Hari ini, 28 Oktober 2018, adalah hari peringatan Sumpah Pemuda. Pram punya mimpi besar tentang pemuda Indonesia. Katanya, sejarah ini milik orang muda.

 

 

Surabayastory.com – Pramoedya Ananta Toer menempatkan sosok pemuda sebagai bagian yang penting dalam perjalanan sebuah bangsa. Pemuda yang harus mencetak sejarah hari ini dan menentukan bagaimana masa depan. Ungkapan Pram dalam bukunya Anak Semua Bangsa tersebut, seiring waktu yang berjalan, masih tetap relevan bagi para pemuda Indonesia saat ini. Para pemuda seakan diingatkan kembali jika sejarah perjuangan bangsa Indonesia memang tidak bisa dilepaskan dari peran besar pemuda atau kaum muda. Pemuda berjuang dengan jiwa dan raganya demi persatuan dan kemerdekaan.

Para pemuda selalu diingatkan oleh Pram jika di tangan dan pundak mereka masa depan bangsa akan dipertaruhkan. Panggilan tanggungjawab anak bangsa yang perlu disadari sebelum bangsa musnah karena keteledoran di masa muda. Pemuda hari ini yang akan mencetak sejarah di masa depan. Hal ini juga dituliskan oleh Ben Anderson, seorang Indonesianis, dalam bukunya Java in a Time of Revolution: Occupation & Resistance, bahwa sejarah Indonesia adalah sejarah pergerakan pemuda.

Para pemuda adalah kaum yang paling utama dari keseluruhan tingkatan generasi manusia, dan sebagai the leader of tomorrow yang tak bisa berpangku tangan. Pemuda agent of change dan kekuatan moral intelektual bagi setiap bangsa.

Dulu, dengan keyakinan besar, para pemuda dari berbagai organisasi dan latarbelakang sepert Jong Java, Jong Batak, Jong Ambon, Jong Islamiten Bond, Jong Celebes, Jong Sumatera, Jong Borneo dan lainnya, terpanggil untuk bersatu dan bersama-sama melawan penjajah. Para pemuda ini membangun kesadaran kolektif dan identitas kolektif untu melawan penjajah. Tanpa kesadaran bersama dan bergerak bersama-sama, cita-cita bangsa akan pupus. Pejuang muda saat itu menanggalkan identitas lokal dan kepentingan sektoral yang melekat pada dirinya. Mereka berjuang sebagai bangsa Indonesia.

Sampai kini, pemuda menjadi penggerak dan pelopor perubahan nasib bangsa, untuk terus berjuang dalam mewujudkan cita-cita bangsanya. Gelegar kata-kata Pram akan tetap menjadi memacu semangat sekaligus nasihat dan otokritik bagi para pemuda Indonesia.

 

Pemuda dan Bangsa

Sejarah dunia adalah sejarah orang muda, jika angkatan muda mati rasa, matilah semua bangsa.

*****

Masa Muda Tak Berulang

Ya, masa muda yang indah penuh harapan dan impian – dan dia takkan balik berulang.

*****

Pemimpin

Pemuda harus menghasilkan pemimpin.

*****

Harus Berani

Kalian pemuda, kalau kalian tidak punya keberanian, sama saja dengan ternak karena fungsi hidupnya hanya beternak diri.

*****

Membela Bangsa

Bukankah tidak ada yang lebih suci bagi seorang pemuda daripada membela kepentingan bangsanya?

*****

Pemuda Nyawa Bangsa

Sejarah dunia adalah sejarah orang muda, jika angkatan muda mati rasa, matilah semua bangsa.

*****

Cita-cita Tinggi

Dan aku pun mulai menyusun jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Van Heutsz. Jawaban dari parasiswa paling-paling akan jadi bahan pelengkap. Lagipula, baru besok bahan-bahan itu bisa terkumpul. Apa bisa diharapkan dari mereka yang hanya bercita-cita jadi pejabat negeri, sebagai apa pun, yang hidupnya hanya penantian datangnya gaji.

*****

Kata Hati

Kau terpelajar, cobalah bersetia pada kata hati.

*****

Belajar Menyeberangi Kehidupan

Aku dapat bayangkan waktu kau belajar, membukai lembaran-lembaran buku dengan kepercayaan semua yang kau pindahkan dari buku-buku itu ke dalam dirimu untuk menjadi kekuatanmu dalam menyeberangi padang kehidupan ini.

*****

Adil dalam Pikiran

Seorang terpelajar harus sudah berbuat adil sejak dalam pikiran apalagi dalam perbuatan.

Terimakasih pada Kehidupan

Kau harus berterima kasih pada segala yang memberimu kehidupan, sekali pun dia hanya seekor kuda.

*****

Mencintai Sastra

Kalian boleh maju dalam pelajaran, mungkin mencapai deretan gelar kesarjanaan apa saja, tapi tanpa mencintai sastra, kalian tinggal hanya hewan yang pandai.

*****

Wajah Manusia Tiap Zaman

Wujud dan wajah manusia itu tetap sama, tidak lebih baik daripada di zaman-zaman sebelumnya. Dia tetap tinggal makhluk yang tak tahu apa sesungguhnya dia kehendaki. Semakin sibuk orang mencari-cari dan menemukan, semakin jelas, bahwa dia sebenarnya diburu-buru oleh kegelisahan hati sendiri.

*****

Pemuda Motor Kemajuan

Semua kemajuan di Indonesia itu dimotori oleh angkatan muda dan mahasiswa. Ya, saya terangkan latar belakang sejarahnya dulu: mula-mula para mahasiswa di negeri Belanda, tahun belasan, yang menemukan tanah air dan nasionnya dan dinamai Indonesia, tahun belasan di negeri Belanda, dan itu pengaruhnya ke indonesia, terjadi gerakan-gerakan.

*****

Tidak Sepakat, Katakan!

Jangan hanya ya-ya-ya. Tuan terpelajar, bukan yes-man. Kalau tidak sependapat, katakan. Belum tentu kebenaran ada pada pihakku …

*****

 

surabayastory
Bercerita berarti penyampaian cerita dengan cara bertutur. Yang membedakan adalah metode penyampaiannya.

Leave a Reply

  • (not be published)