Apa sebenarnya yang melatarbelakangi munculnya internet?  Dari markas militer, kemudian berkembang hingga mengubah kehidupan manusia di seluruh dunia.

 

 

Surabayastory.com – Siapa yang menduga bila sekarang kita bisa bertemu kembali dengan begitu banyak teman-teman lama?  Setelah sekian lama mereka seolah hilang ditelan bumi, tiba-tiba saja mereka bermunculan di hadapan kita. Dan siapa sangka tiba-tiba saja dalam waktu sekejap kita bisa mendapatkan teman-teman baru dari berbagai penjuru tanah air dan bahkan di seluruh dunia?

Tidak hanya teman. Usaha, bisnis, hingga kemudahan untuk menjalani hidup juga bisa kita dapatkan sekarang ini hanya lewat sentuhan dan sambungan. Semua itu bisa terjadi berkat perkembangan teknologi internet yang semakin lama semakin cepat dan murah. Jarak dan waktu tak lagi menjadi kendala bagi kita untuk berkomunikasi.

Sepuluh tahun yang lalu jumlah pengguna internet di Indonesia masih sangat sedikit. Di antara bangsa-bangsa di dunia jumlah pengguna internet di negeri kita mungkin yang paling buncit. Tapi sekarang Indonesia sudah menjelma menjadi pengguna internet nomor empat di Asia dan pengguna jejaring sosial nomor tiga di dunia.

Internet kini juga menjadi sarana yang diperhitungkan dalam berbagai sendi kehidupan. Internet sudah menjadi bagian penting dalam perkembangan dan membentuk peradaban baru umat manusia. Filosofi dasar manusia sebagai makhluk berkoloni (berkelompok) menjadikan internet sarana yang mendukung untuk menjembatani itu semua.

filosofi dasar internet, awal mula berada, perkembangannya, hingga pemanfaatannya dalam kehidupan manusia modern.

 

Sejarah Awal Internet

Apa sebenarnya yang melatarbelakangi munculnya internet?  Ternyata penemuan internet dilatarbelakangi kekalahan AS dalam persaingan dengan Uni Soviet dalam hal teknologi luar angkasa dan teknologi nuklir. AS khawatir dengan kondisi seperti itu akan memperbesar resiko menjadi korban serangan nuklir.

Jelaslah penciptaan teknologi internet dilandasi filosofi bahwa hanya keunggulan teknologi yang bisa membuat AS memenangkan persaingan dan menyelamatkan negaranya dari ancaman perang nuklir. Karena itulah kemudian AS merancang penciptaan teknologi internet.

Internet merupakan jaringan komputer yang awalnya dibentuk oleh Departemen Pertahanan  Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Saat itu mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan sebagai cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat dengan mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah. Situs-situs itu membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan itu akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Itulah awal internet lahir di bumi, dan kemudian masuk ke segala sendi kehidupan umat manusia di dunia. Internet sudah menjadi kebutuhan, dan koneksi internet menjadi bagian penting dari keseharian umat manusia di dunia. –drs, dari berbagai sumber

 

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)