Sebab utama dari masuk angin adalah adanya serangan angin dingin atau angin panas. Bagaimana mengatasi dengan pijat refleksi?

.

.

Surabayastory.com – Dari mana angin dingin dan angina panas penyebab masuk angin itu datang? Angin dingin bisa berasal dari AC mobil, AC ruangan, jendela yang dibuka pada malam hari. Mereka yang sering tidur di lantai bisa juga terserang angin dingin. Angin panas terjadi karena seseorang yang kurang baik kondisinya, melakukan pekerjaannya di siang hari, sehingga angin yang masuk disebut angin panas.

Sifat penyakit karena angin biasanya suka berpindah-pindah tempat. Bila menyerang kepala menjadi pusing, bila di tangan terjadi rasa nyeri dan ngilu, bila di perut akan timbul mual-mual kembung, bila di kaki menyebabkan otot-otot lemas dan loyo.

.

Gejala Masuk Angin

1. Masuk angin karena angin dingin : demam, kedinginan, tidak bisa keluar keringat, sakit kepala, hidung tersumbat, sakit pada persendian, kadang-kadang disertai gatal tenggorokan dan batuk-batuk. Selaput lidah putih tipis, nadi mengambang tegang.
2. Masuk angin karena angin panas : demam, takut angin, berkeringat, kepala terasa bengka (menggelembung), haus, batuk kering dan pendek, tenggorokan seperti tersumbat dan nyeri. Selaput lidah kuning tipis, nadi mengambang cepat.

Cara pengobatannya :

1. Masuk angin karena angin dingin :
Untuk mengusir angin dingin dan menyembuhkan gejala luar, beri pijatan sebanyak 50 -60 kali pijatan (berlawanan arah jarum jam) pada titik-titik di meridian:

  • Fung Fu : 1 cun (1 ibu jari) diatas batas rambut di garis tengah badan bagian belakang.
  • He Ku      : di puncak otot antara tulang jari jempol tangan dan tulang jari telunjuk.
  • Fong Ce : 1 cun (1 ibu jari) di atas batas rambut belakang kepala di lekukan kiri kanan tulang leher. Berfungsi untuk menyembuhkan sakit kepala dengan mengusir angin dan menyembuhkan gejala luar.
  • Liek Ciek : 1,5 cun (2 jari) dari pergelangan tangan sebaris jari jempol, berfungsi menyembuhkan rasa tak enak di kepala dan leher serta hidung tersumbat.
  • Fu Liu    : 2 cun (3 jari) diatas mata kaki bagian dalam, berfungsi untuk mengatasi keringat.
  • Tay Yang : terletak di antara ujung alis luar dan tulang mata dan Yin Siang (II 20) yang terletak di tepi cuping hidung adalah titik lokal untuk menyembuhkan serangan angin di daerah kepala dan muka.
  1. Masuk angin karena angin panas :

Untuk mengusir angin panas, pijat titik-titik di meridian yang mudah kemasukan angin , dan pijat titik-titik tersebut sebanyak 30-40 kali searah jarum jam.

  • Ta Cui    : ujung tulang leher ke tujuh, yang merupakan titik pertemuan meridian Yang.
  • Fong Ce: 1 cun (1 ibu jari) di atas batas rambut belakang kepala di lekukan kiri kanan tulang leher. Berfungsi untuk menyembuhkan sakit kepala dengan mengusir angin dan menyembuhkan gejala luar.
  • He Ku    : di puncak otot antara tulang jari jempol tangan dan tulang jari telunjuk.
  • Wai Kuan: 2 cun (3 jari) di atas pergelangan tangan segaris dengan jari tengah, berfungsi untuk mengusir angin dan panas.

Itulah beberapa titik-titik yang bisa dipijat dan ditekan untuk mengurangi dan perlahan menghilangkan rasa masuk angin dalam badan. Perlu dicoba dan dilakukan secara perlahan. –drs

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)