Mark Comunale dengan prototipe awal penemuannya, Unit Transportasi Isolasi Pasien. (inc)

Wabah Coronavirus telah mengguncang semua negara di dunia. Semua Negara gelagapan untuk menghadapinya. Hingga saat ini belum ada obatnya. Vaksin pun baru terus diteliti dan diujicoba. Penyakit menular memang menjadi salah satu kekhawatiran besar manusia.

Dan yang terbaru adalah pandemi coronavirus 2019–2020 atau dikenal sebagai pandemi COVID-19. Ini adalah peristiwa menyebarnya penyakit koronavirus 2019 (bahasa Inggris: coronavirus disease 2019, disingkat COVID-19) di seluruh dunia.

Di tengah tekanan waktu itu mulailah usaha untuk menjadi penemu. Di antara yang paling menarik adalah produk untuk mengatasi penyakit menular seperti coronavirus. Kisah penemuan mereka yang bertahun-tahun adalah cerita di balik layar yang menarik untuk dibaca. Ini salah satu kisah mereka.

Di tahun 2014, Mark Comunale, CEO Inland Empire Anesthesia Medical Group, di Colton, California, menghabiskan banyak waktu di Arrowhead Regional Medical Center di dekatnya, di mana ia juga menjadi ketua departemen anestesi. Tahun itu lembaga itu sedang mempersiapkan krisis kesehatan yang mengerikan lainnya: Ebola.

Di Arrowhead, Comunale mengamati situasi yang meresahkan. Sebagian besar ICU dan ruang operasi memiliki tekanan udara positif untuk mendorong kontaminan di udara menjauh dari pasien dengan penyakit seperti kanker dan diabetes, yang sistem kekebalan tubuhnya terganggu. Namun, dengan penyakit menular, persamaannya berubah. Tujuannya menjadi melindungi personel medis, pasien lain, dan pengunjung dengan menggunakan tekanan udara negatif, yang mengandung kontaminan hingga tersebar, secara terkendali, melalui saringan udara.

“Jika kami memiliki pasien dengan Ebola, mereka harus pergi ke ruang tekanan negatif, dan jumlahnya tidak cukup,” kata Comunale.

Berangkat dari pengalaman ini kemudian Comunale -seorang dokter yang memegang paten pada pendingin transportasi medis untuk darah dan organ- berusaha menciptakan Unit Transportasi Isolasi Pasien. PITU (Patient Isolated Transport Unit) adalah selubung vinil yang panjangnya kurang lebih enam kaki dan tiga kaki, yang dipasang pada bingkai yang diamankan ke tempat tidur, atau ke brankar, sehingga pasien yang terinfeksi dapat dipindahkan di sekitar rumah sakit tanpa memaparkan yang lain. Tiga motor menyedot udara dan melewati filter untuk menciptakan tekanan negatif. Dua port sarung tangan, dengan lengan lengan di setiap sisi, memungkinkan pengasuh untuk menempelkan tangan mereka. Ada juga ruang pass-through untuk hal-hal seperti termometer.

“Ini seperti membangun kamar kecil di sekitar pasien,” kata Comunale. “Ketika pasien ada di sana, petugas rumah sakit tidak perlu menggunakan peralatan pelindung pribadi sebanyak-banyaknya. Dan ada cukup ruang untuk melakukan aktivitas hidup sehari-hari.” Keuntungan lain: seseorang dalam PITU dapat menerima pengunjung, yang membahas kisah memilukan dari pasien coronavirus yang meninggal sendirian.

Selama beberapa tahun terakhir, Pusat Medis Regional Arrowhead telah menggunakan prototipe yang terbuat dari bahan non-medis. Baru-baru ini, mereka memesan dua lagi dan telah mengindikasikan akan membeli versi tingkat medis begitu tersedia. Comunale telah mengirimkan pertanyaan dari beberapa rumah sakit daerah lain, serta dari perusahaan ambulans “yang bertanya-tanya apakah kita dapat menyesuaikan sesuatu untuk usungan kecil mereka,” katanya.

Dua minggu lalu, Comunale, yang memiliki paten pendahuluan dan pada bulan Januari telah memulai proses untuk persetujuan FDA, diajukan dengan regulator untuk otorisasi penggunaan darurat untuk membantu melindungi garis depan melawan virus corona. Jika PITU disetujui, ia dapat segera memulai produksi, terima kasih kepada dua mitra perusahaan kecil.

Manajer Proyek

Sejak tahun 1976, kontraktor pertahanan TRW menjadi klien pertama Tarpaulin A&R, yang mempekerjakan bisnis baru untuk membuat tirai industri untuk mencegah pengintaian di fasilitas El Segundo. A&R membangun klien aerospace yang besar, mengembangkan produk pelindung seperti isolasi akustik dan termal.

Hari ini bisnis tersebut dimiliki oleh Bud Weisbart – putra salah satu pendiri – dan istrinya, Carmine Weisbart. Perusahaan yang berbasis di Fontana, California, yang sekarang melakukan bisnis sebagai AR Tech, melaporkan pendapatan tahunan 3,2 juta dollar. Baru-baru ini mereka menciptakan ruang kontaminasi untuk James Webb Telescope milik NASA.

Prototipe terakhir dari PITU diturunkan untuk diperiksa di Arrowhead Regional Medical Center di Colton, California. (inc)

Beberapa tahun yang lalu, Comunale mendekati Weisbarts untuk membantu pengembangan produk, penjualan, pemasaran, dan distribusi untuk PITU. Bekerja dari prototipe awal, Weisbart mengidentifikasi sejumlah tantangan, termasuk cara membuat bingkai aluminium yang dapat disesuaikan yang dapat dipasang di tempat tidur atau brankar apa pun dan bagaimana cara mengamankannya. Dia juga membutuhkan bahan kelas medis untuk kandang yang tahan api, bebas statis, dan tahan terhadap pertumbuhan bakteri.

Weisbart menginginkan bantuan dengan masalah teknik dan bahan dari seorang spesialis dalam produk medis. Dan karena AR Tech tidak dibentuk untuk menghasilkan volume PITU yang berpotensi besar, ia juga membutuhkan mitra manufaktur.

Pabrikan

Di tahun 2018, Weisbart telah menonton seri webinar tentang pengembangan prototipe yang dipimpin oleh Chad Miller, yang saat itu direktur pembuatan kontrak untuk American National Manufacturing. Keluarga Miller telah meluncurkan American National 40 tahun sebelumnya sebagai produsen air. Perusahaan itu kemudian disatukan menjadi kasur medis yang dirancang untuk mencegah luka baring. Pada tahun 2019, Miller memisahkan divisi manufaktur kontrak, yang melayani banyak industri, menjadi startup 10-karyawan yang disebut Industrus, yang berbasis di Riverside, California.

Miller memiliki keahlian industri, serta akses ke fasilitas manufaktur yang terdaftar di FDA-Amerika untuk mengembangkan versi PITU tingkat medis. AR Tech dan Industrus berkolaborasi untuk merekayasa ulang bingkai agar dapat disesuaikan. Untuk mengamankan frame, mereka datang dengan mekanisme yang menggunakan loop logam di sisi brankar yang dilewati tiang IV. Miller juga mendesain ulang kurung yang menahan pompa dan filter.

Industrus dapat menghasilkan 25 PITU sehari dengan sumber daya saat ini, dan meningkatkan hingga 1.000 PITU sebulan, kata Miller. Dia telah memesan mesin pemotong baru dan dapat berinvestasi dalam peralatan jahit dan perkakas tambahan. PITU kemungkinan akan dijual sekitar $ 12.000, dengan penutup pengganti seharga sekitar $ 800. Tiga kontributor akan membagi pendapatan berdasarkan biaya produksi untuk Illustrus; dan penjualan, pemasaran, dan distribusi untuk AR Tech; serta margin yang tidak ditentukan untuk Comunale.

Ketika coronavirus mulai berkurang, ketiga anggota Tim PITU melakukan overdrive, mengumpulkan informasi untuk FDA, menyelesaikan desain, dan menendang rantai pasokan. Miller telah memberi tahu kliennya yang lain bahwa, untuk saat ini, PITU adalah prioritas utamanya. “Ini agak membebani hidup saya,” kata Miller, yang telah bekerja malam dan akhir pekan dan meminta vendornya untuk melakukan hal yang sama. “Tapi itu menyegarkan saya secara pribadi dan menciptakan kegembiraan baru bagi manufaktur Amerika.” –inc, sa

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)