Wisata Olahraga di Lapangan THOR Surabaya

Surabaya memiliki lapangan atletik yang sempurna. Perlu dijelajahi dan dicoba sebagai warga kota untuk olahraga atau wisata santai.

 

Lapangan Thor yang sempurna untuk dijelajahi warga Surabaya. (sa)

 

Surabayastory.com – Lapangan THOR adalah kebanggan baru bagi warga Kota Surabaya. Menjelajahi lapangan atletik ini akan membuat cerita tersendiri. Jika Anda penggemar olahraga, apalagi atletik, datang ke lapangan ini adalah wajib hukumnya.

Lapangan THOR adalah kejernihan air di tengah dahaga panjang akan lapangan atletik di Surabaya. Sebuah tempat yang lama dicari dan dinanti. Sebuah ruang publik yang gampang dicapai dengan gratis dan punya standar tinggi.

Pemerintah Kota Surabaya melengkapi fasilitas untuk warga kota Surabaya dengan lintasan atletik berstandar internasional. Lintasan atletik ini mendapat pengakuan dari atau federasi atletik internasional (International Association of Athletics Federation/ IAAF). Lapangan THOR yang berada di wilayah Pakis-Indragiri, direnovasi sejak Maret 2017 dan diresmikan oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini 12 Oktober 2017. Renovasi ini dilakukan secara total. Lapangan juga dilengkapi dengan tribun yang nyaman yang mampu menampung 1.118 orang. Saat ini yang tengah dikerjakan adalah bagian luar dari stadion. Mulai dari saluran air, tembok luar, hingga membenahi papan nama yang ada di ujung Jl. Padmosusastro.

Lapangan THOR saat ini menjadi pusat latihan bagi atlet Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Surabaya. Lapangan ini melengkapi lapangan hockey dan lapangan soft ball di kawasan Dharmawangsa yang telah direnovasi sebelumnya. Nantinya, direncanakan Surabaya aka nada lapangan panahan, stadion aquatik serta lapangan tembak berstandar internasional.

 

Menjelajah di Pagi Hari

Tanpa syarat berat, hanya memakai sepatu lari/ jogging. Masuk juga tanpa biaya. (sa)

 

Lapangan THOR buka pagi-pagi buta, pukul 05.00. Buka setiap hari tanpa jeda hingga pukul 19.00. Jika Anda berminat, akan lebih baik kalau datang ke lapangan ini pagi hari. Selain tidak panas, lebih banyak waktu untuk mengeksplorasi tempat ini. Lho..pagi kan harus bekerja, harus sekolah. Kalau begitu, datanglah di akhir pekan, Sabtu-Minggu, pasti akan lebih ramai.

Bagi yang belum terbiasa olahraga, bisa mulai dengan senam-senam kecil dan kemudian berjalan mengelilingi lintasan. Dijamin, keringat (yang merupakan detoksifikasi tubuh) akan mengucur deras. Jika awalan ini lancar, bisa dilanjutkan dengan lari-lari kecil.

Berolahraga juga sekaligus wisata santai, jalan kaki, lari-lari kecil, melakukan peregangan, atau mencoba hal-hal baru di lapangan akan sangat menarik. Apalagi fasilitas yang disuguhkan sangat lengkap. Lapangannya, jangan ditanya, bagi para penghobi lari, ini sangat memanjakan. Lintasan lari ada delapan lajur dengan panjang 400 meter yang melingkar di dalam lapangan. Lintasannya berbahan karet sintetis tartan dengan warna merah tanah, enak dipakai menapak.

Jika Anda terinspirasi Lalu Muhammad Zohri, bisa dicoba lari cepat (sprint) 100 meter. Di ujung sana, seorang rekan coba menghitung waktu Anda.

Memasuki lapangan ini juga murah-meriah. Nyaris tak ada biaya sepeserpun yang dipungut. Syaratnya hanya memakai sepatu lari ketika memasuki lapangan. Lapangan ini memang dibangun untuk memfasilitasi masyarakat Surabaya, jadi tidak dipungut biaya. Menurut walikota, lapangan ini direnovasi Pemkot dari dana yang berasal dari pajak warga Surabaya. Di sini masyarakat bisa wisata olahraga. Walikota Surabaya merasa senang jika banyak warga masyarakat Surabaya yang mau memanfaatkan lapangan lari tersebut. Semakin anak-anak punya banyak aktifitas, mereka akan terhindar dari kenakalan remaja dan narkoba.

Bagaimana kalau memakai kegiatan komunitas di sini? Cukup sampaikan ke penjaga atau pengelola lapangan (melapor ke Dispora) beberapa hari sebelumnya untuk mendapatkan jadwal. Jika mendadak, dikhawatirkan akan bentrok dengan komunitas lain atau Anda tak bisa optimal untuk menjelajahi seluruh sudut lapangan.

 

Papan jadwal penggunaan Lapangan THOR. (sa)

 

Selain pagi hari, lapangan THOR juga ramai dikunjungi di sore hari selepas pukul 15.00. Acaranya sama, jalan-jalan keliling sambil mencoba lintasan lari. Kalau mampu, juga bisa memanfaatkan lapangan halang rintang, lompat jauh, lompat galah, lempar cakram, lempar lembing, juga tolak peluru.

 

Tribun yang bersih dan nyaman untuk menonton perlombaan. (sa)

 

Tot Heil Onzer Ribbenkast

Lapangan THOR bukanlah lapangan baru. Lapangan seluas 1.483,56 meter persegi ini sebenarnya sudah ada sebelum zaman kemerdekaan. Sejak zaman penjajahan Belanda. Dulu, lapangan ini difokuskan sebagai lapangan sepakbola. Sebagai markas klub sepakbola yang bernama THOR. Para pemainnya adalah Indo-Belanda. Karena sering dipakai oleh klub THOR, maka lapangan ini kemudian dikenal sebagai Lapangan THOR.

Klub sepak bola THOR adalah singkatan dari Tot Heil Onze Ribben, yang artinya Hail to Ourselves Ribcage (Salam untuk Tulang Rusuk Kita).

Lapangan THOR penuh dengan nilai sejarah. Setelah era kemerdekaan, selain menjadi tempat latihan sepakbola dan melahirkan banyak pemain nasional, lapangan THOR juga melahirkan atlet-atlet atletik ke tingkat internasional. Salah satunya Henny Maspaitella.

Dengan adanya lapangan bagus berstandar internasional, harapannya anak-anak muda tertarik dan bisa menjadi atlet berprestasi.

 

Klub sepakbola THOR Surabaya di era colonial. Para pemainnya rata-rata keturunan Belanda. Tempat latihan mereka ini disebut Lapangan THOR dan berlaku hingga saat ini. Potret ini sekitar tahun 1939.(potret lawas)

 

Lapangan THOR sudah terbuka untuk dijelajahi siapa saja. Ayo datang dan nikmati keseruan yang dapat Anda ciptakan sendiri. Dengan berolahraga, tubuh dan pikiran Anda menjadi rileks. Olahraga adalah alternatif wisata yang murah sekaligus bermutu. Ada banyak manfaat dengan sekali perjalanan. –sa 📌

 

6 Replies to “Wisata Olahraga di Lapangan THOR Surabaya”

  1. Saya akan mencobanya besok pagi.
    Semoga sedang tidak ada acara khusus dan saya bisa mencoba track larinya beberapa loop 😊😊

    1. Terimakasih telah berkunjung di surabayastory.com

      Wah bagus itu, bisa berolahraga di tempat yang memiliki nilai sejarah.
      Setelah selesai coba track, jangan lupa tulis komen dan reviewnya di kolom ini

    1. Di sana tidak ada lapangan basket , sementara yang tersedia adalah track lari dan lapangan tolak peluru. Rencananya olahraga atletik (Lari, Lompat, Lempar) akan tersedia di sini.

      Silahkan datang, dan tuliskan pengalamannya di kolom ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *