Sebagus apapun toko online dan produk yang Anda jual, jika tak ada yang pernah tahu, tidak akan ada yang beli. Perlu promosi online yang efektif.

 

 

Surabayastory.com – Promosi adalah hal yang paling penting dalam dunia marketing. Tanpa promosi, kita akan kesulitan dalam memasarkan sebuah produk atau jasa. Apalagi bila tingkat kompetisinya sangat tinggi. Produk kita tak akan dikenal, dan pembelian tak akan terjadi.

Namun promosi juga harus dilakukan dengan cara yang tepat. Jika tidak maka promosi yang Anda lakukan hanya membuang-buang waktu, biaya dan tidak membuahkan hasil. Kalau begitu kejadiannya kita akan sulit untuk mendapatkan pendapatan dari bisnis online kita.

Bagaimana mempromosikan toko online adalah bagian penting. Tujuannya yang pertama adalah bagaimana meningkatkan trafik pengunjung. Sedangkan tujuan akhirnya adalah meningkatkan penjualan.

Pada toko-toko online besar promosi dilakukan melalui berbagai jalur. Yang sering kita saksikan mereka beriklan juga di televisi dan portal berita nasional. Kedua jenis media itu memiliki jangkauan pembaca yang besar karena itu berpotensi mendatangkan pengunjung yang sangat besar dan akan berdampak pada penjualan. Tapi ini hanya bisa dilakukan oleh toko-toko online yang bermodal besar karena tarif iklannya yang mahal.

Untuk toko online dengan modal terbatas masih memiliki banyak peluang untuk melakukan promosi. Beberapa langkah efektif bisa dilakukan untuk meningkatkan promosi toko online Anda.

 

  1. Gunakan Nama Domain yang Mudah Diingat dan Berkaitan dengan Produk 

Dengan nama yang berkaitan dengan produk yang Anda jual, maka ketika seseorang memasukkan kata kunci barang yang dicari di mesin pencari (search engine), nama toko Anda akan ikut masuk. Selanjutnya, jika seseorang pernah mengunjungi atau membeli produk pada toko online Anda, maka ada kemungkinan pembeli tersebut akan kembali mengunjungi toko online Anda. Untuk memudahkan pembeli menemukan toko online Anda, buatlah nama yang mudah diingat. Menggunakan nama domain yang pendek atau berkesan merupakan salah satu cara agar nama toko online Anda mudah diingat.

 

  1. Mudah Ditemukan dengan Google

Sebagian besar dari kita pasti menggunakan Google ketika akan mencari informasi tertentu. Ketika akan membeli produk tertentu, kita akan mengetikkan sejumlah kata kunci tertentu. Misalnya saja kalau mau beli tas, kita ketikkan kata kunci: beli tas, maka akan muncul sejumlah alamat toko online yang menjual tas.

Usahakan agar website Anda berada di halaman-halaman awal Google bila ada orang yang mengetikkan kata kunci yang berkaitan dengan produk yang kita jual. Caranya adalah kita harus membuat nama URL atau toko online Anda yang berkaitan dengan produk kita. Kalau kita bikin toko online sepatu, harus ada kata “sepatu” pada URL atau nama toko online Anda.

Berada di urutan atas Google menjadi penting karena biasanya pencari informasi tidak melihat sampai halaman-halaman terakhir dari hasil pencarian Google. Biasanya hanya halaman pertama sampai halaman ketiga yang dilihat.

 

  1. Promosi Melalui Jejaring Sosial 

 

Jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter telah menjadi jaringan media sosial yang paling banyak dikunjungi pengguna internet. Anda dapat memanfaatkan situs ini untuk memperkenalkan toko online Anda. Misalnya dengan memasang foto produk Anda dan men-tag foto tersebut kepada teman-teman Anda di status facebook Anda. Ini akan membuat jualan Anda dilihat dan dikenal oleh teman-teman FB Anda.

 

  1. Iklan Melalui Media Online 

Mengenalkan produk Anda secara online dapat dilakukan dengan memasang iklan toko online di beberapa situs web yang sudah dikenal. Hanya saja, memasang iklan pada website yang sudah dikenal, Anda perlu membayar.

 

  1. Beriklan di Google Adwords

Beriklan di Google Adwords adalah cara promosi online yang cukup efektif. Lewat iklan ini Anda akan mendapatkan pengunjung yang tertarget atau tepat sasaran sehingga kemungkinan dia akan membeli produk atau membayar jasa kita akan lebih besar.

Kekurangannya adalah Anda akan kesulitan mendapatkan pembeli potensial jika tidak memasukan keyword dan target yang tepat. Beriklan di Google Adwords juga membutuhkan budget yang cukup besar.

 

  1. Beriklan di Youtube

 

Siapa sih yang tidak tahu dengan youtube? Pengguna youtube saat ini sudah banyak sekali terutama di Indonesia maupun yang punya akun ataupun yang tidak.

Cara beriklan di youtube yang pertama kali Anda lakukan adalah buatlah video yang mempromosikan produk Anda. Buatlah dan editlah sebaik mungkin lalu upload di youtube. Atau Anda juga bisa mengiklankan pada youtube berbayar dan Anda harus membayar untuk setiap tayangan iklan Anda.

 

  1. Promosi Melalui Email

 

Cara promosi dengan memanfaatkan fasilitas email atau yang biasa disebut email marketing merupakan cara promosi online yang cukup efektif. Caranya kita kirim penawaran dan tautan toko online kita melalui email  yang ada pada daftar email kita.

Dengan email seorang pengusaha dapat terhubung secara terus-menerus dengan pelanggannya, biaya jauh lebih murah, informasi terkirim lebih cepat dan bersifat pribadi.

Kekurangan email marketing bagi Anda yang belum memiliki banyak email list atau subscriber memang kurang efektif tetapi kita bisa memanfaatkan email list dari pihak lain yang kita kenal dengan cara membeli.

 

  1. Menggunakan Situs Iklan Baris

Situs iklan baris adalah salah satu media yang bisa kita gunakan untuk mempromosikan toko online yang kita miliki. Kebanyakan dari situs iklan baris dapat mendongkrak toko online yang Anda miliki agar semakin dikenal oleh masyarakat.

 

  1. Melalui SMS dan WA

 

Blackberry Messenger dulu sempat booming. Namun sekarang sudah tak lagi umum dipakai. Jarlur pengirimj pesan yang masih eksis hingga saat ini adalah texting (SMS). Banyak diantara kita yang masih menggunakan jalur ini. Sebagian besar lagi berkirim pesan lewat jaringan WA (Whats App). Promosi lewat SMS dan WA terbukti masih efektif untuk menjaring pembeli dan pembaca. Tarik mereka ke produk dan toko online Anda. Perkenalkan dulu, soal membeli adalah urusan berikutnya. Bila promosi di jalur ini, jangan terlalu sering (berdekatan waktunya), karena mereka akan bosan. Tuliskan dan pasang tautan di status kita sendiri maupun grup.

 

  1. Promosi Offline 

Selain dengan cara online, beriklan dapat juga dilakukan secara offline. Misalnya dengan beriklan di media konvensional dalam bentuk cetak seperti surat kabar, brosur, membuat stiker, membagikan voucher, menjadi sponsor saat pertemuan komunitas tertentu atau saat acara-acara tertentu, juga akan sangat efektif.

 

Selamat mencoba dan berkreasi dengan promosi serta strategi penjualan untuk toko online Anda.  –drs, dari berbagai sumber

Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)