Menjelajahi Sisi Lain Pantai Kenjeran

Keindahan Pantai Kenjeran Surabaya dapat dinikmati dari sudut yang lain. Coba cari sudut terbaik Anda. Ini salah satu pilihannya.

 

Surabayastory.com – Jika Anda warga Surabaya, yang tidak punya waktu banyak untuk bersantai, namun ingin melakukan penjelajahan ringan, ada sebuah tempat yang perlu Anda pertimbangkan. Tempat ini sangat mudah dijangkau, aksesnya juga gampang. Tempat ini ada di Kenjeran, bagian Timur Laut Surabaya. Di area yang telah direvitalisasi akses-akses jalannya, ada beberapa sudut yang bisa dinikmati.

Menjelajahi kawasan Kenjeran Surabaya, banyak sudut yang bisa dieksplorasi. Suasana Kenjeran yang suram, jalanan ruwet, dan menyeramkan sudah mulai dihapus. Kehadiran Jembatan Suramadu mempercantik lanskap wilayah itu. Suramadu bisa jadi destinasi sendiri, namun kali ini kita akan membahas sisi yang lain.

Kawasan Kenjeran bukan lagi hanya Kenjeran Lama dan Kenjeran Baru, tempat wisata keluarga yang murah meriah. Apa saja dan di sudut mana kita bisa mulai menikmati keindahan?

Penjelajahan yang bisa dicoba adalah sebuah tempat di bawah setelah pintu masuk kenjeran lama. Jika Anda ingin berhenti sejenak, bisa dipilih di depan Pasar Ikan Bulak. Parkir mobil di sini, nikmati pergerakan awan, air, dan garis pantai di antara perahu-perahu dan rumah yang telah dicat berwarna-warni. Tak perlu banyak bicara, tak perlu banyak kata, nikmati saja dengan diam, di sana akan terucap syukur.

Berburu Foto Horizon

Menikmati cakrawala ketika matahari meninggi (sa)

 

Spot yang lain, coba berkendara ke arah utara, mengikuti jalan Nambangan, hingga sampai di kaki Jembatan Suramadu sisi Surabaya. Di tempat ini, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan dengan menyenangkan. Berburu foto adalah sebuah penjelajahan yang menarik di sini. Sebagai wilayah pantai, di sana ada horizon, garis ada dan tiada antara bumi dan langit. Pagi dan sore adalah waktu yang paling tepat jika ingin mendapatkan momen foto terbaik. Matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset) adalah potongan waktu sekejab yang selalu menebarkan pesona. Uniknya, setiap hari selalu tidak sama. Keindahan serta efek yang dihasilkan melalui view finder, nantinya akan tercetak dalam sebuah kartu pos. Keindahan yang ditawarkan, perlu Anda coba.

 

Salah satu spot dengan Jembatan Suramadu dari kejauhan (sa)

 

Jembatan Suramadu yang tampak dari kejauhan aksen tersendiri. Jembatan Suramadu seakan membelah lautan. Ketika pagi buta, atau senja mulai remang, jembatan itu tampak menjadi garis-garis dengan kelap-kelip lampu akan menjadi siluet menarik. Kombinasi warna langit kemerahan, pantulan sinar matahari yang berpendar-pendar, akan menghasilkan pemandangan yang sangat cantik.

Ketika pagi mulai cerah, dan tanah mulai terang, dari kejauhan perlaahn akan terlihat Pulau Madura di seberang sana. Perahu-perahu para nelayan yang baru selesai melaut atau tertambat di bibir pantai, akan menjadi pelengkap pesona awal hari itu. Jika Anda memilih waktu senja, menikmati sejengkal waktu itu adalah sesuatu yang sangat menentramkan. Kita bisa menikmati bagaimana berjalannya sang surya dengan perlahan, dari satu ufuk ke ufuk lainnya. Keindahan itu akan tetap abadi dalam benak dan ingatan.

Setelah selesai di titik ini, dipastikan Anda ingin untuk kembali lagi. Keindahan pemandangannya memang layak untuk dirindukan. Dari satu titik, cobalah bergeser ke beberapa titik lain, dan temukan spot-spot baru dengan frame yang berbeda.

 

Berburu Kerang

Mencari kerang dan biota laut akan sangat menyenangkan bagi anak-anak (sa)

Ini adalah sebuah pengalaman lain yang bisa dicoba. Penjelajahan ini bukanlah di pantai yang berpasir, karena bibir pantai di sini tidak berpasir, tetapi berbatu. Tidak ada pasir putih, tidak ada bermain pasir di sini. Batu-batu ini pun sejatinya untuk menangkal abrasi air laut. Namun, apakah tidak ada aktivitas lain yang menyenangkan yang bisa dilakukan? Tentu saja ada.

Kita bisa bersenang-senang dengan berburu kerang, lorjuk, ikan-ikan kecil, kepiting, keong laut, biota pantai lainnya saat air lautnya surut di sore hari. Jika ini dilakukan bersama keluarga dan anak-anak pasti seru. Pengalaman mengenal biota laut dan pantai adalah sebuah pengajaran yang menyenangkan. Aktivitas ini juga akan dikenang oleh mereka. Penduduk setempat biasanya juga banyak yang ikut mencari, Anda bisa bertanya dan mengetahui cara-caranya untuk mendapatkannya.

Aktivitas yang lain yang bisa dilakukan adalah menjelajahi selat sambil memancing. Namun tentu saja yang ini harus lebih dibutuhkan persiapkan. Dan anak-anak kecil sebaiknya tidak diajak. Pasang-surut air laut yang tidak pasti dan tinggi ombak yang naik-turun juga harus diperhatikan. Ukuran perahu yang tidak seimbang dengan jumlah penumpang akan sangat berbahaya.

Banyak perahu nelayan yang tersedia di sini yang bisa disewa. Dengan perlahan para pemancing akan diantar ke sekitar kaki jembatan. Waktu yang paling tepat adalah ketika terang bulan (bulan purnama), karena ketika itu ikan-ikan akan bermunculan di dekat laut yang bersinar. Beberapa jenis ikan laut konsumsi bisa didapatkan di sini.

Kalau tidak memancing, Anda bisa berkeliling di laut sekitar, Selat Madura, dan melintasi bawah Jembatan Suramadu. Ketika ombak tenang, Anda akan menikmati sebuah pengalaman penjelajahan yang baru.

Menjelajahi kawasan Kenjeran , sebenarnya akan banyak spot yang menarik untuk disinggahi. Temukan sisi mana yang paling pas untuk Anda, dan nikmati keindahan pantai Surabaya yang sudah mulai berbenah. –sa 📌

 

Suasana yang berbeda dapat kita tangkap jika kita menyusuri Pantai Kenjeran dari sisi lain. (dok)

One Reply to “Menjelajahi Sisi Lain Pantai Kenjeran”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *