Bila rasa galau minggu lalu masih menghantui pekan ini, bisa jadi celaka. Mari kembali semangat menyambut awal pekan, awal bulan.

 

 

Surabayastory.com – Hari ini adalah hari pertama di minggu pertama bulan April 2019. Banyak cerita, kesuksesan, kegagalan, hingga mungkin frustasi di minggu-minggu lalu bulan sebelumnya. Namun tak perlu keresahan yang terjadi minggu lalu masih tersimpan hingga saat ini. Biarlah yang lalu menjadi masa lalu. Bisa ditarik pelajarannya, jangan menjadi beban untuk masa kini.

Kadang tanpa sebab yang jelas tiba-tiba kita disergap rasa gelisah, resah, cemas, takut maupun sedih, hingga kadang kita jadi uring-uringan dibuatnya. Atau bahkan kita jadi mengingat hal-hal menjengkelkan di masa lalu yang sudah lama terlewat dan sebetulnya tak perlu untuk diingat kembali. Ada beberapa langkah taktis-praktis yang merupakan tips instan untuk mengatasinya, yakni:

  1. Tarik nafas dalam-dalam dan bernafaslah secara perlahan. Perlambat nafas Anda.
  2. Bila perlu paksa diri untuk menyeringai, bahkan tertawalah.
  3. Dengarkan dan dendangkan lagu-lagu riang. Secara instan rasa duka dapat tersingkir. Terus lakukan hingga kegembiraan menyentuh Anda.
  4. Lanjutkan dengan perintahkan pikiran untuk tidak memikirkannya. Mungkin pada awalnya tetap akan muncul sekelebat bayangannya, tetapi tak akan berwujud pada bayangan berkepanjangan yang akan menggangu emosi Anda.
  5. Bila memungkinkan mandi dengan mengguyur air segar berulangkali ke kepala Anda. Segarkan mulut dan kerongkongan Anda. Dan bila masih memungkinkan berendamlah dengan suhu air yang terasa nyaman bagi tubuh Anda.
  6. Barengi dengan berdoa pada Ilahi untuk menghilangkan kegundahan.
  7. Hanyutkan kesadaran dalam berserah dirilah kepada-Nya. Percayalah hal tersebut terjadi atas kehendak-Nya, berdasarkan Kebijaksanaan-Nya, Kemaha-adilanNya. Dan tugas kita adalah berupaya keluar dari masalah.
  8. Lalu berserulah: Life begins everyday!!! –hs

 

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)