Minum kopi ada caranya. Para penikmat kopi perlu tahu untuk bisa mendapatkan kopi yang nikmat dan tetap sehat.

.

.

Surabayastory.com     Pada dasarnya, cara yang benar untuk menikmati kopi adalah jika Anda tahu bagaimana kopi tersebut bermanfaat bagi tubuh Anda. Cara yang salah adalah jika kopi justru membuat Anda sakit. Contohnya jika Anda harus menyelesaikan pekerjaan semalaman, lalu minum banyak kopi untuk membuat Anda terus terjaga. Perlu Anda ingat bahwa kopi mengandung racun yang bernama kafein. Seperti obat, kafein bisa menyehatkan sekaligus melukai kita. Terlalu banyak kafein bisa menimbulkan gangguan kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, mudah marah, dan gangguan tidur.

Kesalahan lainnya adalah membiarkan anak Anda minum kopi sebagai ganti minuman bergizi lain yang dibutuhkan anak. Kafein dalam kopi bisa berbahaya bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Kafein dapat mencuri kalsium dari tulang, dan bisa membuat tulang anak menjadi rapuh.

Inilah cara minum kopi yang disarankan:

  • Minum lebih sering dalam dosis kecil.

Cukup minum seperempat cangkir kopi setiap jam. Jika Anda meminumnya untuk mencegah kantuk, cara ini lebih efektif daripada jika Anda menenggak satu mug besar.

  • Singkirkan rokok Anda.

Minum kopi sambil merokok justru mengurangi daya tahan kafein.

  • Sesap kopi Anda, lalu tidurlah.

Inilah cara terbaik untuk memulihkan energi. Minumlah kopi, lalu tiduran 10 hingga 20 menit. Selama itulah kopi juga membutuhkan waktu untuk menampakkan khasiatnya. Lagi pula, tidur memang satu-satunya cara untuk menjadi bugar. Dengan demikian, Anda akan terbangun dalam keadaan betul-betul segar.

  • Isi dulu perut Anda.

Bohong bila ada yang mengatakan bahwa minum kopi bisa menyingkirkan rasa lapar. Hal itu hanya membuat perut Anda kembung. Justru Anda harus makan sebelum minum kopi.

Anda tidak perlu minum kopi bila:

  1. Anda merasa gelisah setelah meminum kopi.
  2. Anda mengalami kesulitan tidur (insomnia).
  3. Anda punya masalah dengan perut, atau gangguan dalam pencernaan.
  4. Anda ingin buru-buru merokok setelah minum kopi.
  5. Anda sedang mengonsumsi obat flu atau sakit kepala yang juga mengandung kafein. Hal ini akan melebihi kuota kafein yang aman.

.

 .

Cara Menyeduh Kopi

  1. Seduh kopi dengan air yang mendidih.
  2. Seduh kopi dalam cangkir keramik. (di gelas atau cangkir bukan keramik suhu air diserap oleh media itu)
  3. Tidak menyimpan sendok dalam cangkir pada saat menyeduh. (sendok juga menyerap panas)
  4. Biarkan serbuk kopi benar-benar pecah sekitar 5-10 detik. (terlihat busa mengapung di permukaan)
  5. Aduk dengan putaran rendah paling banyak 5 putaran searah. (terlalu banyak memutar sendok mempercepat penguapan)

 

.

Kiat Minum Kopi

  1. Jangan biarkan kopi tubruk lebih dari 20 menit

Rasa (flavor) kopi yang nikmat akan lenyap begitu saja bila didiamkan lebih dari 20 menit. Ingin lebih nikmat lagi? Beli biji kopi yang sudah dipanggang. Grind atau giling ketika akan diminum. Untuk penggilingan, anda bisa minta bantuan para barista di kedai kopi terdekat untuk menggilingnya. Namun, jangan biarkan kopi giling itu lebih dari 7 hari karena rasanya pasti berkurang dan tidak nikmat lagi.

  1. Temukan jodoh ideal minum kopi

Sesuaikan makanan kecil dengan jenis kopi yang anda miliki. Untuk kopi Amerika Latin, pilih kudapan berupa cake cokelat karena kopi Latin beraroma cokelat. Kopi Indonesia sangat berjodoh dengan makanan yang bahannya ditumbuhkan di dalam tanah. Hal itu karena kopi Indonesia beraroma tanah habis disiram air hujan. Jadi, kacang tanah atau singkong goreng merupakan soulmate yang pas untuk kopi Indonesia.

  1. Penikmat kopi sejati tidak merokok

Pemandangan yang lazim kita saksikan adalah dimana ada kopi diminum, disitu ada rokok dihisap. Padahal perlu diketahui, kopi adalah komoditi yang sensitif. Aroma kuat di sekitar kopi pasti akan memengaruhi aroma dan rasanya. Contohnya ketika ada durian yang baunya sangat menyengat, aroma dan rasa kopi akan menjadi seperti durian. Bau asap rokok pasti akan merusak aroma dan rasa kopi. Karena itu, sejatinya kopi dinikmati tanpa rokok.

  1. Disimpan seperti obat

Lemari es bukan tempat ideal untuk menyimpan kopi. Sebab, biji kopi akan menyerap rasa dan aroma bahan makanan lain yang ada di lemari es. Tempat yang ideal untuknya adalah tempat yang bersih, kering, tertutup rapat, sejuk dan gelap.

  1. Dua sendok makan untuk 200 ml air

Kualitas secangkir kopi ditentukan oleh air. Air yang bau dan berasa kaporit jelas akan merusak kenikmatan kopi. Masukkan air bersih dan dingin ke dalam ketel untuk menyeduh kopi. Masukkan dua sendok makan kopi bubuk untuk setiap 200 ml air yang mendidih. Langsung aduk campuran air dan bubuk kopi sebelum disajikan agar minyak yang terdapat dalam kopi tercampur baik. Hasilnya, hmmm…dijamin nikmat!

  1. Lebih baik dimasukkan ke dalam termos

Kelebihan kopi panas sebaiknya jangan terus-menerus dihangatkan dalam coffee maker, namun segera dimasukkan ke dalam termos. Membiarkan kopi dihangatkan terus-menerus sama seperti memanggang daging di atas api terus-menerus; daging menjadi terlalu lunak dan tidak enak. –sa

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)