Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis Menjaga Kecantikan Wajah

Lihat saja banyak produk kecantikan yang mencantumkan jeruk nipis sebagai bahan dasar. Khasiat dan manfaatnya memang terlihat.

.

Sumber foto: gettyimages

.

Surabayastory – Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) adalah buah yang memiliki rasa asam dan agak pahit. Manfaat jeruk nipis yang umumnya kita ketahui selama ini hanyalah untuk menghilangkan bau amis atau menjadi penyedap makanan, namun ternyata manfaat jeruk nipis ini sangat banyak dan beragam. Berdasarkan penelitian, kandungan vitamin C yang ada pada jeruk nipis melebihi kandungan vitamin C jenis jeruk lainnya.

Buah yang satu ini selain segar untuk dijadikan minuman ternyata buah ini juga dapat dijadikan sebagai kecantikan dan kesehatan. Penjelasan singkatnya, nama ilmiah Citrus aurantifolia merupakan nama dari jeruk nipis yang sering kita manfaatkan sebagai minuman tersebut. Jeruk nipis sendiri merupakan salah satu dari jenis jeruk yang kaya akan manfaatnya. Buah yang berbentuk bulat dan berwarna hijau atau kuning ini kaya akan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Dari segi kecantikan jeruk nipis pada umumnya digunakan sebagai bahan dasar produk-produk kecantikan saat ini. Ya, walaupun buah ini sudah familiar di kalangan masyarakat namun banyak orang juga yang awam akan manfaat dari buah yang satu ini. Biasanya orang-orang mengetahui manfaatnya dari nenek moyang yang telah turun temurun, seperti halnya manfaatnya untuk menyembuhkan penyakit batuk.

Jeruk nipis berkhasiat bagi wajah Anda, beberapa manfaat jeruk nipis untuk wajah antara lain adalah sebagai berikut :

  • Jeruk nipis dapat membuat kulit wajah lebih halus.
  • Jeruk nipis bisa membuat kulit wajah lebih putih secara alami.
  • Jeruk nipis dapat mempercantik kulit.
  • Jeruk nipis bermanfaat merapatkan pori-pori.
  • Menyamarkan noda hitam atau flek hitam
  • Meremajakan kulit
  • Memerahkan bibir
  • Menghilangkan kelebihan lemak pada jenis kulit berminyak.
  • Menghilangkan keriput

Penampilan luar adalah hal yang sangat penting akhir-akhir ini karena semua orang ingin terlihat menarik dan tampil menawan. Namun jika ada masalah kulit seperti jerawat pada wajah, maka bisa menjadi hal yang besar dan memalukan, padahal banyak orang dari jaman dulu tahu bahwa jeruk nipis untuk obat  jerawat alami. Memang jarang sekali ada yang tahu bahwa bisa mengobati jerawat dengan jeruk nipis mungkin karena tidak diajarkan secara turun temurun dan tidak lazim dilakukan sekarang. Mengingat banyaknya obat dan lotion untuk mencegah dan mengobati jerawat pada wajah. Umumnya wanita lebih banyak mengalami gangguan jerawat dibandingkan kaum laki-laki. Obat  jerawat alami seperti tumbuh-tumbuhan dan bahan alam sekarang jarang dipakai lagi karena sedikitnya informasi dan budaya instan yang berkembang di dunia modern yang serba cepat ini.

Jeruk nipis digunakan sebagai bahan dalam pembuatan produk kecantikan. Beberapa produk bahkan mencantumkan jeruk nipis sebagai bahan dasar produknya. Kandungan vitamin C dan flavonoid (antioksidan) pada jeruk nipis juga bermanfaat untuk kulit. Kandungan ini dapat membantu  merevitalisasikan sel-sel kulit, mengembalikan dan memperbarui sel, serta menguatkan pembuluh darah.

Jeruk Nipis dan Air Putih

Dengan minum jeruk nipis yang dicampur dengan air putih akan menghidrasi kulit sehingga kulit tampak lebih segar dan lebih lembab. Sebaliknya kekurangan air akan memengaruhi sisi kognitif dan emosional, sehingga Anda mudah merasa bad mood.

Sebenarnya jerawat berasal dari gangguan hormon dalam darah yang tidak stabil, juga karena kotoran yang berasal dari luar seperti yang ada di udara dan masuk ke pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat. Ada juga tipe kulit yang memang rentan terhadap jerawat karena kerapuhannya terhadap kotoran. Ada juga fase dimana seseorang lebih mudah berjerawat karena stres atau depresi atau setelah mengalami trauma. Obat  jerawat alami sebenarnya lebih baik dan efeknya lebih aman karena prosesnya yang sederhana dan tidak menggunakan bahan kimia berbahaya, seperti obat jerawat dengan jeruk nipis. Dengan jeruk nipis, jerawat bisa diatasi dengan murah dan tanpa perawatan yang rumit. Bahannya pun bisa didapat dimana saja dan bahkan kita bisa menanam sendiri sebagai tumbuhan hias.

Jerawat dapat menurunkan rasa percaya diri kita hingga ke taraf yang berbahaya seperti menjadi malu terhadap orang lain secara berlebihan. Obat  jerawat alami dengan jeruk nipis bisa dibuat siapa saja dan kapan saja. Sangat sederhana, sesederhana membuat minuman jus jeruk. Prinsip yang dipakai oleh jeruk nipis sebenarnya sangat sederhana yaitu membuat keseimbangan asam di kulit menjadi stabil dan lebih sehat, serta memperkecil pori-pori sehingga lebih tahan terhadap kotoran. Efek lain adalah membersihkan kulit secara menyeluruh dengan zat alaminya. Masker jeruk nipis dan madu yang dipakai selama 30 menit bisa membantu menghilangkan jerawat seperti facial seharga 100 ribu rupiah. Obat jerawat alami yang lain sebenarnya banyak sekali, namun yang teruji secara klinis kebanyakan sejenis jeruk dan buah sebangsanya seperti lemon. Sebagai obat  jerawat alami, jeruk nipis bisa membantu mengurangi iritasi dan pembengkakan kulit dan menetralisir rasa sakit akibat jerawat. Sehingga membantu menyembuhkan sekaligus memperhalus kulit.

Efek dari jeruk nipis sebagai obat  jerawat alami lainnya seperti mengecilkan pori-pori wajah, menghilangkan bintik hitam, dan mengurangi produksi komedo sangat berguna bagi kecantikan kulit wajah, terutama untuk wanita. Efek lainnya yang sangat baik adalah mencegah kotoran menempel di wajah dan mengurangi kandungan minyak berlebih. Jadi sekarang terserah pada kita untuk mencoba menangani jerawat dengan pergi ke salon kecantikan dan menghabiskan banyak biaya atau dengan biaya yang lebih sedikit untuk obat  jerawat alami dengan khasiat lebih dan tanpa efek samping.

Manusia juga memiliki warna kulit yang tidak sama satu sama lain. Selain faktor genetik, ada juga beberapa faktor lain, seperti iklim dan cuaca. Kulit wajah adalah bagian yang paling penting, khususnya bagi kaum wanita. Karena itu, kaum wanita melakukan beberapa upaya untuk membuat kulit wajah menjadi putih bersih dan menarik. Semula, baik kedokteran maupun di salon kecantikan, memutihkan kulit dilakukan dengan cara pengelupasan sel-sel mati oleh produk dengan bahan-bahan aktif, hanya dengan mengonsumsi dan membalur tubuh (bagian-bagian tertentu pada tubuh) dengan jeruk nipis, kulit menjadi lebih putih. Selain kaya gizi, jeruk juga kaya akan zat seperti bioflanid, minyak atsiri limonenasam sitratlinalin asetat, dan fellandren. Salah satu manfaat jeruk nipis di bidang kecantikan adalah kandungan vitamin C yang dapat membuat kulit menjadi putih, halus, dan kencang. Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan. Vitamin C yang memiliki ikatan L dalam setiap molekulnya, bagus untuk mencerahkan warna kulit.

.

Cara Memanfaatkan Jeruk Nipis

Untuk memperoleh manfaat jeruk nipis bagi wajah Anda sebagaimana yang disebutkan di atas, resepnya adalah sebagai berikut:

Cara 1 :

Bisa dengan mengonsumsi jeruk nipis, agar vitamin C nya bisa diserap oleh tubuh secara maksimal.

Cara 2 :

Sediakan jeruk nipis yang masih segar, lalu belah menjadi dua bagian. Lalu usapkan daging jeruk nipis ke kulit wajah, hidung, dan pipi yang memiliki pori-pori besar. Usapkan pula daging jeruk nipis tersebut ke bagian wajah yang kasar dan kusam. Dengan melakukan ini secara rutin, niscaya wajah Anda akan lebih halus, putih, dan memiliki pori-pori yang rapat.

Cara 3 :

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah untuk mengatasi jerawat yang tumbuh di wajah. Anda dapat menggunakan air perasan jeruk nipis dan madu sebagai masker. Kemudian aplikasikan pada wajah hingga 10 menit, setelah 10 menit dibilas dengan air hangat. Air perasan jeruk nipis dapat mengurangi minyak pada wajah, sedangkan kandungan antiseptik yang terdapat pada madu dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Bisa juga dengan cara, satu jeruk nipis diiris kemudian digosokkan pada kulit wajah.

Sebelum mengaplikasikan masker pada wajah, jangan lupa untuk mencuci atau membersihkan wajah terlebih dahulu. Anda dapat juga menguapkan wajah atau membasuh wajah dengan air hangat agar pori-pori wajah terbuka dan mampu meresap nutrisi dari masker. Setelah selesai dan sudah dibersihkan dengan air hangat , basuh wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori.
Membuat dan menggunakan masker buah merupakan cara agar kulit dapat terlihat cantik alami dengan murah. Lakukan secara teratur agar hasilnya dapat maksimal.

Cara 4 :

Ambil satu buah jeruk nipis, cuci bersih lalu iris bagi dua. Peras airnya, bisa untuk diminum, lalu gunakan ampasnya untuk digosokkan pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. Diamkan sekitar 10 menit kemudian bersihkan wajah dengan air dingin. Manfaatnya bisa mengontrol kelebihan minyak pada kulit, jadi kulit Anda akan terbebas dari yang namanya jerawat.

Cara 5 :

Ambil jeruk nipis dan peras airnya sebanyak satu sendok teh. Campur air jeruk nipis tadi dengan satu sendok teh madu. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan menggunakan air dingin.

Cara 6 :

Bila ingin bibir merah yang alami, caranya belah jeruk nipis oleskan ke bibir.  Setelah itu diamkan sejenak. Pasti bibir menjadi merah alami dan menawan.

Cara 7 :

Bila ingin menghilangkan keriput pada wajah, cobalah tips berikut ini. Peras satu butir jeruk nipis, tambahkan satu sendok teh minyak kayu putih dan ¼ sendok makan kapur sirih. Aduk sampai rata lalu balurkan pada wajah setiap malam.

Cara 8 :

Cuci bersih jeruk nipis, lalu iris. Peras airnya untuk diminum. Usapkan kulit bagian dalam jeruk nipis ke wajah yang sudah bersih secara perlahan-lahan dengan gerakan memijat. Bilas dengan air dingin.

Cara 9 :

Solusi ampuh lainnya untuk mengobati jerawat. Oleskanlah jeruk nipis pada bagian wajah setiap malam hari menjelang tidur. Saat pagi, bersihkan wajah yang telah diolesi air jeruk nipis tersebut.

 

Cara 10 :

Sari jeruk lemon atau jeruk nipis dapat menyamarkan bekas noda jerawat dan menghapusnya secara perlahan. Efek bleaching alami memang sudah terkandung dalam sari jeruk tersebut. Caranya : Iris beberapa lemon/jeruk nipis. Peras sarinya, kemudian maskerkan di wajah secara rutin sebelum tidur. Diamkan selama 10-15 menit dan lakukan setiap hari. Rasanya mungkin agak sedikit menyengat seperti jarum yang menusuk-nusuk ke kulit. Namun noda jerawat akan memudar setidaknya dalam jangka 2-3 minggu. Plusnya adalah, pori-pori lebih kecil, serta kulit tidak terlalu berminyak.

Cara 11 :

Sebagai penghilang alami flek hitam di wajah. Untuk mendapatkan wajah yang lebih menarik, tentu banyak cara untuk meraih semua itu. Berikut adalah tips mendapatkan wajah yang bersih dan bebas dari flek hitam.

Setiap wanita tentu saja mendambakan kulit wajah yang bersih dan mulus, tetapi mungkin harapan tersebut tidak terjadi bagi sebagian wanita yang memunyai bekas jerawat maupun flek hitam di wajah. Memang penyebab flek hitam di wajah bermacam-macam diantaranya akibat paparan sinar matahari, bekas jerawat, akibat pemakaian obat hormonal seperti pencegah kehamilan, pemakaian kosmetik tidak tepat, dan sebagainya.

Menghilangkan flek hitam di wajah bukan persoalan yang mudah karena membutuhkan perawatan yang rutin. Salah satu cara yang sering dilakukan kaum hawa untuk menghilangkan flek adalah melakukan facial di salon, yang tentu saja harus dilakukan secara rutin dengan biaya yang tergolong mahal.

Untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan dalam melakukan facial di salon, Anda dapat melakukan facial sendiri di rumah. Memang perawatan facial sebenarnya dapat dilakukan sendiri, asal cukup mengetahui bahan-bahan apa saja yang diperlukan. Selain menggunakan bahan-bahan masker yang dijual di pasaran, Anda juga dapat melakukan facial dengan buah-buahan dan bahan alami lainnya.

Anda dapat melakukan facial di rumah dengan cara :

  • Usapkan krim pemutih pada wajah dan diamkan selama ±15 menit.
  • Bersihkan wajah, lalu gosok dengan menggunakan scrub untuk melenyapkan sel kulit mati.
  • Cuci wajah, lalu lumuri wajah dengan masker.
  • Setelah masker mengering, wajah kembali dibersihkan, selanjutnya gunakan pelembab.

Pada saat menggunakan masker, Anda dapat memilih beberapa buah-buahan ataupun bahan alami lainnya yang dapat diperoleh dengan mudah di pasar dekat rumah Anda diantaranya bengkuang, mentimun, irisan jeruk nipis, dan lainnya.

Selain masker bengkuang dan mentimun, Anda juga dapat mencoba irisan jeruk nipis untuk dapat mencerahkan kulit dan mengangkat sel-sel kulit yang mati. Bagi Anda yang berusia diatas 40 tahun, irisan jeruk nipis yang diletakkan secara merata di kulit wajah dan seluruh tubuh dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Diamkan irisan jeruk nipis tersebut hingga kering, lalu bilaslah dengan air hangat-hangat kuku agar pori-pori terbuka. Setelah itu, bilas kembali dengan air dingin agar pori-porinya merapat.

Cara 12 :

Sebagai pembasmi komedo di hidung. Untuk membasmi komedo tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk-produk perawatan penghilang komedo.

Kandungan asam dari jeruk nipis dapat membasmi komedo. Campur lima sendok makan air jeruk nipis dengan satu atau dua sendok makan baking soda. Aduklah sampai berbentuk pasta. Oleskan campuran pada hidung, lalu diamkan selama 20 menit. Setelahnya, bilas dengan air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan ini setiap harinya.

Cara 13 :

Masker untuk kulit berminyak. Bahannya : satu buah pisang matang, satu sendok makan madu, satu butir jeruk nipis. Caranya : Hancurkan pisang di dalam mangkuk, aduk-aduk dengan madu dan perasan jeruk nipis. Oleskan di wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas.

Cara 14 :

Potong jeruk nipis secukupnya, lalu peras airnya ke dalam cawan. Tambahkan satu sendok teh bubuk belerang sambil diaduk rata. Oleskan campuran tersebut ke wajah yang berjerawat.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Silakan mencoba, dan ceritakan bila berhasil. –drs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *