Bagaimana kalau lupa itu terus-terusan? Memahami psikologi memori, akan memandu Anda untuk mengembalikan kemampuan berpikir dan meningkatkan daya ingat.

Science

Surabayastory.com – Manusia memiliki memori dengan kemampuan dan kapasitasnya sangat besar. Tetapi tidak semua manusia mampu memanfaatkan kapasitas tersebut secara optimal. Lebih banyak lagi manusia yang tidak berusaha untuk meningkatkan serta mengasah memorinya. Akibatnya, banyak ‘ruang-ruang’ memori yang kosong atau terlewatkan begitu saja hingga muncul ‘penyakit lupa’. Bagaimana memori manusia bekerja? Bagaimana manusia mengingat? Mengapa daya ingat setiap orang berbeda?

Kehidupan kita sehari-hari selalu berhubungan dengan memori (ingatan). Dengan memori memungkinkan seseorang melakukan tindakan yang berulang, menggunakan bahasa, menggunakan informasi yang baru diterima melalui inderanya, sekaligus menggunakan informasi yang pernah diterima dari pengalaman masa lalu.

Memori adalah bagian kedua dari model manusia sebagai sebuah sistem pengolah informasi. Secara umum ada tiga fungsi memori; sebagai tempat penyaringan (sensor), memroses ingatan (memori jangka pendek), dan memori jangka panjang.

Naskah memori ini akan memberikan penjelasan pada Anda tentang hakikat memori, anatomi memori, serta bagaimana melatihnya hingga bisa mendapatkan kualitas memori (daya ingat) yang optimal. Memori memiliki fungsi yang penting bagi manusia. Jika kita lakukan aktivitas berpikir, maka sebagian besar kita menggunakan fakta dari memori atau ingatan. Kita menggunakan konsep waktu dengan menghubung-hubungkan masa sekarang dengan masa lalu serta membuat perencanaan untuk masa datang. Hal tersebutdi mungkinkan adanya fungsi memori kita yang kuat. Oleh karena memori inilah manusia dapat dikatakan makhluk bersejarah. Artinya makhluk yang tidak ditentukan oleh pengaruh proses dari hal yang terjadi saat ini, juga berkembang dalam sejarah masa lalunya. Inilah yang dikatakan memori.

Memori bekerja dengan beberapa komponen yang yang lain seperti sensor inderawi dalam upaya pemerolehan informasi pengolahan infromasi serta penyimpanan informasi baik yang dilakukan secara sistematis (umumnya secara sadar) maupun secara spontan.

Meningkatkan Memori, Meningkatkan Hidup

Ada beberapa aspek dari memori yang ingin Anda tingkatkan karena Anda berpikir itu akan membuat Anda lebih baik dalam beberapa hal. Tentu saja ada aspek-aspek praktis dalam meningkatkan memori. Mungkin penerapan yang paling praktis adalah yang dikembangkan psikolog Paul Ekman. Ia telah memasukkan dalam katalog berbagai ekspresi wajah selama tujuh tahun. Ada 300 kombinasi dari dua otot wajah. Bila Anda menambahkan otot ketiga, akan ada 3.000 kombinasi. Kita punya 5 otot wajah. Jadi terbentuk sekitar 10 ribu konfigurasi wajah.

Ribuan konfigurasi wajah itu –Anda dan saya akan menyebutnya ekspresi—bisa dimanipulasi. Ekspresi benar-benar menunjukkan/memperlihatkan apa yang terjadi dalam benak seseorang, apa yang dirasakannya pada saat tertentu.

Percayalah, bila Anda menerapkan hal di bawah ini, Anda akan jadi lebih baik dalam meningkatkan memori, sekaligus sisi kehidupan Anda. Dengan menggunakan sumber memori Anda yang mengagumkan tersebut akan membuat semuanya lebih mudah, lebih cepat dan lebih baik.

Menguasai memori Anda berarti menguasai proses berpikir. Ketrampilan yang Anda kembangkan untuk meningkatkan memori juga akan membuat Anda lebih efisien dan lebih luar biasa di rumah. Di bawah ini ada 14 ketrampilan dasar yang meningkat sebagai hasil memori yang lebih baik.

 

  1. Observasi
    Bila Anda memahami dan menerapkan pengembangan memori, Anda jadi menyadari dengan cermat bagaimana Anda menerima informasi melalui kelima indra.
  2. Persepsi
    Karena kemampuan observasi meningkat, Anda mengembangkan kesadaran lebih tinggi terhadap dunia di sekeliling Anda, meningkatkan kemampuan untuk mengenali dan mengumpulkan tanda/kunci (clues) rahasia.
  3. Analisis
    Kita tak dirancang untuk mengingat semuanya. Pikiran Anda secara alami menetapkan relevansi, kepentingan dan menariknya informasi yang datang. Mengembangkan memori akan meningkatkan kemampuan Anda dalam membandingkan, menghubungkan, mengevaluasi dan membedakan.
  4. Interpretasi
    Memori yang terlatih memungkinkan Anda untuk melihat dan memahami dunia di sekitar Anda dalam meningkatkan cara-cara yang meningkatkan kemampuan untuk menafsirkan apa yang Anda lihat atau dengar, juga kemampuan untuk menjelaskan maksud sesuatu pada orang lain.
  5. Pemecahan masalah
    Sebagian latihan dalam naskah ini menantang cara berpikir dan mengingat Anda yang konvensional. Anda akan belajar untuk mengalihkan arah/jurusan (redirect) dan merestrukturisasi  proses berpikir Anda dalam cara yang menuju/membimbing pada solusi kreatif dan inovatif.
  6. Sistematisasi
    Anda akan mampu mengingat volume informasi yang tak pernah Anda pikir itu mungkin, juga mengorganisasi informasi untuk tiap perolehan. Anda mengembangkan metode-metode mental untuk mengkoordinasi dan mengembangkan prosedur yang membuat Anda sangat efisien seperti proses berpikir Anda.
  7. Manajemen
    Memori Anda sangat efisien. Mengembangkan memori mengajar Anda bagaimana meniru kemampuan otak untuk mengelola informasi, sumber, ketrampilan, kemampuan dan talenta.
  8. Membuat keputusan
    Anda memahami mengapa memori Anda mempertahankan yang dimiliki dan Anda bisa meramalkan kemungkinan kemampuan itu untuk memfasilitasi proses seleksi Anda.
  9. Monitoring
    Memori yang meningkat akan meningkatkan dasar pengetahuan Anda, mengembangkan studi dan mempelajari ketrampilan-ketrampilan, serta membantu Anda jadi lebih arif. Kemudian Anda mampu untuk membantu orang-orang lain berkembang secara personal dan profesional.
  10. Inovasi
    Memori yang berkembang baik akan memikirkan dan menemukan strategi-strategi Anda, yang mungkin awalnya tampak aneh. Anda didorong untuk benar-benar berpikir di luar kotak serta memecahkan kaidah (convention).
  11. Imajinasi
    Memori yang berkembang baik adalah imajinasi yang berkembang dengan kemampuan yang meningkat untuk memvisualkan dan mengkonseptual.
  12. Sintetis
    Memori yang terlatih baik bisa mengumpulkan ide-ide, tips dan informasi lain yang bisa digunakan untuk memperkaya hidup Anda.
  13. Mendengarkan
    Anda belajar bagaimana menyaring informasi yang Anda dengar dan tangkap nilainya melalui pengorganisasian mental yang meningkat, fokus dan konsentrasi.
  14. Presentasi verbal
    Anda mengembangkan piranti organisasional mental yang memungkinkan Anda untuk berbicara tanpa harus merujuk pada catatan dan tetap fokus pada topik kendati ada pertanyaan-pertanyaan atau percakapan-percakapan yang mengganggu.

Kini, mari kita mulai proses mengubah pemikiran bahwa memori adalah karunia yang diberikan pada orang lain, bukan Anda, dan belajar untuk menjalani sepenuhnya potensi karunia yang Anda tak tahu Anda miliki. Dengan mencoba memahami dan memahami keterampilan dasar itu, akan memandu Anda untuk mengembalikan daya ingat, dan meningkatkan kemampuan berpikir, dan membuat analisis kritis.

Metode di dalam naskah ini telah diujikan kepada sejumlah simpatisan yang berusia 15-60 tahun. Hasilnya menunjukan bahwa daya ingat masing-masing simpatisan mengalami perkembangan yang cukup menggembirakan. Kunci utamanya: berlatih! –sa

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)