Setelah hujan pertama secara merata turun di Surabaya kemarin, hari ini Surabaya masih berpotensi hujan sedang dengan suhu yang sejuk.

 

Surabaya mendung, langit putih-abu-abu, dan masih berpotensi turun hujan sedang. (sa)

 

Surabayastory.com Setelah hujan pertama sudah turun merata di seluruh wilayah Surabaya di pagi hari kemarin, sepanjang siang dan sore cuaca mendung. Langit putih-abu-abu yang tak juga beranjak menjadi biru. Udara sejuk. Angin bertiup semilir dingin. Nyaman untuk dibuat beraktivitas warga kota.

Hujan pertama yang sangat dinantikan oleh seluruh warga kota sejak lama, sudah terjadi kemarin hari. Dari hujan dengan intensitas sedang itu berimbas pada aktivitas masyarakat dalam keseharian. Di beberapa titik muncul genangan air dan angin dengan tiupan lebih kencang. Tiupan angin yang lebih kencang telah membuat beberapa pohon menjadi tumbang. Diantaranya terjadi di Jl Ahmad Yani, kawasan MERR di timur, dan Jl Mastrip. Pohon-pohon yang tumbang rata-rata pohon Sono yang sudah tua dengan akar yang sudah goyah. Aksi pemotongan ranting dan merampingkan dahan tanaman di sekitar jalan di Surabaya sejak beberapa waktu lalu bukan berarti bisa memastikan tidak ada pohon yang akan tumbang ditiup angin, tetapi paling tidak bisa meminimalkan jumlah pohon yang tumbang. BMKG memperkirakan, kecepatan angin mencapai 5-35 km/jam.

Bagaimana untuk hari ini? Jika mengacu pada prakiraan cuaca yang dilansir accuweather, menunjukkan cuaca Surabaya hari ini masih mirip dengan kemarin. Cuaca masih mendung dengan langit sedikit cerah. Pagi hari, di jam berangkat sekolah/ bekerja, suhu udara masih nyaman. Matahari sudah mulai bersinar tipis untuk menghangatkan suasana.

Potensi datangnya hujan juga besar. Hujan akan turun dengan waktu singkat dan diperkirakan turun pada malam atau pagi hari. Suhu udara berada di kisaran 24-33 derajat celcius. Dengan angka ini maka Surabaya yang bulan-bulan sebelumnya panas terik menyengat, akan menjadi sangat nyaman.

Dengan berkaca pada kejadian-kejadian di hari kemarin seperti terjatuh dari kendaraan karena jalanan licin, genangan terjadi di sekitar wilayah kita, listrik yang dipadamkan dalam waktu tertentu, angin yang menerpa lebih keras, sebaiknya kita bisa mengantisipasi dan mempersiapkan diri untuk hari ini.

Dalam beberapa hari ke depan, diperkirakan intensitas hujan bertambah tinggi dalam beberapa hari ke depan. Hujan juga akan disertai petir.  Tingginya curah hujan disertai angin kencang itu disebabkan atmosfer yang tidak stabil. Namun untuk suhu udara masih stabil di angka 23-24 derajat celcius di pagi hari, dan kemudian naik menjadi 33-34 derajat celcius di siang hari.

Dengan hujan yang semakin meningkat intensitasnya, tentu persiapan diri serta lingkungan juga harus ditengok. Masa pancaroba atau pergantian musim ini tentu bisa membawa kerentanan dalam tubuh masing-masing serta adanya perubahan dalam lingkungan sehari-hari tempat beraktivitas.

Masih mengacu accuweather, dalam dua hari ke depan cuaca masih realtif sama. Hanya di hari Sabtu yang diperkirakan sebagian Surabaya akan kembali disinari matahari dengan lebih terang. Tidak lagi sepanjang hari mendung dan kemudian turun hujan ringan yang kemudian membesar.

 

Prakiraan cuaca di Surabaya hari ini (9/11/2018). (sa)

 

Jika melihat keadaan ini maka akan sangat menyenangkan bagi warga Kota Surabaya untuk beraktivitas di luar rumah. Namun dengan masih adanya potensi turun hujan yang mungkin bisa terjadi tiba-tiba, sebaiknya sudah dipersiapkan diri perlengkapan yang dibutuhkan di jalan. Yang perlu diwaspadai ketika sudah memasuki musim hujan adalah adanya hujan lebat disertai angin kencang (kecepatan angin mencapai sekitar 54 km/jam), yang berasal dari awan cumulonimbus (awan CB).

Hari ini Surabaya masih mendung, dan akan kita nikmati hujan yang mungkin turun tiba-tiba. –sa

 

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)