Air putih diandalkan banyak orang untuk mengobati rasa haus ketika melakukan perjalanan jauh. Bila bosan, Anda bisa menggantinya dengan air jeruk nipis.

.

.

Surabayastory.com – Air jeruk nipis diyakini bisa menahan rasa haus untuk beberapa jam lantaran vitamin C berkadar tinggi yang dimilikinya. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa mengolah jeruk nipis dalam sebuah minuman. Cukup beberapa tetes karena bila terlalu banyak, rasanya akan sangat asam dan bisa merugikan bagi para penderita gangguan lambung.

Seperti dilansir Ehow, caranya, belah jeruk nipis menjadi dua, lalu peras airnya, dan pastikan bijinya tidak terbawa agar tidak tertelan ketika diminum. Peras jeruk nipis hingga benar-benar habis airnya.

Setelah Anda peras, diamkan air jeruk beberapa saat agar sari-sarinya bisa terkumpul dan kadar vitaminnya bisa menyatu. Kemudian, tuang perasan jeruk nipis ke dalam wadah yang memiliki tutup misalnya shaker. Kocok sambil Anda memegang tutupnya dan agar lebih nikmat, tambahkan es batu. Selanjutnya, Anda buka tutup shaker kemudian tuangkan campuran air jeruk nipis ke dalam gelas.

Minum air jeruk nipis juga berguna sebagai penangkal penyakit. Tambahkan perasan jeruk nipis ke satu gelas teh hijau sebagai minuman kesehatan. Vitamin C pada jeruk nipis akan membebaskan lebih banyak zat catechin pada teh hijau. Catechin adakah zat antioksidan yang dipercaya dapat menangkal penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Jeruk nipis yang banyak digunakan airnya sebagai bumbu masakan dan penghilang bau amis pada ikan atau daging, juga digunakan sebagai bahan campuran minuman. Aneka punch, sorbet, dan cocktail terasa lebih segar dengan menambahkan air jeruk nipis. Warna kulitnya hijau mengilat, daging buahnya putih kekuningan, dan cita rasanya sangat asam.

Keuntungan Minum Air Hangat dan Jeruk Nipis

Minum air hangat memang memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh, apalagi air hangat sangat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Mulanya  untuk memulai meminum air hangat dan jeruk nipis mungkin tidaklah seenak dan senikmat meminum teh manis ataupun minuman perasa lainnya. Namun lambat laun setelah kita merasakan manfaat dari khasiat keduanya, kita akan senantiasa rutin untuk meminumnya.

Khusus untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, minuman ini cukup ampuh untuk menyingkirkan lemak dalam tubuh. Berikut ini beberara manfaat yang pasti ada dapatkan jika senantiasa rutin mengonsumsi kedua jenis minuman ini :

  1. Kombinasi kedua minuman ini dipercaya untuk menurunkan berat badan Anda, biasakan minumnya pada pagi hari. Selain itu meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Ternyata air hangat dan jeruk nipis ini juga mampu membuat kita segar sampai siang hari selama aktivitas.
  2. Air hangat dan jeruk nipis ini juga dapat menghindari kita dari dehidrasi,selain itu air hangat juga dapat membantu penekan nafsu makan alami. Sangat cocok sekali buat anda yang aktivitasnya padat.
  3. Meminum jeruk nipis juga dapat merangsang pencernaan, sehingga memudahkan tubuh Anda untuk meyerap nutrisi. Dampak dari kurangnya nutrisi akan membuat tubuh Anda mudah lapar.
  4. Mengonsumsi jeruk nipis juga mampu menghilangkan selulit yang membandel, terutama untuk ibu-ibu pasca melahirkan. Cobalah untuk rutin meminum jeruk nipis dan air hangat ini sebagai ramuan alami penghilang selulit.
  5. Dengan kandungan vitamin C yang banyak di jeruk nipis ini menurut U.S. Department of Agriculture, satu buah lemon memberikan 30,7 mg vitamin C. Jumlah harian yang disarankan adalah 75  mg untuk wanita dan 90  mg untuk pria.
  6. Keunggulan dari jeruk nipis dan air hangat ini juga mampu menjaga daya tahan tubuh, membantu mencegah penyakit-penyakit kronis lainnya.

Khasiat air hangat dan jeruk nipis ini memang sudah tidak diragukan lagi, baiknya Anda juga harus rutin untuk mengonsumsinya. –drs

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)