnov meninggalkan Moskow ke Seattle pada 1991, dengan bantuan temannya Henk Rogers. Dan ketika kesepakatannya tentang hak-hak berakhir pada tahun 1995, dia akhirnya mulai menerima royalti untuk permainan. “Dan sejauh ini mereka baik-baik saja,” katanya.

Pajitnov dan Rogers pada 2018. (Hulton Archive)

Pada tahun 1996, Pajitnov dan Rogers mendirikan Tetris Company, untuk menangani perizinan untuk Tetris dan spin-off-nya. Pada tahun 2005, Perusahaan Tetris membeli Elorg – yang setelah jatuhnya Uni Soviet telah berubah dari perusahaan milik negara menjadi perusahaan swasta – mendapatkan kendali penuh atas semua hak Tetris di seluruh dunia. Perusahaan ini bahkan telah menstandarkan dan merek dagang nama dan warna setiap potongan Tetris – secara resmi disebut Tetriminos , daripada tetromino generik, meskipun mereka memiliki banyak nama panggilan tidak resmi .

Tetris telah menjadi subjek beberapa penelitian ilmiah. Satu menemukan bahwa bermain permainan bisa efektif dalam melawan keinginan untuk makanan dan bahkan obat-obatan, sementara yang lain mencatat peningkatan ketebalan beberapa bagian otak pada orang yang telah bermain secara teratur. Bermain Tetris untuk waktu yang lama dapat menyebabkan pemain bermimpi tentang potongan yang jatuh atau menafsirkan objek dunia nyata sebagai tetromino dan secara mental mengatur ulang mereka – sebuah fenomena yang dikenal sebagai “Efek Tetris.”

Hingga saat ini, Tetris telah dirilis di lebih dari 65 platform, sebuah rekor dunia , dengan lebih dari setengah miliar unduhan di perangkat seluler, menurut Tetris Company. Pajitnov secara pribadi telah mengerjakan lebih dari 100 varian permainan.

Yang terbaru, dirilis pada awal 2019 bertepatan dengan ulang tahun game yang ke-35, adalah versi multipemain daring yang disebut “Tetris 99,” yang dapat dimainkan hingga 99 pemain secara bersamaan. Sejak 2010, sebuah turnamen eSports yang didasarkan pada Tetris versi Nintendo Entertainment System 1989 telah membuat para pemain terbaik dunia berkumpul di Portland, Oregon. Beberapa pertandingan, yang dapat melebihi 30 menit, telah mengumpulkan lebih dari 10 juta tampilan di YouTube.

“Itu tidak kehilangan nilai permainannya dan tidak ada yang menggantikan Tetris,” kata Henk Rogers, menjelaskan popularitas permainan yang bertahan lama.

“Ini seperti ‘Selamat Ulang Tahun.’ Ada banyak lagu yang datang dan pergi, tetapi ‘Selamat Ulang Tahun’ masih selalu dinyanyikan dengan cara yang sama. Tetris telah menjadi ‘Selamat Ulang Tahun’ dari permainan komputer. ” –sa

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)