Ada cara sederhana yang bisa dilakukan agar tetap bugar sepanjang hari. Ini cara sederhana aktivitas pagi yang sangat berpengaruh besar.

 

 

Surabayastory.com – Waktu yang dihabiskan untuk berangkat dan pulang kerja, ditambah tugas pekerjaan terkadang membuat orang sulit untuk melatih otot atau sekadar melakukan olahraga ringan. Nah, bagi Anda yang tak punya waktu luang untuk berolahraga bisa menyiasatinya dengan olahraga sederhana. Aktivitas pagi sebelum mandi dan berangkat kerja ini bisa membantu tubuh menjadi bugar sepanjang hari. Ini perlu dicoba.

 

  • Memutar tubuh ke samping

 

Bisa dilakukan di tempat duduk saat berkendara di atas mobil atau di kursi penumpang. Latihan ini membantu mengencangkan otot perut selama perjalanan ke kantor.

Caranya:

Duduk tegak dan mulai kencangkan daerah perut sekaligus posisikan kedua kaki menjejak tanah dan menghadap ke depan. Putar tubuh bagian atas sedikit ke kiri dan kemudian sedikit ke kanan. Lakukan gerakan ini selambat mungkin sambil terus menghadap ke depan.

Yang penting adalah memastikan otot perut berkontraksi selama latihan. Gerakan ini mungkin tidak cukup membentuk otot perut hingga sempurna, tetapi cukup membantu mempertahankan bentuk dan kekencangan otot perut.

 

  • Meremas genggaman

 

Latihan ini hanya memerlukan sedikit gerakan dan digunakan untuk memperkuat lengan serta pegangan. Benda yang dibutuhkan untuk latihan ini adalah alat bantu gengaman tangan yang bisa didapat di toko olahraga. Biasanya alat ini memiliki berbagai pilihan gaya dan ketegangan, tergantung pada kekuatan individu.

Remas alat dengan tangan kanan secara berulang-ulang kemudian ganti dengan tangan kiri. Pastikan untuk mengingat berapa banyak remasan yang telah dilakukan pada masing-masing tangan. Latihan ini sangat mudah dilakukan dan dapat membantu menghilangkan stres.

  • Mengangkat betis

Latihan ini dapat dilakukan saat pemberhentian lampu merah atau duduk di kursi kantor. Mudah dilakukan dan bagus untuk memperkuat kaki saat duduk. Mulailah dengan meletakkan kedua kaki di atas lantai sambil duduk tegak. Angkat betis secara perlahan sambil mengencangkan otot betis. Turunkan dan ulangi lagi beberapa kali.

Latihan ini dapat dilakukan dengan ditambahi rentang waktu, baik panjang atau pendek. Latihan ini juga dapat ditambah menjadi latihan mengangkat betis dan menahannya selama minimal 30 detik.

 

  • Melatih otot bisep

 

Melatih otot lengan sulit dilakukan di dalam mobil karena ruang yang dibutuhkan untuk latihan ini cukup luas. Tapi dengan melakukan sedikit modifikasi, latihan bisep dapat dilakukan di dalam mobil. Latihan bisep ini hanya memerlukan pemberat 2,25 kg atau 4,5 kg.

Mulai lakukan dengan tempatkan pemberat pada salah satu tangan dan lengan terlipat. Pastikan posisi siku tetap diam dan gerakkan pemberat ke depan sampai ke bawah dan lengan berada dalam posisi vertikal. Tahan posisi vertikal setidaknya setidaknya selama 1 detik, kemudian perlahan-lahan turunkan pemberat.

Latihan ini bisa dilakukan selama 10 kali untuk setiap lengan. Jangkauan gerak bisa disesuaikan dengan ukuran mobil.

 

  • Bersepeda atau berjalan ke tempat kerja

 

Berjalan sejauh 8 km memakan waktu sekitar 30 menit bersepeda, dan manfaatnya sama seperti melakukan latihan aerobik selama 1 jam. Berjalan selama 30 menit sudah cukup untuk memenuhi jumlah yang danjurkan per hari.

Orang yang tidak berjalan kaki atau bersepeda untuk berangkat ke tempat kerja juga dapat mencoba melakukan latihan ringan selama istirahat makan siang. Berjalan cepat selama jam istirahat makan siang dapat bermanfaat dan membantu membakar kalori.

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)