Bagaimana menjadi cantik alami dalam kehidupan sehari-hari? Inilah tips dan trik ringan yang bisa dilakukan dengan gampang dan cepat.

Surabayastory.com – Kecantikan alami perempuan adalah ketika tubuhnya sehat dan bersih. Kita yang hidup di negeri tropis sudah terbiasa dengan dua kali mandi setiap hari. Ini adalah kebiasaan yang baik dalam merawat tubuh. Selain itu pada kesempatan-kesempatan khusus, perempuan di negeri kita juga dituntut untuk menjalani ritual tertentu misalnya luluran dan pijat. Semua ini adalah upaya dalam menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh.

Wajah adalah bagian istimewa pada diri perempuan. Dibandingkan anggota tubuh lain, kulit wajah memiliki sifat tersendiri yang bisa dikatakan lebih sensitif. Wajah kita yang selalu terbuka berpotensi menerima paparan sinar matahari tropis yang cukup terik, selain juga berbagai kotoran dari dalam atau luar rumah/ bangunan/ gedung. Karena itulah maka wajah memerlukan penanganan lebih saksama dibandingkan anggota tubuh lain.

Adapun perawatan khusus untuk wajah dapat dilakukan melalui beberapa cara:

  1. Konsumsi makanan dan minuman sehat

Apabila selama ini kita menganggap jenis makanan apapun tidak berpengaruh pada keadaan kulit wajah kita, sebaiknya segera kita ubah pandangan semacam ini. Untuk menjaga kesehatan kulit, kita harus mengonsumsi banyak makanan sehat dan air putih. Makanan sehat misalnya sayuran dan buah-buahan yang dapat berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan dapat menghilangkan radikal bebas sehingga membuat wajah menjadi sehat dan segar.

  1. Olahraga atau gerak badan secara teratur

Olahraga yang dimaksud tentunya yang tidak terlalu berat. Gerak badan ringan seperti lari-lari kecil di sekitar rumah, atau bahkan sekadar berkebun, membersihkan rumah dari lantai hingga langit-langit, adalah sebagian kegiatan fisik yang memungkinkan pembuluh darah bekerja optimal. Saat pembuluh darah bekerja optimal inilah oksigen diantarkan ke seluruh bagian tubuh termasuk kepala, termasuk otak dan kulit wajah. Dengan demikian pikiran kita menjadi terang dan wajah menjadi lebih cerah.

  1. Membersihkan wajah secara rutin dan benar

Walaupun sebelumnya tidak bermake-up sekalipun wajah kita tetap membutuhkan pembersihan. Yang paling sederhana dan ringkas adalah mencuci muka dengan sabun khusus kulit wajah. Gunakan air hangat saat memulai, dan akhiri dengan air dingin (air biasa) untuk membilas sisa sabun. Untuk membersihkan make up, gunakan susu pembersih yang diusapkan pada wajah dengan jari jemari bersih. Usapkan pembersih pada wajah secara melingkar ke atas sambil sesekali memijatnya. Setelah sisa pembersih diangkat menggunakan kapas, tepuk-tepukkan kapas baru yang sudah dibubuhi penyegar.

  1. Beristirahat cukup dan teratur

Secara alami tubuh kita memerlukan istirahat yang cukup untuk memulihkan kesegarannya. Dengan secara teratur mengistirahatkan tubuh dari berbagai aktivitas yang melelahkan juga berarti kita mempersiapkan tenaga dan pikiran untuk melakukan rutinitas dalam kondisi prima. Rata-rata orang dewasa membutuhkan 6-7 jam untuk beristirahat.

  1. Mengurangi atau menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk

Secara tidak sadar, seringkali kita melakukan hal-hal yang sebenarnya berakibat buruk bagi kulit wajah kita. Coba kita perhatikan contoh berikut, apakah salah satunya, atau malah sebagian besar, kita lakukan?

  • Menggunakan kacamata hitam berukuran besar: kacamata hitam besar yang menjadikan wajah kita lebih atraktif dapat menjadi sarang kuman apabila jarang dibersihkan. Bingkai yang menyentuh bagian pipi dan hidung berpotensi memindahkan kotoran.
  • Bertelepon terlalu lama: sama halnya dengan kacamata besar, ponsel atau gagang telepon yang jarang dibersihkan pun bisa memindahkan kuman ke kulit wajah.
  • Malas mengganti sarung bantal: masih berhubungan dengan kotoran yang menempel dan menumpuk di sarung bantal dari keringat atau yang lain, pun kemungkinan besar membuat wajah kita kotor.
  • Perlindungan kurang selama penggunaan hairspray: menutupi wajah hanya dengan tangan saat mengaplikasikan hairspray ke rambut dapat meloloskan partikel-partikel halus dari hairspray ke wajah. Gunakan handuk bersih untuk melindungi wajah saat menyemprotkan hairspray.
  • Malas menggunakan kacamata bantu: memicing-micingkan mata untuk memperjelas penglihatan pada obyek-obyek yang seharusnya dilihat menggunakan kacamata untuk rabun jauh/dekat membuat kulit cepat berkerut dan terlihat tua.
  1. Berdandan sesuai usia dan sealami mungkin

Meskipun memerlukan tata rias untuk melengkapi penampilan, namun penerapannya harus tetap memperhatikan banyak hal, misalnya usia dan acara. Untuk menjaga kemudaan dan kesegaran wajah, aplikasikan make up seminimal mungkin dan sealami mungkin agar kita terlihat awet muda. Kulit yang sehat biasanya terlihat segar dan cantik alami. Dengan kulit yang sehat, warna-warna make up yang tidak alami untuk menutupi keindahan kulit pun tidak terlalu kita perlukan lagi. –vee

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)