Peta sebaran covid-19 terbaru di Surabaya hingga 13/4/2020 (surabayalawancovid-19)

Surabayastory.com – Jumlah pasien positif virus corona di Surabaya dan Sidoarjo melonjak tajam.  Kasus positif baru virus covid-19 di Surabaya hampir dua kali lipat dari total kasus positif covid-19 di hari Sabtu (11/4/2020). Jumlah tambahan hingga Senin pagi (13/4/2020) terkonfirmasi ada 83 orang, sehingga total di Surabaya kasus positif sudah 180 orang. Selain Surabaya, peningkatan pasien positif covid-19 adalah daerah di sekitar Kota Surabaya.

Peningkatan jumlah positif covid-19 ini disinyalir belum pedulinya masyarakat akan efek mematikan penyakit ini. Bagian paling mudah yang gampang dilihat adalah masih banyaknya masyarakat yang bergerombol, nongkrong bareng, atau mengadakan acara kumpul-kumpul, Padahal, Pemerintah Kota Surabaya tak henti-hentinya melakukan program pencegahan seperti penyemprotan desinfektan ke seluruh sudut kota hingga tingkat RT-RW, sosialisasi untuk menjaga jarak aman (1-2 meter) antar orang agar tidak tertular virus, hingga memasang fasilitas cuci tangan pakai sabun di mana-mana.

Selain itu pemerintah juga terus menggalakkan slogan tetap di rumah kecuali ada urusan sangat penting, seperti belanja bahan pokok, ke rumah sakit, dan pekerjaan luar rumah yang tak bisa dikerjakan dari rumah.

Karena itu, program pelaksanaan physical distancing (jaga jarak aman) perlu dievaluasi. Penegakan hokum tentang hal-hal yang tidak boleh juga perlu untuk dilakukan secara tegas. –sa

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)