Eksotika Motif Penutup Drainase di Surabaya

Pedestrian Surabaya yang nyaman akan semakin berwarna dengan eksotika motif-motif penutup drainase yang menarik.

 

Di pedestrian Surabaya, saluran air ditampilkan dengan pesona tersendiri. Setiap penutupnya diekspresikan dalam berbagai motif. (sa)

 

Surabayastory.com – Surabaya yang terus mempercantik kota, menyajikan sesuatu yang berbeda di sepanjang pedestriannya. Sebagai kota di daerah tropis yang memiliki curah hujan tinggi, Surabaya berpotensi adanya genangan di jalan-jalan kota. karena itu drainase masuk dalam program utama kota ini.

Salah satu bagian dari drainase yang penting di jalur pedestrian adalah grill manhole (penutup drainase). Untuk mempercantik serta memberi ekspresi bagi para pejalan kaki, penutup saluran ini hadir dengan motif-motif yang menarik. Bila diperhatikan, motif yang disajikan sangat dekat dengan identitas surabaya. Misalnya Ikan Sura dan Buaya yang menjadi ikon sekaligus bagian dari lambang kota Surabaya. Ikon lain yang dihadirkan adalah Tugu Bambu Runcing. Kemudian sebagai tanam pesisir yang panas hadir pula matahari, awan, serta tanaman pantai mangrove.

Yang menarik namun belum terungkap dengan jelas adalah hadirnya motif-motif ekspresif gaya Jepang yang hadir dengan impresi pintu, pilar, maupun gerbang. Motif-motif ini bisa dinikmati ketika pejalan kaki peduli.

 

 

Naskah & Foto: Sandiantoro
Lokasi: Beberapa pedestrian di Surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *