Tomat gampang ditemui di negeri ini. Kaya manfaat, harganya terjangkau. Menguak khasiat tomat akan sangat panjang. Ini cerita singkatnya.

 .

.

Surabayastory.comBuah adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral. Melihat ‘kekayaannya’ ini, buah sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Banyak buah di sekeliling kita, kita akan membahas tomat dari berbagai sisi. Salah satu buah yang murah namun kaya manfaat adalah: tomat.

Kita semua pasti mengenal tomat. Mungkin juga manfaatnya. Namun di balik itu banyak khasiat dan manfaat yang tersembunyi. Kita perlu tahu.

Tomat yang gampang didapatkan di mana saja, mengandung manfaat besar untuk kesehatan. Dalam tubuhnya, tomat penuh dengan vitamin A, C, dan K. Vitamin A dibutuhkan untuk kesehatan kulit dan mata, vitamin C untuk regenerasi sel dan sistem kekebalan tubuh dan vitamin K untuk kesehatan tulang. Tomat juga merupakan sumber potasium yang baik, mangan, niasin, besi dan beberapa vitamin B kompleks dan vitamin E. Mereka yang paling bergizi ketika sudah masak. Sebuah tomat, masak merah mengandung empat kali jumlah beta-karoten dari tomat hijau.

Selanjutnya, yang paling penting dalam tomat ada likopen (Lycopene).  Ini adalah antioksidan karotenoid yang sangat kuat. Biasanya ditemukan dalam makanan merah dan merah muda tertentu, termasuk tomat. Ini adalah salah satu antioksidan yang paling banyak diselidiki dan ada studi yang tak terhitung jumlahnya, termasuk studi di Harvard Medical School, konsumsi likopen menghubungkan untuk mengurangi risiko tertular beberapa jenis kanker dan bahkan penyakit jantung. Sebagai antioksidan, likopen bekerja dengan memerangi kerusakan radikal bebas, mencegah sel-sel dari menjadi kanker dan melindungi DNA dalam sel-sel darah.

.

Manfaat Tomat

.
Manfaat tomat sebenarnya sudah di teliti sejak lama, beberapa peneliti mendapatkan bahwa tomat dapat mengobati ganguan pencernaan, diare, memulihkan fungsi lever dan serangan empedu. Selain itu juga ditemukan bahwa gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah penyebab stroke dan penyakit jantung. Tomat juga mampu memulihkan lemah syahwat dan meningkatkan jumlah sperma serta menambah kegesitan gerakan.

Keisitimewaan lain buah tomat adalah tinginya kandungan likopen. Selain memberikan warna merah pada buah tomat, likopen terbukti efektif sebagai zat antioksidan. Likopen juga dapat menurunkan risiko terkena kanker, terutama kanker prostat, lambung, tenggorokan dan usus besar. Kandungan asam klorogenat dan asam p-kumarat di dalam tomat mampu melemahkan zat nitrosamin penyebab kanker.

Kandungan lain yang terdapat dari tomat adalah kaya akan vitamin A, vitamin C, mineral, serat dan zat fitonutrien, yang semua itu sangat menyehatkan tubuh.

Mengonsumsi buah tomat bisa dilakukan langsung setelah dicuci bersih. Namun ada penelitian yang menyatakan, sebaiknya dimasak terlebih dahulu. Seperti yang terungkap dari penelitian badan pangan dunia FAO-WHO. Hasil penelitian lembaga ini menunjukan jika kandungan likopen tidak rusak dan jumlahnya tidak jauh berubah selama pemanasan. Bahkan kandungan likopen akan meningkat 10 kali lipat ketika tomat diolah menjadi saus atau pasta tomat.

Likopen merupakan bagian dari karotenoid yang larut dalam lemak, namun likopen yang larut di dalam lemak justru sulit di serap oleh tubuh. Karenanya, disarankan mengolah tomat dengan cara di rebus atau dikukus. Mengkonsumsi sebaiknya pilih yang tomat organik. Tomat organik lebih sehat karena bebas dari residu kimia, baik dari pupuk dan pestisida. Tomat dari hasil organik juga lebih tinggi kandungan kalsiumnya, sekitar 23 mg dibandingkan tomat un-organik yang hanya mengandung 5 mg kalsium.

Tomat memiliki karakteristik manis, asam dan pahit pada saat yang sama dan karena itu bekerja dengan baik dalam saus, saus tomat, pasta, jus dan smoothie. Mereka dapat dijemur, sandwich mentah atau ditambahkan ke dimakan atau salad dan tambahan sehat untuk sarapan, makan siang atau makan malam.
Tomat, buah merah, yang selalu terlihat ranum siap dimanfaatkan. Buah ini diam-diam menyimpan sejuta manfaat. — vee

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)