Membangun Citra Perusahaan Melalui Internet

Era internet yang datang dan melibas batas-batas konvensional, bisa bermanfaat untuk membangun citra (image) perusahaan secara massif dengan biaya murah.

Surabayastory.com – Sebagai salah satu bentuk media yang beroperasi di internet, website perusahaan dapat memiliki peranan kunci bagi tumbuh dan berkembangnya suatu bisnis.  Yang pertama, tentu saja sebagai sarana untuk pencitraan perusahaan. Jakartawebhosting.com menulis, “Sebuah perusahaan akan dianggap telah mengikuti perkembangan jaman dan cukup bonafit jika memiliki alamat resmi  website perusahaan”. Alamat ini akan tercantum dalam kartu nama dan kartu pengenal pemilik maupun karyawan, di brosur dan juga di spanduk yang akan digunakan untuk promosi secara offline.

Fungsi kedua adalah sebagai sarana komunikasi dengan kastemer dan masyarakat. Jakartawebhosting.com juga menulis,  “Jika anda memiliki sebuah bisnis akan lebih baik jika dikenal oleh sebagian besar penduduk dunia. Dengan memiliki website, perusahaan anda akan terhubung dengan berbagai kalangan di dunia. Dan dari sini mungkin anda akan mendapatkan banyak pelanggan baru”.

Menempatkan satu alamat untuk website perusahaan sebagai kantor dan perwakilan di sana adalah suatu keputusan tepat.  Dengan adanya alamat ini, kantor perusahaan bisa bekerja selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu bagi tamu yang berkunjung dan melihat-lihat profil perusahaan sehingga membuatnya semakin dikenal.  Pemilihan web hosting Indonesia  akan membuat perusahaan anda tetap dapat diakses setiap saat tanpa gangguan yang cukup berarti.

Setiap pengunjung dapat berkomunikasi baik secara satu arah maupun dua arah dengan website perusahaan. Mereka datang dari segala penjuru, namun yang pasti sebagian besar adalah pengunjung potensial yang menginginkan sesuatu dari perusahaan Anda.

Sebagian besar penduduk dunia yang telah mengenal internet akan pergi ke media online ketika memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, dari yang terkecil hingga yang terbesar. Mereka mencari jawaban dan solusi di mesin pencari. Beberapa alamat website perusahaan yang berhubungan dengan masalah tersebut akan muncul, dan pengguna pun akan mengunjungi website yang memberikan jawaban mendekati solusi.

Pengunjung yang akan menjadi nasabah atau pelanggan  akan dengan mudah menghubungi anda lewat website perusahaan ini. Pertama untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya yang kemudian bisa mempengaruhi keputusannya untuk membeli. Setelah itu komunikasi akan berlanjut dengan pemberian feed back dan review. Ketiga tahap ini akan selalu lebih mudah dilakukan secara online. Komunikasi online juga menghemat waktu dan tenaga pebisnis maupun pelanggan. Website perusahaan memberikan semua fasilitas tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya yang  besar.

Melebihi Konferensi Pers

Website perusahaan juga bisa digunakan sebagai sarana untuk menjalankan fungsi Public Relation. Biasanya fungsi ini dilakukan melalui konferensi pers dengan mengundang wartawan dari sejumlah media masa terkemuka. Bila website ini didesign dan dikelola dengan baik maka akan mampu menggantikan peranan konferensi pers.

Setidaknya dengan adanya website akan semakin banyak saluran yang bisa dipakai untuk menjelaskan visi, misi dan program perusahaan kepada khalayak. Kalau ada keraguan di kalangan masyarakat tentang perusahaan, maka masyarakat bisa  melakukan konfirmasi langsung pada website resmi perusahaan.

Pertanyaannya  apa kelebihan website dibanding konferensi pers?  Website  perusahaan bisa memberikan penjelasan secara lebih akurat dan cepat tentang program-programnya kepada pelanggannya dan khalayak luas. Sedangkan salah satu keterbatasan konferensi pers adalah karena wartawan dan media pers memiliki kepentingan sendiri sehingga ada bagian tertentu yang dianggap penting oleh perusahaan dianggap tidak layak muat oleh wartawan dan redaksi. Tentu saja ini bisa berakibat pesan yang sudah dicetak media tidak sejalan dengan tujuan perusahaan. Selain itu kadang karena materinya dianggap tidak penting, mungkin pemuatannya juga menjadi lebih lama atau tidak dimuat sama sekali.

Mungkin dengan adanya website yang dikelola dengan baik, perusahaan tak perlu lagi melakukan konferensi pers dengan memanggil wartawan. Perusahaan bisa mencetak materi yang ada di website kemudian dikirimkan ke media-media tertentu yang sesuai misi perusahan. Tentu ini akan membuat proses PR akan menjadi lebih murah dan efisien.

Kelebihan lainnya dari website, setiap materi yang diterbitkan bisa segera mendapatkan feedback dari masyarakat. Ini akan membuat perusahaan bisa segera mendapatkan masukan. Sedangkan jika melalui konferensi pers, feedback terhadap materi yang direlease sangat terbatas (biasanya feedback hanya datang dari wartawan). Dengan cara ini sulit bagi kustomer ataupun stakeholder untuk bisa berinteraksi langsung dengan perusahaan Anda.

Feedback Langsung

Dengan menggunakan website,  siapapun dapat langsung memberikan feedback berupa komentar ataupun pertanyaan seputar topik PR yang diluncurkan perusahaan. Hal ini bisa menciptakan interaksi langsung antara perusahaan anda dengan stakeholder dan interaksi tidak hanya dibatasi kepada pihak tertentu saja.

Walaupun demikian tampaknya kita tidak bisa sama sekali menafikan keberadaan wartawan dalam sistem PR perusahaan. Setiap perusahan, khususnya media massa selalu membutuhkan terjalinnya hubungan yang baik dengan jajaran media massa. Kalaupun peranan konferensi pers ini tidak mungkin ditiadakan sama sekali, tapi dengan adanya website bisa dikurangi frekwensinya.

Dengan menggunakan website sebagai strategi PR,  maka informasi yang diposting akan memiliki peluang untuk muncul di halaman 1 Search Engine (jika website  dioptimasi dengan baik). Sehingga  ketika ada calon customer potensial yang mencari informasi seputar produk dan isu-isu tentang perusahaan anda, mereka dapat segera menemukannya di halaman 1 search engine. Pastikan mereka mendapatkan informasi seputar perusahaan anda langsung dari website anda, bukan dari sumber lain.

Tentu saja masih banyak manfaat lainnya menggunakan website untuk kebutuhan public relation. Intinya adalah, pemanfaatan media online sebagai tool yang membantu berbagai aktifitas perusahaan anda (mulai dari marketing hingga PR) merupakan poin penting jika anda tidak ingin ketinggalan oleh pesaing-pesaing Anda.

Bagi perusahaan kecil dan menengah dapat menggunakan blog gratis untuk tujuan Public Relation. Apabila blog ini didesaign dan dikelola dengan baik, hasilnya tidak akan kalah dengan website berbayar.

Penggunaan websitesebagai sarana PR yang bisa menyampaikan pesan secara cepat, akurat dan interaktif dimungkinkan karena perkembangan website yang kian lama kian canggih. Pada awal pertumbuhannya website memiliki tampilan yang statis, seperti papan pengumuman yang memuat informasi tetapi tidak bisa berinteraksi dengan pembacanya. Website seperti ini adalah website yang dibuat dengan program yang sangat sederhana, misalnya notepad, program word, Frontpage, dan lain sebagainya.

Namun situs-situs yang menggunakan website statis saat ini secara bertahap mulai berkurang jumlahnya. Hal ini karena mulai berkembangnya website dinamis. Perbedaan yang mendasar antara website statis dan dinamis adalah pada kemampuan berinteraksi pengunjung dan pemilik website. 

Website dinamis mempunyai banyak fasilitas yang mewadahi keinginan pemilik untuk mendapatkan keperluan dari pengunjung misalnya registrasi, transaksi barang atau jasa, komunikasi lewat forum atau komentar artikel bahkan bisa melakukan chating seperti pada handphone 3G.

Banyaknya plugin, komponen, modul yang dapat dibenamkan, akan menambah fungsi website dinamis. Website masa kini juga sangat mudah untuk diganti penampilannya dengan memanfaatkan template berbayar maupun gratis yang dapat di-download  di internet. Para pemilik websitepun bisa melakukan penggantian sendiri dalam hitungan menit. Gambar banner, gambar latar/back ground, besar dan kecilnya huruf dan lain sebagainya dapat dengan mudah diubah.

Jadi dengan sifatnya yang mampu menembus batas ruang dan waktu, dan sifatnya yang interaktif membuat website patut dipertimbangkan sebagai bagian dari strategi bisnis. –drs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *