Sebagai negeri tropis di zamrud khatulistiwa, Indonesia dianugerahi kekayaan alam berupa buah-buah super yang kaya nutrisi dan antioksidan.

 

 

Surabayastory.com – Salah satu cara untuk menyeimbangkan nutrisi adalah dengan mengonsumsi banyak sayur dan buah. Beruntunglah kita yang hidup di negeri tropis, karena kekayaan alamnya menyediakan banyak jenis buah-buahan yang membuat iri penduduk bumi di kawasan subtropis yang relatif dingin. Beberapa buah yang mudah ditemukan di negara kita dianggap sebagai buah super berkat kandungan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi, selain rasanya yang menjadikan buah-buahan ini favorit bagi penikmatnya. Jangan lupa untuk berusaha menikmati buah dalam keadaan segar ketimbang dalam bentuk jus karena kandungan seratnya lebih tinggi. Di antara buah-buahan super itu adalah:

 

  • Manggis

Sejak zaman dulu nenek moyang kita sudah mengenali keistimewaan manggis sehingga menjadikannya sebagai bahan ramuan obat-obatan. Bukan hanya dagingnya yang manis dan menyegarkan, namun kulitnya pun menyimpan khasiat tinggi sebagai pencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor maupun penyebaran berbagai jenis jamur. Berkat kandungannya yang sangat bermanfaat dan juga rasanya yang istimewa, manggis mendapatkan gelar sebagai Ratu Buah.

 

  • Pisang

Seorang perempuan petenis dunia konon menyantap pisang di sela-sela waktu istirahat dalam latihannya. Pisang adalah makanan penambah energi alami yang baik bagi kesehatan, tanpa takut sakit perut ketika beraktivitas.

 

  • Pepaya

Setiap kali ada yang terkena serangan sulit buang air besar atau sembelit, biasanya disarankan untuk mengonsumsi pepaya. Pepaya mengandung enzim papain yang berkhasiat mengatasi masalah pencernaan, mempercepat proses pencernaan protein, membantu pengaturan asam amino, dan mengeluarkan racun tubuh, serta mempercepat pencernaan karbohidrat dan lemak.

 

  • Jeruk Bali

Jeruk Bali kaya vitamin C dan mengandung pektin lebih banyak daripada jeruk lain setelah dijus. Setiap 15 gram pektin mampu menurunkan kolesterol sampai 10%.

 

  • Delima

Sepanjang beberapa tahun belakangan delima sedang mengalami naik daun sejak diketahui memiliki kandungan flavonoid, antioksidan kuat yang dapat mencegah perkembangan radikal bebas, sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

 

  • Buah Naga

Buah naga mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu memerangi karsinogen radikal bebas. Vitamin C juga mineralnya, terutama kalsium dan fosfor, juga sangat banyak.

 

Bagi kita, bangsa Indonesia, adalah sebuah anugerah Tuhan yang luar biasa yang patut kita syukuri. Apa yang ada di negeri ini dengan melimpah, tak pernah bisa di temui di negara lain. Buah-buah super yang kaya manfaat untuk kesehatan perlu kita jaga dan reguk manfaatnya sebesar-besarnya. –ve

 

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)