Risalah Singkat Khasiat Salad untuk Kesehatan

Salad sudah sangat dikenal warga Surabaya. Khasiatnya yang tak banyak dipopulerkan membuat salad belum jadi pilihan utama.

.

.

Surabayastory.com – Banyak orang tak menyadari makan salad memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan asal komposisi bahannya tepat. Makan salad setiap hari menawarkan keuntungan yang besar bagi kesehatan kita. Itu adalah salah satu kebiasaan termudah dan paling sehat yang dapat dilakukan setiap orang. Salad mudah untuk membuatnya dan makanan ini membawa kita pada langkah yang lebih dekat pada kebutuhan sehari-hari akan buah dan sayuran seperti dianjurkan. Pilihlah beberapa buah kesukaan Anda. Tambahkan dressing (saus) pada buah-buahan itu dengan bahan-bahan yang rendah atau bebas lemak, maka Anda akan mendapatkan  beberapa keuntungan kesehatan.

Menurut Lauren S. Johnson,  satu keuntungan mengkonsumsi salad adalah meningkatkan asupan serat. Salad memberikan kepada tubuh dengan banyak serat yang pada gilirannya akan menurunkan kolesterol dan mengurangi sembelit. Di samping itu ketika Anda makan buah dan sayuran hijau, Anda akan merasa kenyang, makan sedikit dan menurunkan berat badan. Karena salad sangat mengeyangkan, makan salad sebelum makan utama akan mengurangi jumlah kalori yang akhirnya Anda konsumsi. Begitu Anda menikmati makanan utama Anda akan merasa kenyang dan puas. Ini pada gilirannya akan mengurangi asupan kalori dan menurunkan berat badan.

Banyak studi menunjukan bahwa banyak orang Amerika yang tidak mendapatkan sajian buah dan sayuran seperti dianjurkan. Dan dengan makan salad setiap hari maka problem semacam itu sebenarnya bisa diselesaikan. Sayuran dan buah kaya dengan nutrisi sehingga akan memberikan kontribusi bagi keseluruhan tubuh kita.

Di samping itu, sayuran hijau memberikan kepada tubuhmu dengan tingkat antioksidan yang tinggi. Dengan demikian, salad bisa menurunkan resiko terkena banyak penyakit, seperti kanker.  Juga dengan memakan salad kita meningkatkan asupan kita terhadap lemak sehat. Ketika kita menyertakan olive oil, apukat, atau kacang ke dalam salad kita maka akan membantu tubuh kita dengan penyerapan phytochemicals yang bersifat memberikan perlindungan.

Manfaat Ringkas Salad

Salad adalah campuran dari buah, sayuran, kacang, keju dan gandum tunas. Karena banyak sekali tersedia jenis buah dan sayuran, Anda bisa membuat pilihan sesuai selera. Tapi yakinkan bahwa buah dan sayuran yang dipilih benar-benar bersih. Gunakan kombinasi bahan-bahan yang berbeda seperti buah, sayuran hijau, kacang-kacangan, gandum tunas sehingga Anda mendapatkan semua kandungan gizinya. Salad harus mengandung hiasan agar bisa tampil lebih menarik dan menggugah selera. Pilih bahan-bahan yang tampilannya menarik dan memiliki nilai gizi yang baik sehingga salad Anda tidak hanya menarik tapi juga penuh gizi.

Kalau diringkas maka keuntungan makan salad setiap hari adalah sebagai berikut:

  • Sayuran hijau dalam salad membantu menurunkan kolesterol.
  • Ketika salad tidak mengandung lemak akan membantu menurunkan berat badan.
  • Salad sayuran hijau membantu mengatasi sembelit
  • Makan salad akan mendapatkan serat.Salad memberikan tubuh dengan banyak serat yang membantu tubuh manusia.
  • Makan salad akan mengurangi asupan kalori selama makan siang atau malam.
  • Salad buah dan sayuran setiap hari memberikan banyak nutrisi kepada sel-sel tubuh..
  • Salad membantu kita terhindar dari banyak penyakit seperti gangguan jantung dan tekanan darah
  • Dengan mengkonsumsi sayuran hijau setiap hari akan menghindarkan resiko terkena serangan kanker.

.

.

Suatu studi yang dilakukan  UCLA/Louisiana State University pada lebih dari  17,500 pria dan wanita menemukan konsumsi salad dan sayuran mentah berkorelasi dengan konsentrasi asam folate yang lebih tinggi, vitamins C  dan  E,  lycopene dan  alpha serta beta carotene dalam aliran darah..

Diterbitkan pada Journal of the American Dietetic Association edisi bulan September, studi itu juga menyatakan bahwa setiap sajian salad yang dikonsumsi berkorelasi dengan peluang yang lebih tinggi sekitar 165 percent dalam memenuhi kebutuhan harian yang direkomendasikan akan vitamin C pada wanita dan 119% pada pria.

Studi itu pertama-tama menguji hubungan antara konsumsi salad normal dengan tingkat nutrisi dalam aliran darah, dan juga pertama menguji kecukupan makan konsumsi salad dengan menggunakan dasar petunjuk gizi terakhir dari Food and Nutrition Board of the National Academy of Sciences.

Temuan-temuan itu mengikis kekhawatiran tentang kemampuan tubuh manusia untuk menyerap zat gizi dari sayuran mentah. Juga kekhawatiran bahwa struktur dan karakteristik beberapa tanaman akan menurunkan nilai gizi.

“Tingkat gizi yang lebih tinggi dan  gizi tertentu dalam aliran darah dari pemakan salad secara konsisten menyatakan komponen-komponen penting dari makanan sehat ini diserap dengan baik dari salad,” kata Lenore Arab,  profesor tamu epidemiologi pada the UCLA School of Public Health dan pembuat studi bersama L. Joseph Su, asisten  professor pada the LSU School of Public Health.

“Temuan-temuan itu mendukung konsumsi salad dan sayuran mentah sebagai strategi efektif untuk meningkatkan asupan nutrisi yang penting. Sayangnya, kita juga menemukan konsumsi salad harian tidak ada stAndarisasi dalam sejumlah kelompok, dan bahkan tidak umum di kalangan orang Amerika-Afrika,,”  kata Arab.

“Kita memiliki begitu banyak makanan di  negara ini. Dengan meningkatnya konsumsi sayuran merupakan strategi yang bijak untuk menyusun masakan yang kaya nutrisi,” ia menambahkan. “Kenyataannya, penemuan kita menyatakan bahwa memakan hanya satu sajian salad atau sayuran per hari secara signifikan akan meningkatkan kemungkinan memenuhi kebutuhan harian akan nutrisi tertentu secara signifikan.”

Studi itu menguji hubungan antara konsumsi salad yang dilaporkan dan tingkat nutrisi serum darah, juga kecukupan makanan pada wanita (sebelum atau sesudah monopouse) dan pria berbagai usia. Tim riset menganalisa data makanan dari 9,406 wanita dan  8,282 pria yang berusia 18 tahun sampai 45 tahun dan  55-plus yang tercakup dalam survey III  the National Health and Nutrition Examination Survey III yang dilakukan pada tahun 1988-94.

Porsi Makan Salad

Konsumsi salad didasarkan pada asupan salad, sayuran mentah dan dressing salad seperti yang dilaporkan partisipan penelitian. Ukuran-ukuran laboratorium menentukan tingkat gizi dalam serum darah. Hubungan antara konsumsi salad dan tingkat nutrisi serum ditentukan dengan menggunakan model statistic regresi. Ukuran-ukuran itu disesuaikan dengan usia, olah raga, obat-obatan anti kolesterol, merokok, dan variabvel lainnya.

Mengkonsumsi satu porsi salad perhari memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar dibandingkan yang selama ini kita ketahui. Seperti temuan the UCLA School of Public Health dan Louisiana State University Health Sciences Cente, mereka yang mengonsumsi salad dan sayuran segar dengan campuran saus salad di dalam tubuhnya ditemukan kandungan vitamin C, E, B6 dan asam folate yang kadarnya lebih tinggi. Perlu diketahui, nutrisi tersebut sangat penting untuk meningkatkan sistem imun dan menekan risiko terjadinya obesitas, penyakit jantung dan penyakit kronik lainnya.

Konsumsi satu porsi salad perhari sangat baik untuk meningkatkan status nutrisi kita. Hanya dengan mengonsumsi setengah mangkuk sayuran setiap harinya sudah memperoleh sebanyak 2000 kalori .

Dalam penelitian tersebut juga terungkap bahwa penduduk Amerika banyak yang tidak memiliki kandungan vitamin yang cukup dalam tubuhnya. Padahal kalau mereka menginginkan hal itu mudah dipenuhi lewat makan saald setiap hari. Sayuran segar yang terdapat di salad juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk pencernaan karena mengandung serat yang tinggi serta antioksidan untuk peningkatan sistem imun.

Penelitian itu juga menjelaskan bahwa saus atau dressing yang ditambahkan dalam salad tidak hanya bermanfaat untuk penambah sedapnya rasa salad, namun juga meningkatkan penyerapan nutrisi yang dikonsumsi. Karena bukan hanya nutrisi dari sayuran atau buah saja menyebabkan absorbi oleh tubuh berjalan dengan baik, namun sejumlah lemak juga dibutuhkan untuk memperlancar absorbsi nutrisi, seperti lycopene dan alpha/beta-carotene. –drs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *